Pengaruh Harga, Tampilan Produk Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Belanja Online Di Kalangan Mahasiswa

Lina Ayu Safitri(1*) , Chriswardana Bayu Dewa(2) , Wisnu Hadi(3)


(1) Universitas Bina Sarana Informatika
(2) Universitas Bina Sarana Informatika
(3) Universitas Bina Sarana Informatika
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisa factor yang mempengaruhi minat belanja online dilihat dari segi harga, tampilan produk dan ulasan produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif dan kausal. Pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengukur hubungan antara variabel, yaitu variabel independen dan dependen, serta untuk menguji hipotesis yang diajukan. Data yang terkumpul dianalisa menggunakan program SPSS. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variable bebas dan variable terikat. Independent Variable (variable bebas)  nya yang terdiri dari : harga (X1), tampilan produk X2) dan ulasan produk (X3). Sedangkan Dependent Variabel (variable terikatnya) berupa minat belanja online (Y). Hasil penelitian ini menunjukkan variable harga dan ulasan produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belanja online. Sedangkan tampilan produk tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belanja online meskipun hasil koefisien regresinya memperoleh hasil positif.


Keywords


Harga, Tampilan Produk, Ulasan Produk, Minat Belanja

Full Text:

PDF

References


Afika. (2023). Pengaruh online Shop Terhadap Minat Beli Barang Secara Online ... Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 257–265.

Anggraini, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ulasan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Aplikasi Shoppe .. Journal of Economic Education and Eco-Technopreneurship, 1(2), 25–31.

Ayu Setianingtyas, E. I. N. (2020). Analisis Social Media Marketing dan Tampilan Produk Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Pamos Shop Mojokerto Ayu Setianingtyas (1) Eka Indah Nurlaili (2). Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 207–223.

Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review Dan Online Customer Rating Pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21. https://doi.org/10.24853/jmmb.2.1.21-26.

Fikri, I. (2019). Fikri dan oetomo,2019.pdf. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(9).

Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Ed 6. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasta. (2024). Pengaruh Ulasan Online Dan Tagline Gratis Ongkir Terhadap Minat Pembelian E-Commerce Pada Mahasiswa Sinjai. Asy-Syarikah Jurnal Lembaga Keuangan, Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6.

Kotler, P. & Gary, A. (2013). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi ke-12. Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Luh, N., & Puspa, A. (2024). Pengaruh Harga Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion E-Marketplace. 07.

Marthasari, D., & Widjaja, D. C. (2020). Pengaruh Ulasan Online Pada Online Travel Agency (Ota) Terhadap Minat Pemesanan Kamar Hotel Di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.9744/jmp.6.1.1-8

Muhiban, A., & Erwinda Karina Putri. (2022). Pengaruh Tampilan Produk dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian ... Jurnal Ekonomu Dan Manajemen Teknologi, 6(2), 249–266.

Munir, M. F., Saroh, S., Krisdianto, D., Bisnis, J. A., Kunci, K., Produk, F., Produk, U., & Konsumen, M. B. (2019). Pengaruh Foto Dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Fia Unisma Program Studi Administrasi Bisnis Yang Menjadi Konsumen Online Shop Tokopedia ). Jiagabi, 8(3), 177–183.

Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah. (2020). Pengaruh harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10.

Raboni, S., Abhinaya Putra, D., Zalviwan, M., & Febriasari, P. (2024). Pengaruh Rating Dan Tampilan Produk Pada Minat Beli Makanan Di Aplikasi ShopeeFood. 7, 377–383. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/MBIC/index

Sajidah, R. S., & Aulia, P. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Layanan Grabfood. ProBank, 6(2), 179–191. https://doi.org/10.36587/probank.v6i2.1019

Seftila, S. (2021). Peningkatan Minat Beli Konsumen Secara Online Dalam Aplikasi E-Commerce. Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 16(2), 499–511.

Servanda, I. R. S., Reno Kemala Sari, P., & Ananda, N. A. (2019). Peran Ulasan Produk Dan Fot Produk Yang Ditampilkan Penjual Pada Marketplace Shopee Terhadap Minat Beli Pria Dan Wanita. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(2), 69–79. https://doi.org/10.37673/jmb.v2i2.526

Setyani, A. H. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Ulasan Online Terhadap Minat Beli Produk Skin Care Korea Selatan. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1).

Suhatman, S., Sari, M. R., Nagara, P., & Nasfi, N. (2020). Pengaruh Atribut Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kota Pariaman di Toko Online Shopee. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 1(2), 26–41. https://doi.org/10.47747/jbme.v1i2.81




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v11i2.1825

Article Metrics

Abstract views: 12 | PDF views: 8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics