Peran Kepuasan sebagai Pemediasi Ekuitas Merek dan Niat Beli Ulang Pengemudi “Teknologi Pengangkutan Indonesiaâ€

Arya Bima Susanto(1*) , Agus Utomo(2) , Nani Irma Susanti(3)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis dan membuktikan secara empiris signifikansi pengaruh ekuitas merek terhadap niat pembelian kembali dengan mediasi kepuasan dan moderasi nilai yang dirasakan pada pelanggan di Teknologi Pengangkutan Indonesia. Populasi sejumlah 200 pelanggan. Metode pengumpulan data dengan kuesioner atau angket. Sampel diambil 50% dari populasi sejumlah 100 respenden dengan menggunakan teknik probability sampling. Analisis data dengan uji instrumen, uji linearitas, uji hipotesis, dan analisis peran mediasi dan moderasi dengan bootsrap process hayes. Hasil Uji t membuktikan  ekuitas merk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, ekuitas merk berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian kembali, kepuasan berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian kembali, kepuasan terbukti efektif sebagai pemediasi pada pengaruh ekuitas merk terhadap niat pembelian kembali, nilai yang dirasakan terbukti tidak efektif dalam memoderasi pada pengaruh ekuitas merk terhadap niat pembelian kembali. Hasil uji secara serempak (uji f) dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel ekuitas merk dan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian kembali. Hasil Uji R2 total sebesar 0,9538 Artinya niat pembelian kembali di jelaskan oleh ekuitas merk dan kepuasan sebesar 95,3 % dan sisanya sebesar 4,7 % dijelaskan variabel lain diluar model penelitian. Kesimpulan analisis jalur menunjukkan bahwa pengaruh tidak langsung ekuitas merk terhadap niat pembelian kembali pelanggan melalui kepuasan lebih dominan, hal tersebut ditunjukkan nilai koefisien sebesar 0,4405 dan nilai signifikansi 0,0000. Artinya Kepuasan sebagai variabel pemediasi efektif dalam memediasi hubungan ekuitas merk dengan niat pembelian kembali. Kesimpulan hasil analisis moderat bahwa variabel Nilai yang dirasakan sebagai variabel moderasi terbukti tidak efektif dalam memoderasi pada pengaruh ekuitas merk terhadap niat pembelian kembali


Keywords


Ekuitas Merek, Kepuasan, Nilai Yang Dirasakan, Niat Pembelian Kembali

Full Text:

PDF

References


Adiati Hardjanti, Y. D. (2014). Pengaruh Persepsi Konsumen Mengenai Kualitas, Loyalitas Merek, Citra Merek Terhadap Ekuitas Merek Terhadap Niat Melakukan Pembelian Kembali. Forum Ilmiah, 11(2), 279–288.

Anggraini, A. P., Tahani, K., & Kanaya Alifa Ara, B. (2023). Kualitas Produk dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepercayaan Konsumen. Bisnis Digital Dan Kewirausahaan, 2(1), 28–34. https://doi.org/10.55983/inov.v2i1.393

Ardhana, E. D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer Di Jakarta Selatan. 5(2), 362–372.

Ataman, M. B., Mela, C. F., & Van Heerde, H. J. (2008). Building brands. Marketing Science, 27(6), 1036–1054. https://doi.org/10.1287/mksc.1080.0358

Baptista, P., Cunha, S., Pereira, J. S. A., Casal, S., Batista, K. D., Araújo, W. L., Antunes, W. C., Cavatte, P. C., Moraes, G. A. B. K., Martins, S. C. V. C. V., DaMatta, F. M. F. F. M. F. M. F. M. F. M., Yasuda, T., Fujii, Y., Yamaguchi, T., Barbosa, R. A., Santini, P. T., Guilherme, L. R. G., Uction, I., Simkin, A. J., … Suleria, R. (2018). Analisis Hubungan Antara Ekuitas Merek, Kepuasan Konsumen, Dan Resonansi Merek Terhadap Minat Pembelian Kembali Dalam Produk Apple. Photosynthetica, 2(1), 1–13. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht

Da, F. A., Azizah, H., Anggraeni, S., & Wiyanti, S. (2024). Pengaruh Pemilihan Nama Merek , Pengalaman Merek , dan Ekuitas Merek terhadap Loyalitas Merek di Caffeshop Teraskita. 93–107.

Damaryanti, F., Thalib, S., & Miranda, A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 50–62. https://doi.org/10.55606/jurima.v2i2.253

Ekuitas Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Kepuasaan Pelanggan dan Terhadap Minat Beli Ulang Alistiya Najla Nabila, P., Sutedjo, B., & Stikubank Semarang, U. (2024). The Influence Of Brand Equity and Brand Trust On Customer Satisfaction and Repurchase Intantion (Study at Women Who Use Scarlatte Whitening Skincare and BodycareProduct). Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(1), 2024. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Febrian, A., & Ahluwalia, L. (2020). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek pada Kepuasan dan Keterlibatan Pelanggan yang Berimplikasi pada Niat Pembelian di E-Commerce. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 13(3), 254. https://doi.org/10.20473/jmtt.v13i3.19967

Febriani, R. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Koran Harian Fajar Di Kota Makassar ( Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam ). Skripsi, 1–119.

Jurnal, J., Mea, I., Dan, A., & Place, K. (2024). TERHADAP REVISIT INTENTION WISATAWAN JIMEA | Jurnal Ilmiah MEA ( Manajemen , Ekonomi , dan Akuntansi ). 8(1), 632–645.

Laia, A., & Sunargo, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Café Beringin Premium Kota Batam. EKOBIS : Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 175–184. https://doi.org/10.36596/ekobis.v10i2.944

Muthohar, M. (2023). Pengaruh Brand Equity terhadap Niat Beli Konsumen : Studi pada Konsumen Samsung. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, 02(05), 178–193.

Nataliana, P. D., & Santosa, M. S. E. (2019). Menguji Peran Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi dalam Hubungan Ekuitas Merek (Brand Equity) dan Kepercayaan (Trust) Terhadap Niat Beli Ulang (Studi pada Oli Yamalube Di Kota Semarang). EQUILIBRIUM-Jurnal Bisnis Dan Akuntansi, 13(2).

Pelupessy, M. M., Christianty, R., Tehuayo, E., & Pattiselanno, G. F. (2024). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Serta Pengaruhnya Pada Kepuasan Konsumen Sabun Mandi Shinzui Di Kota Ambon Merry. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 6205–6215.

Prameswara, A., & Soliha, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek, Persepsi Harga Terhadap Pembelian Ulang Pada Pelanggan Motor Yamaha Di Kabupaten Kendal. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(Spesial Issue 3), 1730–1742.

Purnamasari, D. S., & Fadli, J. A. (2024). The Influence Of Perceived Quality On Repurchase Intention With The Mediating Customer Satisfaction And Perceived Value Of Cosmetic Products In Jabodetabek. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 11(3), 1409–1422. https://doi.org/10.37641/jimkes.v11i3.2311

Putri, A. D. R., & Praswati, A. N. (2024). Pengaruh Brand Equity Dan Brand Experience Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Brand Loyalty Sebagai Variabel Mediasi Pada Produk Iphone Di Surakarta. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika (JBBE), 17(2), 1685–1704.

Sintani, L., Ridwan, R., Kadeni, K., Savitri, S., & Ahsan, M. (2023). Understanding marketing strategy and value creation in the era of business competition. International Journal of Business, Economics & Management, 6(1), 69–77. https://doi.org/10.21744/ijbem.v6n1.2087

Wahyuni, R. S. (2024). Analisis Pengaruh Perceived Price Dan Brand Image Terhadap Repurchase Intention Pada Produk Air Mineral Vit. House of Management and Business (HOMBIS) Journal, 2(2), 87. https://doi.org/10.26753/hombis.v2i2.1298

Yasifa, N. A., & Idris, I. (2024). ANALISIS PENGARUH PENGALAMAN MEREK TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG DENGAN NILAI YANG DIRASAKAN DAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Kopi Janji Jiwa di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 13(2).

Aaker, D. 2019. Commentary: do brands compete or coexist: By Sheth and Koschmann. From brand to subcategory competition. European Journal of Marketing 53(1): 25–27.

Anggraini et. al. (2023), Kualitas Produk dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Kepercayaan Konsumen, Inovatif : Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Bisnis Digital dan Kewirausahaan Volume 2 Nomor 1, Januari, 2023, hal. 28-34

Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta. Rineka Cipta

Atmaja, J. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah

Basid, C. A., Hasiolan, L. B., & Haryono, A. T. (2015). Pengaruh Citra Merek, Sikap Merek dan Kesadaran Merek terhadap Ekuitas Merek Susu Frisian Flag (Studi Kasus di Kecamatan Tembalang Semarang). Jurnal Merek, 1–26

Beig, F. A., dan Nika, F. A. 2019. Impact of Brand Experience on Brand Equity of Online Shopping Portals: A Study of Select E-Commerce Sites in the State of Jammu and Kashmir. Global Business Review

Budiyono dan Sutianingsih, 2021, Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memoderasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Niat Pembelian Kembali pelanggan Pelanggan, Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan – Volume 5, Nomor 4, Desember 2021 : 445 – 4

Bihamta, H., Jayashree, S., Rezaei, S., Okumus, F., dan Rahimi, R. 2017. Dual pillars of hotel restaurant food quality satisfaction and brand loyalty. British Food Journal 119(12): 2597–2609.

Erkan I dan Evans C (2016) The influence of eWOM in social media on consumers’ purchase intentions: An extended approach to information adoption. Original Research Article Computers in Human Behavior, 61: 47-55.

Fatihudin. (2019) Pemasaran Jasa: Strategi, Mengukur Kepuasan dan Niat Pembelian Kembali pelanggan Pelanggan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Febrian dan Ahluwalia (2020), Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Pada Kepuasan Dan Keterlibatan Pelanggan Yang Berimplikasi Pada Niat Pembelian Di E-Com, Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Volume 13. No. 3, Desember 2

Gujarati, Damodar N, 2015, Dasar-Dasar Ekonometrika. Buku II. Edisi Kelima. Jakarta Selatan: Salemba Empat

Ghozali. Imam, 2021, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Handayani (2019), Pengaruh Ekuitas Merek Dan Persepsi Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbalife, Psikoborneo, Vol 7, No 3, 2019: 426-432

Hayes, A. F., 2013, Introduction to mediation, moderation, and conditional process analysis. New York, NY: Guilford.

Hayes, A. F., 2013, Introduction to Mediation, Moderation, and Conditional. Process Analysis. In The British Journal of Psychiatry (Vol. 714).

Ho et. al. (2019), The Moderating Effects for The Relationships Between Green Customer Value, Green Brand Equity And Behavioral Intention, Academy of Strategic Management Journal Volume 18, Issue 4, 2019

Ibrahim dan Alhider (2018), The Impact of Customer Satisfaction and Loyalty On E-Marketing: Moderating Effect Of Perceived Value, Journal of Marketing and Consumer Research, An International Peer-reviewed Journal Vol.46, 2018

Indrasari, M.,2019, Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo. Press.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1.Alih bahasa: Bob sabran, MM. Jakarta :Erlangga

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., (2019), Principles of Marketing, 14th Ed, Prentice Hall, Jakarta

Kumar S, Kumar P, Narayana, S. (2016). Impact of brand equity on customers purchase decision making while choosing branded over unbranded apparel in Andhra Pradesh, 11 (7): 5202-5209

Kourtesopoulou, A., Theodorou, S., dan Kriemadis, A. 2019. The Impact of Online Travel Agencies Web Service Quality on Customer Satisfaction and Purchase Intentions. Springer Proceedings in Business and Economics: 343–356.

Laia dan Sunargo (2022), Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Ekuitas Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Café Beringin Premium Kota Batam, Ekobis: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi . Vol. 10, No. 2, (2020) Desember 2022

Marpaung, B., dan Mekaniwati, A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian: Studi Pada Konsumen Alat Mesin Pengolah Kopi Di PT. Karya Mitra Usaha. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8 (1), 29–38.

Mohamed A. Nassar. 2017. Customer Satisfaction and Hotel Brand Equity: A Structural Equation Modelling Study. J. of Tourism and Hospitality Management 5(4): 144–162.

Megantara dan Suryani. 2016. Penentu Niat Pembelian Kembali Tiket Pesawat Secara Online Pada Situs Traveloka.com. E-Jurnal Manajemen Unud. Vol. 5, No.9, 5783-5810

Nabila dan Sutedjo (2024), The Influence of Brand Equity and Brand Trust on Customer Satisfaction and Repurchase Intantion (Study at Women Who Use Scarlatte Whitening Skincare and Bodycare Product), Management Studies and Entrepreneurship Journal Vol 5(1) 2024: 1057-1065

Nataliana. Paulina Desi., Santosa F. Eric, (2019). Menguji Peran Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi dalam Hubungan Ekuitas Merek (Ekuitas Merek) dan Kepercayaan (Trust) Terhadap Niat Beli Ulang (Studi pada Oli Yamalube Di Kota Semarang). Equilibrium Jurnal Bisnis & Akuntansi, XIII (2), 1–18.

Palaguna. Friday, I. G. N., & Ekawati, N. W. (2016). Green Promotion Memedasi Green Packaging Terhadap Repurchase Intention (Studi Pada Amdk Ades di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen; Vol 5 No 12

Park, J. A., Sung, J. M., Son, J. M., Na, K., dan Kim, S. K. 2019. Athletes’ brand equity, spectator satisfaction, and behavioral intentions. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics 31(2): 541–558

Pelupessy et. al. (2024), Analysis of The Effect of Brand Equity and Price on Purchasing Decisions And Their Effect On Consumer Satisfaction of Shinzui Bath Soap In Ambon City, Management Studies and Entrepreneurship Journal Vol 5 (2) 2024: 6205-6215

Peng N, Chen A, Hung K-P (2017), The effects of teppanyaki restaurant stimuli on diners’ emotions and loyalty. International Journal of Hospitality Management, 60: 1-12

Purnamasari dan Fadli (2023), The Influence of Perceived Quality on Repurchase Intention with The Mediating Customer Satisfaction and Perceived Value of Cosmetic Products in Jabodetabek, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 11 No. 3, 2023 pp. 1409-1422

Purnamasari dan Fadli (2023), The Influence of Perceived Quality on Repurchase Intention with The Mediating Customer Satisfaction and Perceived Value of Cosmetic Products in Jabodetabek, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 11 No. 3, 2023 pp. 1409-1422

Putri (2024), The Influence of Brand Equity and Digital Marketing on Consumer Satisfaction of Kopi Kenangan (Study On Consumers In Bandung), Management Studies and Entrepreneurship Journal Vol 5 (1) 2024: 2713-2721

Pitaloka dan Gumanti (2019), The Effects of Brand Equity on Repurchase Intention: The Role of Brand Relationship Quality In Muslim Wear Brand Surabaya-Indonesia, International Journal Of Scientific & Technology Research VOLUME 8, ISSUE 01, JANUARY 2019

Pham et. al. (2016), The Effect of Brand Equity And Perceived Value On Customer Revisit Intention: A Study In Quick-Service Restaurants In Vietnam, Acta Oeconomica Pragensia Volume 24 | Number 05

Prameswara dan Soliha (2022), Pengaruh Kualitas Produk, Ekuitas Merek, Persepsi Harga Terhadap Pembelian Ulang Pada Pelanggan Motor Yamaha Di Kabupaten Kendal, Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan Vol 4 Spesial Issue 3 2022

Priansa. Donni, 2017. Manajemen Pelayanan Prima. Bandung: Alfabeta

Ridwan. Abdullah Sani, 2015, Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Bumi Aksara

Ruknan dan Kusnadi. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pt Trijaya Lestari Di Jakarta. Jurnal Perkusi: Pemasaran, Keuangan, Dan Sumber Daya Manusia, 2(1).

Sarwono, Jonathan. 2012. Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS (Edisi Pertama). Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sekaran, Uma dan Bougie, Roger. 2016. Research Methods for Business: A Skill Building Approach, 7th Edition. New Jersey: Wiley

Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alphabet.

Simamora. Bilson 2015. Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Syam et. al. (2024), Mediating Role of Satisfaction and Moderating Role Of Perceived Value: A Empirical Study of Electronic Commerce In Indonesia, Ekombis Review – Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis 12(3). doi: https://doi.org/10.37676/ekombis.v12i3

Tan dan Budiono (2020), Prediksi Brand Equity Dan Perceived Value Terhadap Purchase Intention, Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Volume II No. 3/2020 Hal: 783-792

Tjiptono, F. (2019). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset

Yasifa dan Idris (2024), Analisis Pengaruh Pengalaman Merek Terhadap Niat Pembelian Ulang Dengan Nilai Yang Dirasakan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi, Diponegoro Journal of Management Volume 13 Nomor 1 Tahun 2024

Zufrie, Z., & Sahputra, A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekuitas Merek Pada CV. Showroom Yulia Motor Sigambal. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 2(1), 143–150.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v11i2.1837

Article Metrics

Abstract views: 37 | PDF views: 16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics