ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI, PERSEPSI DAN SIKAP NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ASURANSI PENDIDIKAN
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis signifikansi pengaruh motivasi, persepsi dan sikap secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk asuransi pendidikan Sequislife di Solo.
      Penelitian ini di lakukan dengan metode kuesioner terhadap 75 responden nasabah asuransi Sequislife di Solo yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan jenis yang di gunakan adalah purposive sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data- data yang di peroleh berupa analisis kualitatif dan kuantitatif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien deteminasi (R2).
      Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi Y = 5,006 + 0,330X1 + 0,204X2 + 0,252X3. Berdasarkan analisis tersebut dapat di ketahui bahwa motivasi, persepsi dan sikap nasabah berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian produk asuransi pendidikan Sequislife di Solo. Hasil uji t menunjukkan bahwa motivasi, persepsi dan sikap nasabah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk asuransi pendidikan Sequislife di Solo. Hasil uji secara serempak (uji F) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh hasil motivasi, persepsi dan sikap nasabah secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk asuransi pendidikan Sequislife di Solo. Hasil uji koefisien determinasi (R2) didapatkan variabel motivasi, persepsi dan sikap nasabah memberikan kontribusi sebesar 62,6% terhadap keputusan pembelian produk asuransi pendidikan Sequislife di Solo sedangkan sisanya 37,4% di pengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang di teliti.
Kata kunci : motivasi, persepsi, sikap dan keputusan pembelian
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
¬¬¬Assael, Henry. 2001. Consumer Behavior 6th Edition. New York: Thomson Learning.
Azwar S. 2003. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya.Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Chinaka, Njoku Ethelbert. 2016. ‘Factors That Influence Consumer Purchasing Behavior in Nigeria’, vol.4, hh.157-161.
Istijanto. 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jakarta : Indeks kelompok Gramedia.
Najah, Safinatun. 2016. Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Asuransi Syariah (Studi Banccasurance pada Nasabah AXA Mandiri dan Bank Syariah Mandiri Cabang Yogyakarta). (Skripsi). Yogyakarta : Universitas Sunan Kalijaga.
Nurdianto, Aan Romika. 2010. Analisis Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merk
“Yamaha†Bagi Masyarakat di Kelurahan Bendan KecamatanBanyudono Kabupaten Boyolali. (Skripsi). Solo : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa.
Priyamitra, Rully. 2012. Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Kualitas dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Toyota Avanza di Semarang.(Skripsi). Semarang : Universitas Diponegoro.
Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta.
Suhardi. 2013. The Science of Motivation (Kitab Motivasi). Jakarta : PT Gramedia.
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Wahyuni, Dewi Urip . 2008. Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda†Di Kawasan Surabaya Barat. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 10 No. 1.
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v6i2.588
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
©  Excellent |