PERANAN MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DI SURAKARTA

Nunuk Herawati(1*) , Murni Sulistyowati(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Tujuan Penelitian  ini adalah menganalisis  pengaruh  Produk, Harga, Promosi, Tempat terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Yamaha di Surakarta, menganalisis pengaruh  Produk, Harga, Promosi, Tempat, dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Yamaha di Surakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah Pelanggan sepeda motor Yamaha yang melakukan pembelian lebih dari satu kali di  Surakarta. Data berupa data primer melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan sepeda motor Yamaha .Data diuji menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisa jalur, uji t, uji F, uji R2, Uji Korelasi. Secara parsial (uji t) : 1).Variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Yamaha di Surakarta, 2).Variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Yamaha di Surakarta. Variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Yamaha di Surakarta. Produk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan mampu menjelaskan Loyalitas Pelanggan sebesar 69,5 % sisanya sebesar 30,9 % dijelaskan oleh variable lain di luar model seperti : ikatan emosi, Kepercayaan, Kemudahan transaksi, Pelayanan. Hasil Penelitian menunjukkan Kepuasan Pelanggan dapat dijadikan sebagai variable intervening pada hubungan Produk,Harga dan Tempat terhadap Loyalitas pelanggan. Variabel Kepuasan Pelanggan tidak dapat dijadikan sebagai variable intervening pada hubungan Promosi terhadap Loyalitas pelanggan.

 

Kata kunci : Marketing Mix, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsini. 2011. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Assael, Henry. 2001. Consumer Behavior 6th Edition. New York: ThomsonLearning.

Azwar MA, Saifuddin. 2004. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Broyles, S.A., Ross, R.H., and Leingpibul, T. (Duke). 2009. Exmination of Satisfaction inCross-Product Group Settings. JournalofProductandBrand

Buchori Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta

Burhanudin. Pengaruh marketing mixterhadaployalitas konnsumenpastagigi pepsodentdi kecamatan kretek, kabupaten bantul,, EfEktif Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 2, No. 1, Juni 2011, 68 – 81

Cannon, Joseph P., William D. Perreault, and E. Jerome. McCarthy. 2008. Pemasaran Dasar-pendekatan manajemen global. Jakarta: Salemba empat.

Putri, Widayat dan Dewi, Pengaruh Kualitas produk dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan sebagai variabel intervening, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Eric Kusnadi Kartika , Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Niat Beli Ulang Sepeda Motor Honda Kategori Sport Mid, ,E-JournalGraduateUnpar, Vol.1,No.2(2014), ISSN: 2355-4304, 162-175

Faine Phoebby Ruusen, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan After Sales Service Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Honda PT Nusantara Surya Sakti di Murang, Jurnal EMBA, Vol.2No.3September2014,Hal.1603-1613, ISSN 2303-1174

Feigenbaum, A.V. 2000. Kendali Mutu Terpadu, Jilid 1, Edisi Ketiga, Erlangga, Jakarta.

Hadi. 2011. Metodologi Reserch. Jilid 1.Yogyakarta : Andi Offset

Haris Hermawan, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 1 No.2 Desember 2015, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Roti Ceria di Jember, FE Universitas Muhammadiyah Jember.

Hurriyati,Ratih.(2008).BauranPemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : CV.Alfabeta.

Irawan,Andi.2004. “10PerinsiKepuasanPelanggan”,cetakanke6,PT.Elexmedia komputindo, Jakarta.

JessicaNadiadanMariaIstiningsih,”PengaruhProduk,Layanan,Hargadan Lokasi terhadapKepuasantamudihotelJWMarriotsurabaya,fakultas ekonomi”, Vol 2 No 1, universitas katolik darmacendika, surabaya, 2010

Kafi Firmansyah dan Yohan Wismantoro, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro, Pengaruh bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Sport Merek Yamaha V-Ixion di Jepara, 2015.

Kartajaya,Hermawan,“HermawanKertajayaonMarketing”,EdisiPertama,PT.GramediaPustakaUtama, Jakarta, 2002.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Benjamin Molan Dan Hendra Teguh, Edisi Milenium, Jakarta, 2000.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 1996. Principles Of Marketing, Seventh Edition, International Editrion, Prentice Hall, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management, The millennium ed. New jersey: Phipe Prantice Hall

Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control. Edisi Kesembilan. Jilid 1 dan jilid 2.Jakarta : Prehalindo. alih bahasa oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E.

Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran Edisi 6 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. 2003. Edisi Indonesia, Drs. Benyamin Molan, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi ke Sebelas jilid 1.Jakarta : PT indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1.Jakrta : Erlangga

Kotler, Philip & Keller, Kevin L. 2009.Manajemen Pemasaran, edisi 13 Jilid I. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Phipip & Amstrong, Gary. 2004. Principles Of Marketing, Tenth Edition, New Jersey : Pearson Prentice Hall

Kotler, P. & Keller, K.L. 2007.Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Jakarta : Penerbit PT Indeks

Kotler, Philips & Gary Amstrong.2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kuncoro. 2003. Metode Kuantitatif. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMPYKPN.

Lasander, Cristian.2013. Citramerek, kualitas produk dan promosi pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen pada makanan tradisional. http://ejournal.unsrat.ac.id/index. php/emba/article/view/2024. Jurnal EMBA. ISSN2303-1174.

Lovelock,Christopher H. dan Lauren K.Wright.2007.Manajemen Pemasaran Jasa.CetakanII.Indeks. Jakarta

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa ( Teori dan Praktik ). Jakarta : PT salemba Emban Patria

Machfoedz, Mahmud.2005.Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta : Upp Amp Ykpn.

Mc. Daniel, Pemasaran, Edisi I, Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Muhammed T. Nuseir dan Hilda Madanat, International Journal of Marketing Studies, Vol.7 No.4;2015. 4 Ps: A Strtegy to Secure Customers’ Loyalty via costomer Satisfaction

Oladepo, Onigbinde Isaac. 2015. The Influence of Brand Image and Promotional Mix On consumer Buying Decision- A Study Of beverage Consumers in lagos State, Nigeria.Southwestern University Nigeria. British Journal Of marketing Studies.

Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer SatisfactionTeknik Mengukur dan StrategiMeningkatkan Kepuasan Pelangganplus Analisiskasus PLN-JP. Jakarta:Gramedia PustakaUtama.

Roscoe, 1975, dikutip dari Uma Sekaran, 2006, Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

Santoso, Singgili. 2011. Buku Latihan SPSS Statistik parametik. Edisi Pertama. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Santoso, Singgih. 2001. Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Selang, Christian A.D, Bauran Pemasaran (MarketingMix )Pengaruhnya Terhadap LoyalitasKonsumenPadaFreshMartBahuMallManado, Jurnal EMBA Vol.1 No.3 tahun 2013, isnn 2303-1174, Hal. 71-80.

Semuel,Hatane.2006. Ekspektasi Pelanggandan Aplikasi Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Toko Modern dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol.1,No.2,hal:53-64.

Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana

Sigit, Suhardi. 2007. Marketing Praktis. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Penerbit Liberty.

Soekresno, 2000. Manajemen Food and Beverage Service Hotel.Jakarta : PT.Gramedia PustakaUtama

Sri Wahyuni , 2008. Analisis Pengaruh Hargadan Kualitas Produkterhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Yamaha Motor Kencana Indonesia Semarang

Stanton, W.J.1996.Prinsip Pemasaran.Jilid II.Edisi VII.Diterjemahkan Oleh :Drs. Sadu Sanduru. Jakarta ; Penerbit Erlangga

Sugiyono. 2001. Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Hedi .Analisis Pengaruh Harga, Produk dan Promosi terhadap Kepuasan Pengguna Sepeda Motor Matic Vario pada CV. Semoga Jaya di Tenggarong, JEMI, Vol.8/No.3/Desember/2008, Hal.54-80.

Suwarni, dan Mayasari, S.D. 2011. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Konsumen.Jurnal Ekonomi Bisnis,Th.16,No.1, hal:76-84.

Swasra, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi II. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran Edisi ke tiga.Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andy Offset

Tri Wahyudi, Yopa Eka Prawatya. Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor. Jurnal ELKHA Vol.4,No2,Oktober2012.

Uma Sekaran dan Bougie, R. 2010.Research Methods for Business. West Sussex : Wiley

Owomoyela SK, InvestigatingTheImpact Of MarketingMix ElementsOn Consumer Loyalty:AnEmpricalStudy On NigerianBreweriesPlc.,InterdisciplinaryJournal OfContemporaryResearchIn Business,march 2013, V0l.4, No.13,page 485-502

Widiana, M.E., Supit, H.,danHartini, S.2012. Penggunaan Teknologi Internet dalamSistemPenjualanOnlineuntukMeningkatkanKepuasandan Pembelian ulangProduk BatikpadaUsaha KecildanMenengah diJawa Timur.Jurnal ManajemendanKewirausahaan,Vol.14,No.1,hal:72-82.

WijayadanThio.2008.AnalisaPengaruhKualitasLayananTerhadapLoyalitasPelanggandi Laundry 5 ASEC. Surabaya.

Wijayanto, Bebet, Apriatni Endang P.dan Sari Listyorini. ”Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Loyalitas Konsumen Di Supermarket Sri Ratu Peterongan”. Diponegoro Journal of Social and Politic. Tahun 2013. Hal.1–10. UNDIP. Semarang.

Wijoyo, Andrian. Pengaruh variable Marketing Mixt terhadap Customer Loyalty Honda-Ramayana Basuki Rachmad Surabaya dengan Customer Satisfaction sebagai variable intervening, , Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.2,No.1,(2014)1-13.

Internet :

www.google.com : Data Aisi Penjualan Motor Yamaha Januari – Desember 2018

www.google.com : Data Aisi Penjualan Motor Yamaha Januari 2019




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.621

Article Metrics

Abstract views: 522 | PDF views: 405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Management, Business and Education (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
© ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics