STRATEGI PEMASARAN DENGAN OPTIMALISASI PROMOSI, KELAS SOSIAL DAN CITRA MEREK UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK BERBELANJA ONLINE (STUDI KASUS DI MATAHARIMALL.COM)
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pemasaran dengan Optimalisasi Promosi, Kelas Sosial dan Citra Merk untuk Pengambilan Keputusan Konsumen untuk Berbelanja online (Studi Kasus di Mataharimall.com). Penelitian dilakukan pada konsumen mataharimall.com di kota Surakarta dengan sampel sebanyak 100 orang dengan metode purposive sampling dengan menggunakan kuesioner.
Analisa Data menunjukkan hasil bahwa seluruh pertanyaan yang digunakan dalam kuesioner valid dan reliabel. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa seluruh data normal, tidak terjadi heterokesdastisitas, tidak terjadi multikolineriaritas serta tidak terjadi autokorelasi. Hasil uji regresi berganda dan uji t menunjukkan bahwa Variabel promosi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan, Kelas sosial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap keputusan, dan Citra Merk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan. Hasil uji R2 menunjukkan hasil bahwa Promosi, Kelas sosial dan citra merk hanya mampu menjelaskan variabel Keputusan Konsumen untuk berbelanja online sebesar 8%, sedang sisanya dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian.
Kata kunci : Promosi, Kelas Sosial, Citra merk, Keputusan
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aaker, David A. Dan Alexander L. Biel. 2009. Brand Equity And Advertising: Advertising Role In Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates. Inc., Hillsdale
Ajeng Peni Hapsari (2008) “Analisis Perbandingan Penggunaan Celebrity Endorser Dan Tipical Person Endorser Iklan Televisi Dan Hubungannya Dengan Keputusan Pembelian produk”. Jurnalfakultas Ekonomi Universitas PadjadjaranBandung.
Ardyanto Denni Dan Heru Susilo. 2015. PENGARUH KEMUDAHAN DAN KEPERCAYAAN MENGGUNAKAN E- COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE (Survei Pada Konsumen Www.Petersaysdenim.Com). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 22 No.1. Mei2015
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan. Penerbit Universitas Diponegoro.
Buchari Alma. 2007, Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: CV. Alfabeta
Cannon, Perreault Dan Mccarthy (2008). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Salemba Empat
Eddy Soeryanto Soegoto, 2009, Enterpreneurship, Edisi Pertama, Jakarta : PT. Elek MediaKomputindo
Ghozali, Imam. 2009. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS “. Semarang : UNDIP.
Giantara Mariani Shoshana Dan Jesslyn Santoso PENGARUH BUDAYA, SUB BUDAYA, KELAS SOSIAL, DAN PERSEPSI KUALITAS TERHADAP PERILAKU KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE TRADISIONAL OLEH MAHASISWA DI SURABAYA. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa Vol. 2 No. 1
Hermawan Kartajaya.2010.Brand Operation The Official MIM Academy Course Book. Jakarta : Esensi Erlangga Group
Husein, Umar. (2000). Riset Pemasaran Dan Penilaian Konsumen. Jakarta: PT Gramedia.
Jamaludin Achmad, Zainul Arifin Dan Kadarisman Hidayat. 2015. PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 21 No.1 April 2015
Kasimin, Patricia Dhiana Dan Muh Mukery Warso. 2015. EFFECT OF DISCOUNTS, SALES PROMOTION AND MERCHANDISING ON IMPULSE BUYING AT TOKOINTAN PURWOKERTO. Journal Of Management Vol.1 No. 1. ISSN : 2502-7689
Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1,. Penerbit Erlangga. Jakarta
Kuntjojo. 2009. Metode Penelitian. Kediri: Universitas Nusantara PGRI
Moly, Vivi alvionita. 2014. PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE NOKIA (Studi Kasus Toko Mars Cell Klandasan, Balikpapan). Ejournal Psikologi, 2, (2) 2014 : 258 – 268.
Muhammad Saikoo, Hari, Dan Bulan. 2016. Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Kerudung Rabbani . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol. 5 No. 1
Nurhayati, Siti MS. (2012). Metodologi Penelitian Praktis.Pekalongan
Oktavianingrum, Maria M Minarsih Dan Moch. Mukeri Warso. 2015. EFFECT OF RISK PERCEPTION, TRUST, AND PSYCHOLOGY OF YOUTH CLOTHING ONLINE PURCHASE DECISION AMONG UNIVERSITY STUDENTS PANDANARAN SEMARANG. Journal Of Management Vol.1 No. 1. ISSN : 2502- 7689
Santosa Budi Purbayu Dan Ashari.2005.Analisis Statistik Dengan Microsoft. Axcel& SPSS. Andi Offset. Yogyakarta
Setiawan Ujang Setiawan, Patricia Dhiana Dan Andi Tri Haryono. 2015. PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, KUALITAS PRODUK DAN GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE BLACKBERRY GEMINI (Studi Pada Mahasiswa Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang), Jurnal Manajemen Pemasaran 2015|4
Schiffman Dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta :Indeks.
Surachman. 2008. Dasar-Dasar Manajemen Merek (Alat Pemasaran Untuk Memenangkan Persaingan). Malang: Bayumedia Publishing
Rangkuti, Fredy, “Strategi Promosi Yang Kreatif”, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2009
Talcott Persons, 2010. Dismissal Of Parsons In The New Economic Sociology.” American Journal Of Economics And Sociology. Volume 65.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta Http://Blog- Definisi.Blogspot.Co.Id/2016/04/Pengertia n definisi-Dan-Jenis-Jenis.Html).
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.662
Article Metrics
Abstract views: 1305 | PDF views: 722Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© Excellent | View Statistics |