Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Rown Division Surakarta)

Laurensius Panji Ragatirta(1*) , Erna Tiningrum(2)


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Pengaruh Atmosphere Store, Desain Produk, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian di Rown Division Surakarta. Lokasi penelitian yang digunakan adalah Rown Division Surakarta kabupaten Surakarta. Dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan sample random sampling. Data dikumpulkan dengan cara membuat kuesioner mengenai Keputusan Pembelian, Atmosphere Store, Desain Produk dan Citra Merek. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik uji t, uji F, dan regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa: Atmosphere Store berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Desain Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Citra Merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Suasana Store, Desain Produk, dan Citra Merek secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Uji determinasai (R2) diperoleh hasil nilai Adjusted R Square sebesar 0.527. Hal ini berarti bahwa variabel Atmosphere Store, Desain Produk, dan Citra Merek pengaruhnya sebesar 52.7% sedangkan sisanya 47,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Keywords


Atmosphere Store; Desain Produk; Citra Merek; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto, S., 2007, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI hal 134. Jakarta,Rineka Apta.

Augusty Ferdinand,(2006) Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesisdan Disertasi Ilmu Manajemen, Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Azwar, Saifuddin. 2007. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta, PustakaPelajar.

Bambang Pranoto. 2008. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Konsumen Membeli

Kendaraan Bermotor, Jurnal Ilmiah Faktor Extra Vol.1 No. 2 september 2008.

Bambang Supomo dan Nur Indriantoro, 2002, Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Kedua. Yogyakara; Penerbit BFEE UGM.

Ballantine, P.W,Jack R and Person A.G. 2010. Atmosphere cues and their effect on the hedonic Retail experience,International journal of retail and Distribution Managemen Vol.38 No.8, pp 641-653.

Basu Swastha. 2009. Manajemen Penjualan. Yogyakarta, BPFE.

Basu Swastha. (2000). Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern, Jakarta : Liberty.

Berman , Barry dan Evans , Joe R. 2004. Retail Management A Strategic Apporoach Ninth Edition. New Jersey. Pearson Education International.

Da Silva, Rui Vintas, dan Alwi, Sharifah. 2006.“Cognitive, Affective Attributes and Conatives Behaviounal Responses in Retail Corporate Bandungâ€. Journal of Product and Brand Management Vol 15.

Fandy Tjiptono, Ph.D. 2015. Strategi Pemasaran,Edisi 4. Penerbit Andi Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

John M.Echols dan Hassan Shaldy.2005. Kamus bahasa inggris indonesian. An english - indonesia and dictionary. Jakarta PT.Gramedia.

Kotler, Philip,(2000). Marketing Management, The Millenium Edition. New Jersey : Prentice Hall International, Inc.

Kotler, Philip. (2001). Manajemen Pemasaran :Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo.

Kotler, Philips. 2004. Manajemen Pemasaran Jilid 2. Terjemahan Drs. Benyamin Molan PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip, (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi kesebelas. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong Gar. 2006. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedua Belas. Erlangga Jakarta.

Kotler ,Philip dan Keller, 2007. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kedua Belas, Jakarta PT.Indeks.

Kotler, Phillip dan Kevin L, Keller. (2008). Manajemen Pemasaran, Edisi 12 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Benjamin Molan, Jakarta, PT.Indeks Gramedia, Jakarta.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua belas. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler , Philip dan Keller, 2012. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, PT.Indeks, Jakarta Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2005. Strategi (Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Levy, M., & Weitz, B. A. (2001). Retailling Management (4th ed.). Richard D. Irwin Inc.

Levy, M., &Weitz, B. A. (2012). Retailing Management Information Center. New York: McGraw Hill Higher Education.

Lupioyadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Erlangga.

Peter ,J Paul dan Jerry C. Olson. 1999. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Alih Bahasa Damos Sihombing Jakarta: Erlangga.

Roslina 2010. Citra Merek dan Dimensinya Jurnal Bisnis dan Manajemen. Penerbit Fakultas Ekonomi dan

Bisnis Universitas Lampung.

Schiffiman dan Kanuk. 2004. Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta, Prentice Hall.

Schiffman, L.G dan Leslie Lazar Kanuk. 2010. Consumer Behavior Tenth Edition. Pearson Education.

Siswanto, Sutojo 2009, Manajemen Pemasaran, edisi kedua. Jakarta Penerbit: Damar Mulia Pustaka.

Sitinjak, Tony. 2005. “Pengaruh Citra Merek dan Sikap Merek Terhadap Ekuitas Merekâ€. ISSN Vol.12. No.2 Juni. H.166-182

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. 2010. Marketing in Practice. Edisi Pertama. Penerbit Graha Ilmu,Yogyakarta.

Suliyanto (2005), Analisis Data Dalam Aplikasi Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sutisna 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jakarta. Indeks Utami Christina Widya. 2008. Manajemen barang dagang dalam bisnis ritel. Malang : Penerbit Bayumedia Publishing.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v7i2.793

Article Metrics

Abstract views: 1708 | PDF views: 9283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics