PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU CONVERSE DI SURAKARTA

Lia Eka Saputri(1*) , Agus Utomo(2)


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  secara empiris pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepatu Converse di kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probably sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif, uji asumsi klasik, regresi berganda, uji t, uji F an uji koefisien determinan (R2). Berdasarkan analisis persamaan regresi dapat diketahui pengaruh brand image, kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada sepatu Converse di Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Untuk variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhaap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,224. Sedangkan untuk variabel harga secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,033. Secara simultan brand image, kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai F signifikansi sebesar 0,000. Kemampuan variabel brand image, kualitas produk dan harga menjelaskan keputusan pembelian sebesar 35,9% sebagaimana ditunjukkan dengan besarnya adjusted R Square sebesar 0,359 sedangkan sisanya 64,1% dipengaruhi oleh variabl lain yang tidak dimasukkan kedalam model penelitian antara lain lokasi dan promosi. Variabel brand image adalah variabel yang paling dominan dari 3 variabel independen yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepatu Converse di Surakarta, maka direkomendasikan agar perusahaan perlu lebih fokus mendorong peningkatan brand image agar keputusan pembelian meningkat.


Keywords


brand image, kualitas produk, dan harga

Full Text:

Untitled

References


Arikunto, s. 2006. Metode penelitian kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. 2003. Reliabilitas dan validitas SPSS. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Amstrong, dan Kotler 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta

Bilson Simamora. 2008, Riset Pemasaran, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utamav

Basu Swastha.2002.Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta: Penerbit Libert

Doni Defriansyah, Islahuddin Daud, Welly Nailis.2016. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sriwijaya Indralaya). Jurnal Bisnis dan Manajemen.

Engel, James F. Roger D. Blackwell dan Paul WMiniard, 2006,PerilakuKonsumen,(Alih Bahasa Budi Janto), Jilid I, Edisi Keenam, BinarupaAksara, Jakrta Barat

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dngan Program SPSS. Semarang: Badan Penliti Universitas Diponegoro

Gaya Hidup,Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Snekears Merek Converse. Jurnal Administrasi Bisnis.

Handoko, T. Hani. 2002. Manajemen Edisi 23. Yogyakarta: BPFE.

J.Paul Peter & jerry c. Olson (2000). Consumer BehaviorPerilaku Konsumen2nd. ed. 4 Jakarta: .Penerbit Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, (Edisi Ketiga Belas). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip,.& Amstrong, Gary. (2017). Principles of Marketing. Pearson.

Mangkunegara, A. P. (2009). Perilaku Konsumen. Bandung: Rafika Aditama.

Marchiani, N. D., Hidayat, W.,& Dewi, R. S. (2014). Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sneackers Merek Converse. Jurnal Administrasi Bisnis

Nugroho, 2005. Strategi Jitu Memilih Statistic Penelitian Engan SPSS, Andi Yogyakarta, Yogyakarta

Rao, Purba. 1996. Measuring consumer perception through factor analysis. The asianmanager. February-march, pp 28-23

Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks

Sugiyono. 2002. Metode penelitian. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B., & Handoko. (2010). Manajemen Pemasaran Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Top Brand Award. (2017). Top Brand IndexLaptop 2017 dari http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2017_fase_1Top Brand Award(2018).

Top Brand IndexLaptop 2018 dari http://www.topbrand-award.com/top-brand-survey/survey-result/top_brand_index_2018_fase_




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.911

Article Metrics

Abstract views: 218 | Untitled views: 234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Management, Business and Education (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
© ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics