PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA SCOOPY
(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis dan memberikan bukti secara empiris pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy (Studi Kasus pada Masyarakat di Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar). Penelitian ini di lakukan dengan metode kuesioner terhadap 100 responden konsumen sepeda motor Honda Scoopy di Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling dengan jenis metode yang digunakan yaitu convinience sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien deteminasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,043. Untuk variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,072. Sedangkan untuk variabel citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,007. Secara simultan harga, kualitas produk, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukkan dengan nilai F signifikansi sebesar 0,000. Kemampuan variabel harga, kualitas produk, dan citra merek dalam menjelaskan keputusan pembelian sebesar 19,2% sebagaimana ditunjukkan dengan besarnya adjusted R square sebesar 0,192 sedangkan sisanya 80,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam model penelitian, antara lain : lokasi, promosi, dan kualitas pelayanan. Variabel citra merek adalah variabel yang paling dominan dari tiga variabel independen yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Scoopy di Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar, maka direkomedasikan agar perusahaan perlu lebih fokus mendorong peningkatan citra merek agar keputusan pembelian meningkat.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Amrullah. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Honda Beat. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5. No. 7.
Keller, Kevin Lane. 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. 2nd Edition, New Jersey, NJ.
Kodu, Sarini. 2013. Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA Vol.1 No.3 September 2013, Hal. 1251-1259.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Penerbit PT Indeks: Jakarta.
Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi Kesebelas. Jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran: Analisis Jasa Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
Muhson, Ali. 2005. Diktat Mata Kuliah: Aplikasi Komputer. Pendidikan Ekonomi, FISE UNY.
Mulyana, Deddy. 2003. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. 2016. Lensa Kegiatan Ekonomi SMA/MA Kelas X. Jakarta: Penerbit Bailmu.
Schiffman, Leon, G., Leslie Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behavior, Edisi Tujuh. Prentice-Hall, New Jersey.
Sekaran, Uma. 2006. Research Methods For Business, Edisi 4, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Setiawan, Heri. 2012. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus Pada PT. Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius) Vol. 2 No. 3 Sept 2012. Politeknik Negeri Sriwijaya.
Sugiyono. 2008. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta. Sukmana, O. 2003. Dasar-dasar Psikologi Lingkungan. Malang: UMM Press. Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Swastha dan Irawan. 2000. Manajemen Pemasaran Modern, (Edisi II, Get. VHI): Liberty Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.912
Article Metrics
Abstract views: 1800 | Untitled views: 1108Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© Excellent | View Statistics |