ANALISA CONSUMER TRUST TERHADAP PARTISIPASI KONSUMEN APOTIK RAKYAT (STUDI KASUS MARAKNYA PEREDARAN OBAT ILEGAL DI SURAKARTA)
(1) STIE IPWIJA
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Kepercayaan (trust) terhadap apotik rakyat menjadi berkurang pada akhir-akhir ini, pada bulan September 2016
muncul beberapa kasus yang mengguncangkan masyarakat Indonesia yaitu beredarnya secara luas obat obatan
ilegal dan palsu, disinyalir bahwa salah satu faktor penyebab maraknya peredaran obat ilegal adalah munculnya
apotik-apotik rakyat yang begitu pesat. Untuk itu perlu dilakuakn penelitian untuk mengukur tingkat
kepercvayaan masayarakat (trust) terhadapa eksistensi apotik rakyat. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui :
1) pengaruh ability, benevolence dan integrity terhadap trust konsumen apotik rakyat di Surakarta 2) pengaruh
trust terhadap partisipasi konsumen konsumen apotik rakyat di Surakarta. Menggunakan 100 responden dan
analisis regresi dihasilkan kesimpulan 1) Variabel ability , benevolence , dan integrity mempunyai pengaruh
langsung dan signifikan terhadap trust konsumen Apotik rakyat di Surakarta. 2) Variabel ability , benevolence
dan participation mempunyai pengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap participation konsumen Apotik
rakyat di Surakarta 3) Variabel trust mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap participation
konsumen Apotik rakyat di Surakarta . Hal ini menyebabkan fungsi variabel trust sebagai variabel intervening
menjadi efektif.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Corbit, B. J., Thanasankit, T., dan Yi, H., 2003. Trust and E-commerce: a Study of Consumer
Perceptions, Electronic Commerce Research and Application, 2: 203-215.
Gefen, D. dan Straub, D.W., 2004. Consumer Trust in B2C e-Commerce and the Importance of Social
Presence: Experiments in e-Products and e-Services, Omega: The International Journal of
Management Science, 1-18.
Ghozali, I., 2014. Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS Ver.
0. BP Universitas Diponegoro, Semarang.
Kim, H. dan Xu, Y., 2004. Internet Shopping: Is It a Matter of Perceived Price or Trust?, Proceedings
of Twenty-Fifth International Conference on Information Systems, pp. 831-842.
Mayer, R.C., Davis, J. H., dan Schoorman, F. D., 1995. An Integratif Model of Organizational Trust,
Academy of Management Review, 30 (3): 709-734
Ridings, C. M., Gefen, D., dan Arinze, B., 2002. Some Antecedents and Effect of Trust in Virtual
Communities, Journal of Strategic Information Systems,11: 271-295.
Riegelsberger, J., Sasse, M. A., dan McCarthy, J. D., 2003. The Researcer’s Dilemma: Evaluating
Trust in Computer-Mediated Communication, International Journal of Human-Computer
Studies, 58: 759-781.
Swastha, Basu DH., Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas,
Yogyakarta: Liberty Offset
Tung, L. L., Tan, P. L. J., Chia, P. J. T., Koh, Y. L., dan Yeo, H. L., 2001. An Empirical Investigation
of Virtual Communities and Trust, Proceedings of Twenty-Second International Conference on
Information Systems, pp. 307-319.
Yousafzai, S. Y., Pallister, J. G., dan Foxall, G. R., 2003. A Proposed Model of Etrust for Electronic
Banking, Technovation, 23: 847-860
Lembong E. Prospek Ilmu dan Profesi Farmasi di Masa Mendatang. Pharos Bulletin Jakarta,
; (4): 15-16.
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.922
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
©  Excellent |