ANALISA CONSUMER TRUST TERHADAP PARTISIPASI KONSUMEN APOTIK RAKYAT (STUDI KASUS MARAKNYA PEREDARAN OBAT ILEGAL DI SURAKARTA)

Yoyo Indah Gunawan(1*) , Muhammad Khoiruman(2)


(1) STIE IPWIJA
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Kepercayaan (trust) terhadap apotik rakyat menjadi berkurang pada akhir-akhir ini, pada bulan September 2016
muncul beberapa kasus yang mengguncangkan masyarakat Indonesia yaitu beredarnya secara luas obat obatan
ilegal dan palsu, disinyalir bahwa salah satu faktor penyebab maraknya peredaran obat ilegal adalah munculnya
apotik-apotik rakyat yang begitu pesat. Untuk itu perlu dilakuakn penelitian untuk mengukur tingkat
kepercvayaan masayarakat (trust) terhadapa eksistensi apotik rakyat. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui :
1) pengaruh ability, benevolence dan integrity terhadap trust konsumen apotik rakyat di Surakarta 2) pengaruh
trust terhadap partisipasi konsumen konsumen apotik rakyat di Surakarta. Menggunakan 100 responden dan
analisis regresi dihasilkan kesimpulan 1) Variabel ability , benevolence , dan integrity mempunyai pengaruh
langsung dan signifikan terhadap trust konsumen Apotik rakyat di Surakarta. 2) Variabel ability , benevolence
dan participation mempunyai pengaruh langsung dan tidak signifikan terhadap participation konsumen Apotik
rakyat di Surakarta 3) Variabel trust mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap participation
konsumen Apotik rakyat di Surakarta . Hal ini menyebabkan fungsi variabel trust sebagai variabel intervening
menjadi efektif.


Keywords


apotik rakyat, ability, benevolence, integrity, trust dan participation

Full Text:

Untitled

References


Corbit, B. J., Thanasankit, T., dan Yi, H., 2003. Trust and E-commerce: a Study of Consumer

Perceptions, Electronic Commerce Research and Application, 2: 203-215.

Gefen, D. dan Straub, D.W., 2004. Consumer Trust in B2C e-Commerce and the Importance of Social

Presence: Experiments in e-Products and e-Services, Omega: The International Journal of

Management Science, 1-18.

Ghozali, I., 2014. Model Persamaan Struktural: Konsep dan Aplikasi dengan Program AMOS Ver.

0. BP Universitas Diponegoro, Semarang.

Kim, H. dan Xu, Y., 2004. Internet Shopping: Is It a Matter of Perceived Price or Trust?, Proceedings

of Twenty-Fifth International Conference on Information Systems, pp. 831-842.

Mayer, R.C., Davis, J. H., dan Schoorman, F. D., 1995. An Integratif Model of Organizational Trust,

Academy of Management Review, 30 (3): 709-734

Ridings, C. M., Gefen, D., dan Arinze, B., 2002. Some Antecedents and Effect of Trust in Virtual

Communities, Journal of Strategic Information Systems,11: 271-295.

Riegelsberger, J., Sasse, M. A., dan McCarthy, J. D., 2003. The Researcer’s Dilemma: Evaluating

Trust in Computer-Mediated Communication, International Journal of Human-Computer

Studies, 58: 759-781.

Swastha, Basu DH., Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Cetakan Ketigabelas,

Yogyakarta: Liberty Offset

Tung, L. L., Tan, P. L. J., Chia, P. J. T., Koh, Y. L., dan Yeo, H. L., 2001. An Empirical Investigation

of Virtual Communities and Trust, Proceedings of Twenty-Second International Conference on

Information Systems, pp. 307-319.

Yousafzai, S. Y., Pallister, J. G., dan Foxall, G. R., 2003. A Proposed Model of Etrust for Electronic

Banking, Technovation, 23: 847-860

Lembong E. Prospek Ilmu dan Profesi Farmasi di Masa Mendatang. Pharos Bulletin Jakarta,

; (4): 15-16.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.922

Article Metrics

Abstract views: 41 | Untitled views: 23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Management, Business and Education (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
© ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics