Pengaruh E-Service Quality Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Layanan Grabfood
(1) Universitas Telkom
(2) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan e-service quality dan promosi yang terdapat pada layanan GrabFood serta dampaknya terhadap kepuasan pelanggan pada layanan GrabFood. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif dan kausal. Adapun skala pengukuran yang digunakan adalah skala likert. Sampel dalam penelitian ini diperoleh sebanyak 100 orang yang merupakan pengguna layanan GrabFood di Indonesia yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS ver. 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel e-service quality dan promosi, baik secara parsial maupun simultan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada layanan GrabFood. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, diketahui pengaruh e-service quality dan promosi terhadap kepuasan pelanggan pada layanan GrabFood sebesar 61,9% dan sisanya sebesar 38,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anugrah, F. T. (2020). Effect of Promotion and Ease of Use on Customer Satisfaction and Loyalty on OVO Application Users. Quantitative Economics and Management Studies, Vol. 1, No. 2, hal. 44-50.
Astuti, Diah Laely. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Serayu . Jurnal Ekonomi, Bisnis & Entrepreneurship, Vol. 11, No. 2, Oktober, hal. 123-136.
Dianti, S. (2018). Pengaruh Harga, Pelayanan dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Angkutan Gojek Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.
Faradina, A., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 5, No. 7, Juli, hal. 1–18.
Jannah, R., Mappatompo, A., & Haanurat, I. (2019). The influence of product quality, service quality and price on customer satisfaction and loyalty. Proceeding of the 3rd International Conference on Accounting, Business & Economics, 1(4): 201-206.
Jayani, Dwi Hadya (2021, Januari 22). Potensi Bisnis Pesan-Antar Makanan Daring Makin Besar. Diambil dari katadata.co.id. (Diakses 22 Januari 2021).
Kotler, P., dan Keller, K. (2016). Marketing Management (15th ed). Edinburgh Gate, Harlow, England: Pearson Education.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Alfabeta.
Mediti, Oktavianus Chrisnamurti Sabda Putra (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Elektronik Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol. 8, No. 4.
Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), Vol. 1, No. 1, Februari, hal. 1-10.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F. & Chandra, G. (2016). Service, Quality and Satisfaction 4th edition. Yogyakarta: Andi.
Vallery, Novita, H S. S. (2020). Effect of Price, Service Quality and Promotion on Customer Satisfaction Grab. Jurnal Mantik, 3(4): 31–38.
Widiarini, Annisa Dea (2020, 10 Maret). Berkat Digitalisasi, Semua Aktivitas Kini Berada di Genggaman. Diambil dari https://lifestyle.kompas.com. (Diakses 20 Desember 2020).
DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v6i2.1019
Article Metrics
Abstract views: 2031 | PDF views: 1710Refbacks
- There are currently no refbacks.
© ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan | View Probank Stats |