Kajian Keputusan Pembelian Konsumen Produk Kecantikan Merek Oriflame Di Yogyakarta

Juni Trisnowati(1*) , Renza Dian Nur Indah Sari(2)


(1) Universitas Surakarta
(2) Universitas Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen atas produk kecantikan merek Oriflame di Yogyakarta. Faktor-faktor yang dikaji dalam penelitian ini adalah citra merek, promosi, dan harga. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk kecantikan merek Oriflame di Yogyakarta, dimana jumlahnya tidak diketahui secara pasti. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling, dengan jumlah sampel 100 responden. Jenis data merupakan data primer, dimana metode pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini menyatakan bahwa citra merek (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), promosi (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), dan harga (X3) berpengaruh signifikan. tentang keputusan pembelian (Y). Secara simultan citra merek (X1), promosi (X2), dan harga (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,824 yang artinya variabel bebas yang terdiri dari citra merek, promosi, dan harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Oriflame sebesar 82,4%, sedangkan sisanya 17,6% dipengaruhi oleh faktor lain

Keywords


citra merek, promosi, harga, dan keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Adisaputro, G. (2010). Manajemen Pemasaran (Analisis Untuk Perancangan Strategi Pemasaran). Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Ahmad, M. (2020). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Oriflame di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis , 25-31.

Alma, B. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Assael, H. (2001). Consumer Behavior. Edisi Keenam. New York: Thomson Learning.

Devy, S., & Sinulingga, N. (2018). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor pada PT Rotella Persada Mandiri. Journal of Management Science (JMAS) , 18-23.

Fure, F., Lapian, J., & Taroreh, R. (2015). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Komsumen di J.CO Manado. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Komsumen di J.CO Manado”. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (Jurnal EMBA) , 367-277.

Haryono, T. (2012). Manajemen Promosi. Surakarta: UNS Press.

Herlambang, S. (2014). Basic Marketing (Dasar-dasar Marketing) Cara Mudah Memahami Ilmu Pemasaran. Yogyakarta: Gosyeng Publishing.

Kertajaya, H. (2007). Hermawan Kertajaya on Marketing. Edisi Soft Cover. Bandung: Mizan Media Utama.

Khasanah, A., & Darsin. (2017). Meningkatan Minat Beli Oriflame yang Berdampak pada Kepuasan konsumen. Journal of Management , 1-7.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran, Analisis Perencanaan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi ketiga belas Jilid 2. Alih Bahasa Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, P., & Keller, K. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks kelompok Gramedia.

Kurniawan, F., Arifin, Z., & Fanani, D. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Kepada Para Siswa SMAN 15 Surabaya Kelas XII yang Menggunakan Laptop bermerek Asus). Jurnal Administrasi Bisnis , 75-81.

Permana, D. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu dan Pintu PT. Piji di Jawa Timur. Permana D.I. “Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk LantaiPerforma. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis , 116-123.

Prasetijo, R., & Ihalauw, J. (2005). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Sangadji, E., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Sari, D., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Kajian pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis (JPEB) , 73-83.

Setiadi, N. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.

Susanti I.Y., Tjahyono E., dan Nasution U.Ch. “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis , 1-6.

Sutrisno N.A.R.A., Widodo J., dan Zulianto M. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan pembelian Produk RM Ayam BakJurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial , 259-263.

Swastha, B., & Handoko, H. (2013). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE UGM.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi Offset.

Utomo,L.B., Trisnowati, J. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembeli pada Smooting, Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah , 14-19.

Wulandari P.P., Widayanto. 2020. “Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis , 1-9.

Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Konsumen di Morning Bakery Batam. Inovbiz. Jurnal Inovasi dan Bisnis , 123-136.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v6i2.1082

Article Metrics

Abstract views: 427 | PDF views: 319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats