Motivasi Belajar sebagai Faktor Dominan Mempengaruhi Prestasi Siswa
(1) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
(3) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini yakni penelitian kuantitatif memakai data (1) data primer, (2) data sekunder. Populasi siswa SMK Negeri 1 Sragen yang duduk dikelas XII sejumlah 504 siswa. Sampel yang diambil yakni sebanyak 20% dari populasi, yakni 504x20%= 100, 8 dibulatkan menjadi 100 responden dengan teknik random sampling. Teknik analisis menggunakan program SPSS yang dipakai guna menguji instrument penelitian (uji validitas serta reliabilitas), uji asumsi klasik, analisi regresi linier berganda, uji t, serta uji koefisien determinasi. Hasil analisis menerangkan bahwasanya ada pengaruh secara bersama-sama yang positif serta signifikan lingkungan keluarga, kemandirian siswa, keaktifan siswa serta motivasi belajar terhadap prestasi siswa di prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Ada pengaruh yang positif serta signifikan lingkungan keluarga terhadap prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Ada pengaruh positif serta signifikan kemandirian siswa terhadap prestasi siswa di prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Ada pengaruh positif serta signifikan keaktifan siswa terhadap prestasi siswa di prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Ada pengaruh positif serta signifikan motivasi belajar terhadap prestasi siswa di prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Motivasi belajar yakni variabel paling besar dalam mempengaruhi prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen. Hasil koefisien determinasi menunjukkan prestasi siswa di SMK Negeri 1 Sragen dapat dijelaskan oleh faktor lingkungan keluarga, kemandirian siswa, keaktifan siswa dan motivasi belajar sebesar 90%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achdiyat, M. & Lestari, K.D. 2016. Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri dan Keaktifan Siswa di Kelas. Jurnal Formatif, 6 (1). 50-61
Achmad, Dinar dan Bernard, 2020. Pengaruh Keaktifan Belajar, Kemandirian Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP. Journal Issues in Mathematics Education (hal. 11 – 17) Vol. 4. No. 1, Maret 2020 http://www.ojs.unm.ac.id/imed
Aini, P. N, 2012. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. X, No. 1, Tahun 2012 Pratistya Nor Aini & Abdullah Taman Halaman 48 – 65
Anggraini, 2019. The Effect Of Entry Selection Path And Family Environment On Accounting Students’ Learning Achievement With Learning Motivation As Intervening Variable. Journal of Educational Innovation. 6(2), December 2019 e-ISSN: 2549-8673, p-ISSN : 2302 – 884X
Basuki, K.H, 2015. Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif 5(2): 120-133, 2015 ISSN: 2088-351X
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Efriza, Caska & Makhdalena, 2020. Analysis of Factors Affecting Student Learning Achievement of Social Sciences Subjects in Muhammadiyah Middle School Rokan Hulu Regency. Journal of Educational Sciences Vol. 4 No. 3 (July, 2020) 529-540
Hamzah B. Uno, 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya, Jakarta: PT Bumi Aksara
Indah, Nurmaya & Khairunnisa, 2020. Korelasi Antara Lingkungan Keluarga Dengan Kemandirian Belajar Siswa Di SMP Negeri 7 Kota Bima. Guiding World Jurnal Bimbingan Dan Konseling Volume 03, Nomor 01 Mei 2020 E-ISSN: 2614-3585
Irmaya, Rsdarty & Setyadarma, 2021. Interest in Continuing To Higher Education Based on Learning Achievement (Study On Students of SMA Negeri Sekota Semarang). Journal of Economic Education JEE 10 (2) 2021 : 102–112
Kurniawan, Effendi & Dwita, 2018. The Effect of School Environment, Family Environment and Learning Motivationon Students’ Learning Performance. Advances in Economics, Business and Management Research, volume 57 No. 3, 2018
Jiboye, Salaudeen & Adejumo, 2019. Mental ability, Self-esteem and Learning Styles as Correlate of Creativity among High Achieving Secondary School Students in Oyo State. International Journal of Innovation, Creativity and Change. www.ijicc.net Volume 4, Issue 4, May, 2019
Mantili, 2018. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas VIII SMPN 12 Palangka Raya. Jurnal MERETAS Juni 2018, Volume 5 Nomor 1
Martinis , Y. (2007). Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press
Mawarsih, Susilaningsih, & Hamidi, 2013.Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Jumapolo. JUPE UNS, Vol. 1,No. 3, Hal 1 s/d 13 Juni 2013
Mulyaningsih, I, E, 2014. Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 20, Nomor 4, Desember 2014
Purwaningsih, Sri. 2018. Pengaruh Keaktifan Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Materi Turunan Fungsi Pada Siswa Kelas XI IS 2 SMA N 15 Semarang. Jurnal Karya Pendidikan Matematika Vol 5 No 2 (2018) E ISSN : 2549 – 8401 P ISSN : 2339-2444
Prianti, E. Nita, 2020. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa SMA Negeri Wilayah Kabupaten Pandeglang – Banten. Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan- Universitas Banten Jaya | P Vol. 3, No. 2, Agustus 2020 | P-ISSN: 2622-9862 | E-ISSN: 2622-707X
Ramlah, Firmansyah & Zubair, 2014. Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi Vol.1 No. 3 September - Nopember 2014: 68-75
Santoso I.B, 2019. Pengaruh Keaktifan Organisasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta Periode 2019-2020. Jurnal Ilmu Manajemen, Volume 16, Nomor 2, 2019
Sardiman, 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers,
Sinaga & Eyeyana, 2018. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa pada Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Matematika. Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA Vol. 1, No. 3, Desember 2018, pp. 259-268 p-ISSN: 2615-7756 e-ISSN: 2615-7748
Slameto. 2013 Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Belajar. Jakarta : Bineka Cipta
Syah, 2016. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya
Uno, Hamzah B. 2006. Teori Motivasi Belajar & Pengukurannya.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Umar & MAKALUNSENGE, 2020. The Influence Of The Family Environment On Student Learning Outcomes In IPS Lesson In Sdn 83 Kota Tengah Kota Gorontalo. International Journal Of Innovations In Engineering Research And Technology [IJIERT] ISSN: 2394-3696 Website: ijiert.org VOLUME 7, ISSUE 12, Dec.-2020
Widana, N.W.S, 2016. Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Singaraja. Ekuitas – Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 4 No. 2 Desember 2016
Yonitasari & Setiyani, 2014. Pengaruh Cara Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Magelang Tahun Ajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal EEAJ 3 (2) (2014)
DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v1i1.1176
Article Metrics
Abstract views: 329 | PDF views: 229Refbacks
- There are currently no refbacks.
© ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan | View Probank Stats |