Kemandirian, Fasilitas, Motivasi dan Budaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa
(1) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
(2) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
(3) Fakultas Ekonomi Universitas Islam Batik Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan riset ini yakni guna menguji serta menganalisis peran kemandirian siswa, fasilitas, motivasi dan budaya belajar kepada prestasi belajar siswa kelas XII SMK Negeri 1 sragen. Teknik analisis memakai analisi regresi linier berganda, uji instrument (uji validitas serta uji reliabilitas), uji asumsi klasik, uji F, uji t, serta uji Koefisien Determinasi. Populasinya yakni total 180 siswa, dengan teknik Purposive sampling dan masing-masing kelas diambil 15 responden (5 kelas) sehingga sampel sebanyak 75 responden. Hasil analisis menunjukkan terdapat dampak positif yang besar secara bersamaan terkait kemandirian siswa, fasilitas belajar, motivasi belajar serta budaya belajar kepada prestasi belajar. Terdapat dampak positif yang besar terkait kemandirian siswa kepada prestasi belajar. Terdapat dampak positif yang besar terkait fasilitas pembelajaran kepada prestasi belajar. Terdapat dampak positif yang besar terkait motivasi belajar kepada prestasi belajar. Terdapat dampak positif yang besar terkait budaya belajar kepada prestasi belajar. Hasil analisis menerangkan bahwasanya prestasi belajar kelas XII SMK Negeri 1 Sragen bisa dijelaskan oleh kemandirian siswa, kemandirian siswa, motivasi belajar dan budaya belajar sebanyak 70% serta sisanya sebanyak 30% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak ikut di observasi dalam riset ini. Misalnya, kreativitas belajar, pendidikan orang tua serta gaya belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustina, 2015. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa dan Fasilitas Belajar di Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi (KKPI) Siswa Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Kosgoro 3 Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2013- 2014. Equlibrium Volume 3 Nomor 1 Januari 2015
Amalia, 2017. Pengaruh Motivasi Belajar, Budaya Sekolah, Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Metta Maitreya Pekanbaru. Pekbis Jurnal, Vol.9, No.2, Juli 2017 : 114-124
Arikunto, Suharsini, 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi ketiga
Arrixavier & Wulanyani, 2020. Peran fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana 2020, Vol.7, No.1, 81-90 e-ISSN: 2654 4024; p-ISSN: 2354 5607
Cynthia, Martono & Indriayu, 2019. Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS DI SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol. 2 No. 4 Maret 2019
Dimyanti dan Mudjiono, 2012. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rineka Cipta,hal.18
Djaali, 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Djamarah, S.B, 2006. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2006) ,hlm 45.
Faisal, Rapi & Damayanti, 2019. Pengaruh Tingkat Kemandirian Belajar Dan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik. Jurnal Al-Ahya Volume 1 Nomor 3 Oktober 2019
Ghozali, Imam, 2017. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS Jakarta: Salemba Empat
Gujarati, Damodar, 2018. Ekonometrika Dasar. Erlangga. Jakarta
Habibah, Murtini & Murwaningsih, 2019. Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Kemandirian Peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Di SMK Negeri 1 Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran Volume 3, No 1, Februari 2019 Online: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap
Hamzah B. Uno, 2018. Model Pembelajaran Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hlm 213
Handayani & Kurnia, 2019. Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Terhadap Prestasi Siswa Melalui Budaya Sekolah Sebagai Mediasi Pada Siswa SMA Negeri Di Kecamatan Tanah Putih. JMBT (Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan) Vol.x No.x Oktober 2019 Hlm.68-7
Handoko, T. Hani, 2015. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Edisi 2. Yogyakarta : BPFE
Hastoni, Pujiastuti & Elfitra, 2020. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMK Maitreyawira Tanjungpinang Tahun Ajaran 2019/2020. Jermal : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 1, No. 1, Maret 2020
Hidayat & Bangkalan, 2015. Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas IX IPS DI MAN Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 3. No. 1, Tahun 2015
Janah & Darminto, 2019. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Kreativitas Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Purworejo. Jurnal Ekuivalen Vol. 2 No. 3 Hal.167-171
Jeffrey & Zein, 2017.The Effects Of Achievement Motivation, Learning Discipline And Learning Facilities On Student Learning Outcomes. International Journal of Development Research Vol. 07, Issue, 09, pp.15471-15478, September, 2017
Kuncoro, Mudrajad, 2018. Metode Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Edisi 1, AMP YKPN, Yogyakarta
Kurniawati, Zakaria & Sakdiyah, 2020. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Oran Tua Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa FKIP Ekonomi Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Masiswa Pendidikan Ekonomi, 1 (1) (2020) http://jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-ekonomi/index E-ISSN: 2746-7775
Marzuki1, Asih, And Wahyudin, 2019. Creative thinking ability based on learning styles reviewed from mathematical communication skills. Journal of Physics: Conf. Series 1315 (2019) 012066 IOP Publishing doi:10.1088/1742-6596/1315/1/012066
Matus D.A, 2016. Pengaruh Tingkat Pendapatan Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Serta Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Di Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 4. No. 2, Tahun 2016
Moh. Haitami Salim & Syamsul Kurniawan, 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media), hal. 27
Mulyasa, 2014. Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Remaja Rosyada Karya
Nasution, 2019. Berbagai Pendidikan dalam Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2019), hal. 94
Nugraha & Ambiyar, 2018. Pengaruh Budaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ketrampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Inovasi Vokasional dan TeknologiVolume 18 Number 2, 2018 ISSN: 1411 – 3411 (p) ISSN: 2549 – 9815 (e) DOI : 10.24036/invotek.v18i2.295
Nurlia, Hala, Muchtar, Jumadi & Taiyeb, 2017. Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 2, Edisi April 2017
Pancarita & Haryani, 2020. Hubungan Pemanfaatan Fasilitas Belajar da Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs. Jurnal Pendidikan, Volume 21, Nomor 2, Desember 2020, 118 – 126 e-ISSN 2723-0503 ISSN 1411-481
Reskia & Zulnuraini, 2014. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SDN Inpres 1 Birobuli. Elementary School of Education E-Journal, Media Publikasi Ilmiah Prodi PGSD Vol 2, Nomor 2, Juni 2014
Rifa’i, achmad dan Chatarina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES PRESS
Roskiana, Savalas, Sukib, 2020. Hubungan Pemanfaatan Fasilitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Mataram Tahun Ajaran 2018/2019. Chemistry Education Practice, 3 (1), 2020 – 30
Rosmayant & Yanuarti, 2018. THe Relationship Between Students’ Motivation And Their Learning Achievement. Project (professional Journal of English Education) Volume 1, No. 6, November 2018 p–ISSN 2614-6320 e–ISSN 2614-6258
Samuel, 2014. Pengaruh Budaya Belajar, Strategi Pengajaran Dosen, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UKSW. Journal of Educational Social Studies JESS 3 (2) (2014) ISSN 2252-6390
Slameto, 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soetopo & Soemanto, 2019 Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan, Surabaya: Usaha Dagang
Sofyan & Ratumanan, 2018. Pengaruh Aktivitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 21 Ambon JUPITEK Jurnal Pendidikan Matematika | Desember 2018, Volume 1 Nomor 1, Hal. 17 – 24
Sugiyono, 2018. Metodologi Penelitian Bisnis, Cetakan Keenam, CV. Alpabeta, Bandung
Sumarnie, 2020. Pengaruh Motivasi Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri Hanua Ramang Kecamatan Banama Tingang. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati Vol. 16 No. 1, Juni 2020
Suryosubroto, 2014. Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta
Tokan, M.K, & Imakulata, 2019. The effect of motivation and learning behaviour on student achievement. South African Journal of Education, Volume 39, Number 1, February 2019
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Grasindo
Uki & Ilham, 2020. Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Di SDN 03 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal Vol. 6 No. 1 Januari 2020. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/AKSARA/index
Umi Chulsum & Windy Novia, 2006. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Surabaya: Kashiko, 2006), hal.547
Wulansari, 2016. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Minat Terhadap Prestas Belajar Pelajaran Ilmu Pengetahuan. Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 2 Juli 2016, hal 141-156
Zakaria, Harapan & Puspita, 2020.The Influence of Learning Facilities and Motivation On Student’s Achievement. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT) Vol. 20 No. 2 May 2020, pp. 284-290 ISSN: 2509-0119.
DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v1i1.1177
Article Metrics
Abstract views: 415 | PDF views: 342Refbacks
- There are currently no refbacks.
© ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan | View Probank Stats |