Historical Study Of Promotion Philosophy In Marketing Kajian Historis Filosofi Promosi Dalam Pemasaran

Anis Okta Cahyaningrum(1*) , Mugi Harsono(2)


(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Sebelas Maret
(*) Corresponding Author

Abstract


Promosi dalam pemasaran sering dipandang sebagai hal yang krusial yang berhubungan dengan harapan dari produsen atau distributor terkait dengan kenaikan angka penjualan. Promosi berasal dari bahasa Latin “Promovere†yang berarti "bergerak maju" atau “mendorong maju†atau “memajukan suatu gagasanâ€. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi dari promosi adalah perkenalan dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya.  Oleh karena itu juga dipperlukan adanya sebuah kajian historis filosofi dari promosi dalam pemasaran dari dimensi ontologi, epistimologi dan aksiologi kemudian dilanjutkan dengan pembahasan perkembangan promosi di era digital.


Keywords


promosi dalam pemasaran, filosofi, ontology, epistimologi, aksiologi

Full Text:

PDF

References


Amiruddin , F. (2020, April 19). Cabang Filsafat: Epistemologi. Retrieved from fikriamiruddin.com: https://www.fikriamiruddin.com/2020/04/filsafat-epistemologi.html#comment-form

Bitner, M. J., Zeithaml, V. A., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm (7 ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Dr. Agustinus W. Dewantara, S. M. (2017). FILSAFAT MORAL Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. Sleman : PT KANISIUS.

filsafat. (2018, Juny 1). Aksiologi Ilmu Sebagai Sarana Pengembangan Iptek Berwajah Kemanusiaan. Retrieved from filsafatilmu.filsafat.ugm.ac.id: https://filsafatilmu.filsafat.ugm.ac.id/2018/06/01/aksiologi-ilmu-sebagai-sarana-pengembangan-iptek-berwajah-kemanusiaan/

Hamdani. (2019). AKSIOLOGI ILMU PENGETAHUAN DAN KEISLAMAN (INTERKONEKSI NILAI-NILAI KEISLAMAN). Al-Ibrah, 25-27.

Hari, A. H. (2013). Abdul Hadi Hari. Kiat BISNIS, 77-79.

Hari, A. H. (2022). MENGEMBANGKAN ILMU DAN PRAKTEK MANAJEMEN MELALUI CRITICAL MANAGEMENT STUDIES. OPTIMAL, 55-58.

Irawan, W. (2017 ). PROBLEM MENDASAR YANG MUNCUL DARI PERKEMBANGAN ILMU DI BIDANG HUKUM. ilmu Hukum, 124-127.

Juneman, & Pradipto, Y. D. ( 2013). ILSAFAT ILMU SEBAGAI LANDASAN HOLISTIS PENGEMBANGAN ILMU PSIKOLOGI . HUMANIORA, 540-546.

Kamarusdiana, M. (2018). FILSAFAT HUKUM . Jakarta : UIN jakarta press.

Kocak, A. (2009). The effects of entrepreneurial marketing on born global performance. Marketing, 439-452.

Lebih Dekat dengan Aksiologi, Teori Tentang Nilai dalam Pendidikan Islam. (2020, Desember 17). Retrieved from gurupenyemangat.com: https://www.gurupenyemangat.com/2020/12/aksiologi-teori-tentang-nilai-dalam-pendidikan.html

McDonagh, A. P. (2014). Sustainability Marketing Research: Past, Present and Future. Journal of Marketing Management , 77-80.

Promosi Menggunakan Pendekatan Fungsional atau Psikologis? (n.d.). Retrieved from zahiraccounting.com: https://zahiraccounting.com/id/blog/promosi-menggunakan-pendekatan-fungsional-atau-psikologis/

Purbohastuti, A. W. (2021). EFEKTIVITAS BAURAN PEMASARAN PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN INDOMARET. Jurnal Sains Manajemen, 4-6.

Rokhmah, D. ( 2021). ILMU DALAM TINJAUAN FILSAFAT ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI . Jurnal Studi Keislaman, 174-178.

Umam. (n.d.). Pengertian Promosi (Promotion) : Pengertian Dari Ahli, Jenis, dan Contohnya. Retrieved from gramedia.com: https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-promosi/

Wijiharjono, N. (2013). Pendekatan Teori Kritis dalam Studi Bisnis dan Ekonomi. Sulesana, 38-39.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v8i1.1447

Article Metrics

Abstract views: 372 | PDF views: 466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats