Faktor-Faktor Pembentuk Keputusan Pembelian Pelumas Dalam Brand ‘Top 1’

Fauzi Baisyir(1*) , Melani Quintania(2)


(1) Universitas Darma Persada, Jakarta
(2) Universitas Darma Persada, Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk keputusan pembelian pelumas pada merek top 1 yang terdiri dari marketing mix, brand image, dan harga. Kategori penelitian adalah kausalitas dengan menggunakan penelitian survei dengan pendekatan metode kuantitatif. Data primer digunakan dalam penelitian ini dengan alat bantu yaitu kuesioner, studi literatur, dan pencarian internet. Analisis data penelitian ini dengan teknik statistik melalui uji regresi berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa faktor-faktor pembentuk keputusan pembelian pelumas pada merek 'Top 1' memiliki pengaruh yang kuat berdasarkan bauran pemasaran, citra merek, dan faktor harga sebesar 55,4 persen dan didominasi oleh pengaruh tertinggi yaitu variabel harga. Hasil uji statistik empiris membuktikan bahwa variabel citra merek dan harga secara signifikan menentukan pembentukan keputusan pembelian. Sebaliknya variabel bauran pemasaran tidak secara signifikan menentukan pembentukan keputusan pembelian

Keywords


brand image, harga, pembentuk keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


Apriyanto, P. P. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Produk Minyak Rem Prestone pada PT Autochem Industry Cabang Surabaya. Manajemen. Surabaya: STIE Mahardhika.

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Journal of Pembangunan Jaya University, 3, 49-56. doi:10.36262/widyakala.v3i0.24

Arfiani, N. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Reference Group terhadap Keputusan Pembelian Pelumas Sepeda Motor Pertamina Enduro 4T di Jakarta. Jakarta: Jurnal Ilmiah Universitas Bakrie.

Baisyir, F., & Quintania, M. (2021). Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. Journal of Management Review, 5(1), 621-631. doi:10.25157/mr.v5i1.5137

Dalley, S. (2022, October 12). What Is Transportation Technology? (Built In) Retrieved January 2023, from Transportation Tech.: https://builtin.com/transportation-tech

Eurol. (2022, May 2). All You Need to Know about Coolant. Retrieved Janary 2023, from https://eurol.com/en/increase-your-knowledge-of-coolants/

Fahrurrozi, M., Soekiman, J. S., Gheta, A. K., Sudaryana, Y., & Husain, T. (2020, January-February). Business to Business ecommerce and Role of Knowledge Management. TEST Engineering & Management, 82, 16347-16357.

Fasha, R. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Retailer dalam Pembelian Produk Motul di Jabodetabek. Doctoral Dissertation. Institut Pertanian Bogor.

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran) (Cetakan 1). Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM Statistik SPSS 25 (9th Ed.). Semarang: BPFE.

Husain, T. (2019). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.

Indeed Editorial Team. (2023, March 1). What Is a Theoretical Model? (Plus How To Build One). Retrieved Maret 2023, from https://www.indeed.com/career-advice/career-development/theoretical-model

Indratama, A. B., & Artanti, Y. (2014, Oktober). Pengaruh Citra Merek Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Manajemen, 2(4), 1261-1272.

Kotler, P., & Keller, K. (2018). Marketing Management (15th Ed.). England: Pearson Education.

Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17th Ed.). United Kingdom: Pearson.

Lauw, J., & Kunto, Y. S. (2013). Analisa Pengaruh kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di The Light Cup Cafe Surabaya Town Square dan The Square Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1), 1-7.

M. Hult, G. T., & Morgeson, F. V. (2023, January 12). 10 Ways to Boost Customer Satisfaction. Retrieved February 2023, from Harvard Business Publishing: https://hbr.org/2023/01/10-ways-to-boost-customer-satisfaction

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran (1st Ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Marceilla. (2021). Analisa Perbandingan Pengaruh Bauran Pemasaran Produk Pelumas Merek Global dan Merek Global Terhadap Kepuasan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 4(4), 144–149. doi:10.24912/jmbk.v4i4.8677

Purwati, Setiawan, H., & Rohmawati. (2012, September). Pengaruh Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Metic Beat Studi Kasus Pada PT. Nusantara Solar Sakti. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (Jenius), 2(3), 260-277.

Quintania, M., Faturachman, D., Husain, T., Pasupati, B., & Taufik, A. (2021). Utilization of GPS Technology in The Maritime Sector on Motor Sailing Yachts. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. 698, p. 012039. IOP Publishing. doi:10.1088/1755-1315/698/1/012039

Simamora, B. (2001). Strategi Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.

Sulaiman, A., & Surya, D. (2018, Juni). Pengaruh Brand Extension Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Enduro Matic-G Melalui Citra Merek (Survey Pada Konsumen Pengguna Enduro Matic-G di Kota Serang). Jurnal Riset dan Bisnis Tirtayasa, 2(1), 67-81. doi: 10.48181/jrbmt.v2i1.3833

Sumarni, M., & Soeprihanto, J. (2010). Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan) (5thEd.). Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (II Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

TOP 1 OIL. (2018). About Us. Retrieved January 2023, from https://www.top1.co.id/about/sejarah.html

Widodo, G. D., & Marchyta, N. K. (2021). Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Oli Fastron di Kota Kupang. AGORA, 9(2).




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v8i1.1459

Article Metrics

Abstract views: 154 | PDF views: 174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats