Peran Personal Selling, Respon Nasabah Dan Minat Nasabah Untuk Meningkatkan Keputusan Nasabah Dalam Mengaktifkan Aplikasi Brimo Mobile Banking Melalui Kepuasan (Studi Pada Pt. Bri Unit Slogohimo 1 Cabang Wonogiri
(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung personal selling, respon nasabah dan minat nasabah terhadap keputusan nasabah dalam mengaktifkan aplikasi BRImo dengan kepuasan nasabah sebagai intervening. Penelitian termasuk jenis penelitian kuantitaif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket melalui Gform kepada nasabah sejumlah 3100 yang diambil sampel sebanyak 100 responden dengan cara accidental random sampling. Metode pengolahan data penelitian ini mencakup berbagai teknik analisis, seperti pengujian validitas, reliabilitas, linieritas, hipotesis dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Personal selling berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Respon nasabah berpengaruh positiftetapi tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah.Minat nasabahberpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.Personal selling berpengaruh positiftetapi tidak signifikan terhadap keputusan nasabah.Respon nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah.Minat nasabahberpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah.Kepuasan nasabah berpengaruh positiftetapi tidak signifikan terhadap keputusan nasabah.Secara bersama-sama personal selling, respon nasabah, minat nasabahdan kepuasan nasabah mempengaruhi keputusan nasabah.Variabel keputusan nasabah dapat dijelaskan sebesar 89,11% oleh faktor-faktor seperti personal selling, respon nasabah, dan minat nasabah, dengan kepuasan nasabah sebagai variabel intervening. Sisanya yaitu 10,89%, dapat dijelaskan kepada faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam model penelitian, seperti variabel lingkungan, dan komitmen organisasi.Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa jalur yang paling efektif dalam meningkatkan keputusan nasabah adalah melalui pengaruh langsung minat nasabah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agalela. (2019). Pengaruh Responsiveness Dan Empathy Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Penjualan PT. Yakult Indonesia Persada Cabang Bandar Jaya. JURNAL SIMPLEX, 2(3), 24–34.
Anggraeni, R., & Alaydrus, H. (2022). Digemari Nasabah, BRI (BBRI) Catat 16,1 Juta Pengguna BRImo di Kuartal I/2022. https://finansial.bisnis.com/read/20220504/90/1529787/digemari-nasabah-bri-bbri-catat-161-juta-pengguna-brimo-di-kuartal-i2022
Asmaaysi, A., & Cahyo, A. (2022). Subur! Bank Indonesia Ramal Transaksi Digital Perbankan 2023 Tembus Rp67.000 triliun. Finansial.Bisnis.Com. https://finansial.bisnis.com/read/20221216/90/1609389/subur-bank-indonesia-ramal-transaksi-digital-perbankan-2023-tembus-rp67000-triliun
Atma, F. W., & Nio, S. R. (2019). Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen Lazada Indonesia. Jurnal Riset Psikologi, 2019(1).
Aulia, W. (2019). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada PT. Bank Syariah Bukopin Cabang Medan. repository.umsu.ac.id. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/4218
BRI. (2022a). 7 Kelebihan Aplikasi BRImo Mobile Banking by Bank BRI. © 2022 - Cara Finance. https://www.carafinance.my.id/2022/03/7-kelebihan-aplikasi-brimo-mobile.html
BRI. (2022b). BRI Mobile Banking. PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. https://promo.bri.co.id/main/product/main/bri_mobile_banking
Dinasari, A. A. R., & Budiadi, S. (2015). Pengaruh Personal Selling Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Konsumen Menabung Britama Di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Sidoarjo. Junal Mahasiswa, 1–8.
Dipayanti, K. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Giant Extra Pamulang. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(1), 30–49.
Ediyanto. (2016). Pengaruh Sikap Dan Norma Subjektif Terhadap Minat Dan Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Perguruan Tinggi Universitas Abdurrachman Saleh Situbondo (UNARS). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis GROWTH, 14(2), 58–71.
Ervandi, M. Z., & Nainggolan, R. (2021). Pengaruh Personal Selling Dan Direct Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Thai Tea Di Surabaya. In … Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. journal.uc.ac.id. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/download/2075/1570
Ganesha, T. P., Rinanda, S., & Sanjaya, V. F. (2020). pengaruh harga, kualitas produk, dan kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian pada Thrift store di Instagram. Jurnal Enterpreneur Dan Bisnis (JEBI), 1(2), 129–135. https://doi.org/10.46757/demand.v2i1.140
Hamzyah. (2018). Pengaruh Responsiveness, Tangible, Dan Emphatyterhadap Kepuasan Pelayanan Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) Di Kabupaten Enrekang. In Skripsi Universitas Muhammadiyah Makassar.
Hernawan, E. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Lunica. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen, 10(2), 1–15. http://repository.stei.ac.id/id/eprint/6451%0Ahttp://repository.stei.ac.id/6451/3/BAB 2.pdf
Https://radarjogja.jawapos.com/ekonomi/. (2022). Volume Transaksi BRImo Tembus Rp 2.000 Triliun Meningkat 2 Kali Lipat. Radarjogja.Jawapos.Com/Ekonomi/. https://radarjogja.jawapos.com/ekonomi/2022/11/30/volume-transaksi-brimo-tembus-rp-2000-triliun-meningkat-2-kali-lipat/
Ihsan, M. N., & Sutedjo, B. (2022). Pengaruh brand image dan brand trust terhadap kepuasan konsumen dan dampaknya terhadap minat beli ulang. Forum Ekonomi, 24(1), 170–176. https://doi.org/10.30872/jfor.v24i1.10586
Indrawan, I. M. A., & Sudiksa, I. B. (2019). Pengaruh Store Environment Terhadap Respon Emosi Positif Dan Impulse Buying Yang Dimoderasi Situational Factor. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(4), 2071. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i04.p07
Iriani, I., Sasongko, T., & Murti, D. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Personal Sellingterhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Meteor Cell Malang. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansi, 10(2), 155–160.
Isnayni, A. N. (2021). Pengaruh Personal Selling dan Kualitas Produk Tehadap Minat Anggota Pada Produk Pembiayaan Murabahah di BMT NU Cabang Utama Sumenep. etheses.iainmadura.ac.id. http://etheses.iainmadura.ac.id/2751/
Jatmiko, L. D. (2022). BRI (BBRI) Catat Volume Transaksi Lewat BRImo Capai Rp1.345 Triliun pada 2021. Financial.Bisnis.Com. https://finansial.bisnis.com/read/20220313/90/1509976/bri-bbri-catat-volume-transaksi-lewat-brimo-capai-rp1345-triliun-pada-2021
Kosim, S. A. (2019). Pengaruh personal selling dan sales promotion terhadap keputusan pembelian laptop pada konsumen. Kosim, S. A. (2019). Pengaruh Personal Selling Dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Pada Konsumen. 5(02), 96–100., 5(02), 96–100.
Layaman, L., & Nilamsari, P. (2018). Analisis Pengaruh Margin Dan Personal Selling Terhadap Minat Nasabah. … Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/amwal/article/view/1694
Maghfiroh, I. (2017). Pengaruh Penjualan Personal, Promosi Penjualan Dan Citra Bank Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank BRI Mojokerto. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 21(2), 1689–1699. https://www.oecd.org/dac/accountable-effective-institutions/Governance Notebook 2.6 Smoke.pdf
Mas’ud, A. A., Rombe, E., & Nainggolan, E. P. (2018). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Perilaku Pembelian Ulang Konsumen Pada Café Dan Resto Bangi Kopitiam Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(1), 71–80. https://doi.org/10.22487/jimut.v4i1.107
Mayasari, S. (2023). BRImo Catatkan 23,85 Juta Pengguna pada Tahun 2022. Https://Keuangan.Kontan.Co.Id/. https://www.antaranews.com/berita/3456519/hingga-februari-2023-pengguna-brimo-tembus-25-juta
Meilissa, M. (2021). Pengaruh Personal Selling, Sales Promotion Dan Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Superindo Karya Gemilang Batam. repository.upbatam.ac.id. http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1242
Muiszudin, O. S. (2016). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Di PT.Arwana Internusa Tour Pontianak. Jurnal Manajemen MOTIVASI, 12(1), 626–632.
Nasti, N. (2017). Pengaruh Harga dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio. 1–8.
Nisaputra, R. (2022). Pengguna Tumbuh Masif, Transaksi BRImo Bisa Tembus Rp2.500 T Hingga Akhir 2022. Infobanknews.Com. https://infobanknews.com/pengguna-tumbuh-masif-transaksi-brimo-bisa-tembus-rp2-500-t-hingga-akhir-2022/
Prabowo, J. (2022). Pengaruh diferensiasi financial literacy dan promosi personal selling terhadap minat nasabah dalam menggunakan tabungan easy wadiah di bank syariah indonesia (Studi Pada Nasabah Pengguna Tabungan Bank Mandiri KC Bendungan Hilir Jakarta). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Purnomo, K., & Pranatasari, F. D. (2019). Event, Online Marketing, dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian di Snowy Station Surabaya. JurnaL Manajemen Dan Start-up …. https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/1352
Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526
Putra, E., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). Pengaruh diskon terhadap minat beli serta dampaknya pada keputusan pembelian (Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 38(2), 184–193.
Ramadhani, P. I. (2022). Pengguna M-Banking BRI BRImo Tumbuh 66 Persen pada Semester I 2022. Liputan6.Com, Juli. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5025367/pengguna-m-banking-bri-brimo-tumbuh-66-persen-pada-semester-i-2022
Ritonga, H. M., Dewi Nurmasari Pane, & Rahmah, C. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan dan emosional terhadap kepuasan pelanggan pada honda IDK 2 medan. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 30–44.
Sari, Y. N. (2020). PENGARUH PERSONAL SELLING DAN SALES PROMOTION TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA COSMETIC WARDAH (STUDI KASUS PADA …. repository.umsu.ac.id. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/5540
Sirait, S., & Sinaga, K. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Minat Nasabah Pada Perbankan Di Pematangsiantar. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis (EK&BI). http://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/EKBI/article/view/126
Sitompul, M. R. (2020). Pengaruh Personil Selling, Direct Marketing Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Ekspor-Import Pt. Kargo Transolusi. http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/67/
Suheriadi. (2022). BRI Sosialisasikan Digital Banking Lewat BRImo Colourful Run. Https://Www.Fortuneidn.Com/. https://www.fortuneidn.com/finance/suheriadi/melalui-brimo-colourful-run-bri-terus-tingkatkan-pengguna-brimo
Sukmawati, Y. (2019). Pengaruh Islamic Personal Selling terhadap keputusan pembelian produk asuransi syariah: Studi kasus pada PT Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Cabang …. digilib.uinsby.ac.id. http://digilib.uinsby.ac.id/31172/
Suparwo, A., Riana, D., & Sari, R. D. (2017). Pelaksanaan Personal Selling Dalam Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi (Vol. 1, Issue 2).
Syamnarila, A. P., Efendi, A., & Abdullah, W. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Charles & Keith Mall Ratu Indah Makassar. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 3(3), 15–25.
Vandayani, P., & Yulistia, A. (2021). Pengaruh Personal Selling Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei Pada Tasya Production Bandung). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e …, 7(2). https://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/744%0Ahttps://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/download/744/442
Victoria Putra, R., Machasin, & Nas, S. (2021). Pengaruh Sales Promotion, Personal Selling dan Advertising terhadap Keputusan Pembelian Produk Buku Terbitan CV. As Salam di Kota Pekanbaru. Jurnal Ekonomi KIAT, 32(1), 57–65. https://doi.org/10.25299/kiat.2021.vol32(1).7408
Wigastianto, I., & Wahyuningtyas, R. (2020). The influence of motivation and competence on employee performance at a Karawang concrete production plant. … Learning Organization in …. https://doi.org/10.1201/9781003010814-36
Wijaya, M. (2018). Analisis efektifitas personal selling terhadap keputusan nasabah asuransi PT. Asuransi Jiwa Bumiputera (Studi pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Kota Bandar Lampung). In Skripsi.
Yoga, M. S. T., Mismiwati, M., Pertiwi, C., & Riduwansah, R. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Personal Selling dan Kepercayaan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening di BMT Mitra Khazanah Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 11(1), 17–26. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v11i1.10375
Zuliatin. (2016). Pengaruh Personal Selling, Direct Selling dan Hubungan Masyarakat Terhadap Kepuasan Nasabah Studi Kasus pada BMT UGT Sidogiri KCP Kanigoro Blitar. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah, 3(1), 88–104.
DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v8i2.1625
Article Metrics
Abstract views: 241 | PDF views: 199Refbacks
- There are currently no refbacks.
© ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan | View Probank Stats |