Pengaruh Lokasi Outlet, Promosi, Personel, Atmospher, Product Mix dan Harga terhadap Keputusan Membeli di Outlet Bandara Internasional El Tari Kupang

Petra Surya Mega Wijaya(1*) , Budi Setyanta(2) , Hardono Hardono(3) , Tomasia Efrasia Gusmao(4)


(1) STIE Isti Ekatana Upaweda
(2) Universitas Janabadra
(3) STIE Isti Ekatana Upaweda
(4) STIE Isti Ekatana Upaweda
(*) Corresponding Author

Abstract


Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas bandara di Indonesia membuat industri penerbangan menjadi semakin maju dengan ditandai peningkatan jumlah penumpang pesawat yang cukup signifikan. Hal ini membuat outlet di bandara juga semakin banyak dikunjungi penumpang. Peningkatan jumlah pengunjung outlet di bandara menjadi fokus penelitian yang menarik dengan mengambil obyek penelitian di Bandara Internasional El Tari Kupang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh outlet location, promotion, personnel, atmosphere, product mix, price terhadap keputusan membeli di outlet. Sebanyak 100 responden diambil menggunakan teknik convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atmosphere, product mix, dan price berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli di outlet yang ada di Bandara Internasional El Tari Kupang, sedangkan outlet location, promotion, personnel tidak berpengaruh seraca signifikan.

Keywords


Location, Promotion, Personnel, Atmosphere, Product Mix, Price, Keputusan Membeli, Bandara Internasional El Tari

Full Text:

PDF

References


Agustini, N. K. D. A. (2017). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/jjpe.v9i1.19997

Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. MANEGGIO: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 4, no.1: 39-50. https://doi.org/10.30596/maneggio.v4i1.6766.

Ariyanto, M. W. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Varian Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Juragan Sambal Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN) 8, no. 1: 653-659. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n1.

Bayu, I., Ibrahim, J. T., Bakhtiar, A., & Mufriantie, F. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Komoditi Pertanian Di Pasar Tradisional Kepanjen Malang. Jurnal Agribest, 4(2), 108–122. https://doi.org/10.32528/agribest.v4i2.3547

Br Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134

Caniago, A., & Rustanto, A. E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada UMKM di Jakarta (Studi Kasus Pembelian Melalui Shopee). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Bidang Administrasi, Sosial, Humaniora Dan Kebijakan Publik 5, no. 1: 19-25. DOI: 10.24198/responsive.v5i1.39338

Ekhsan, M. (2019). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan 13, no. 1 : 1-13. https://doi.org/10.33558/optimal.v13i1.1734

Fahmi, I. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan: Citra Merek, Lokasi Dan Kualitas Produk. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(5), 565–572. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i5.565

Gofur, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4, no. 1: 37-44. DOI:10.36226/jrmb.v4i1.240.

Hastuti, M. A., & Anasrulloh, M. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ecobuss, 8(2), 99–102. https://doi.org/10.51747/ecobuss.v8i2.622

Hibatullah, N. (2019). Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan, Keragaman Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Tb. Rejeki Agung Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 8, no. 11: 1-18.

Hidayat, R., & Sujud, A. (2019). Pengaruh Atmosfer Toko, Lokasi Dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Planet Ban Margonda Raya, DEPOK. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(1). https://doi.org/10.47313/oikonomia.v15i1.641

Idrus, A., & Husen, S. (2014). Peran Kompetensi Untuk Mengatasi Gap Antara Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Personil Polri Di Bidang Teknologi Informasi Polda Papua. Jurnal EMBA 2, no. 1: 150-159. https://doi.org/10.35794/emba.v2i1 .

Khofifah, N. N. (2021). Pengaruh Harga Dan Varian Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Sophie Martin. Jurnal Manajemen, 1(1).

Krisbiyanto, A., & Nadhifah, I. (2022). Pengaruh Lokasi dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 20–31. https://doi.org/10.59373/academicus.v1i1.4

Latief, A. (2018). Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan, 7(1), 90–99. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.756

Maheza, V. G. (2015). Pengaruh Retail Mix Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Unagi Bali Handycraft And Souvenir Gallery Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud 4, no. 7: 1881-1901..

Maksum, M., & Satrio, R. B. (2018). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Wingstop. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 7, no. 12: 1-22.

Naim, F. E. (2022). Analisis Pengelolaan Ritel PT Angkasa Pura 1 di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Surakarta. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(5), 2111–2122. https://doi.org/10.55927/mudima.v2i5.314

Nurbiyanto, B., Sustiyatik, E., & Laely, N. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian Dan Hubungannya Dengan Loyalitas Pelanggan Pada Supermarket Xx. Risk : Jurnal Riset Bisnis dan Ekonomi 2, no. 1: 54-86. https://doi.org/10.30737/risk.v2i1.1752.

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi 4, no. 2: 60-69.

Parela, E. (2020). Pengaruh Varian Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Centra Batik Di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB), 1(1). https://doi.org/10.57084/jmb.v1i1.214

Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen 7, no. 1: 1-17. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i1.

Ramadani, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Handphone. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 1(2). https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.540

Rinjani, A., & Paludi, S. (2023). Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Daging Nusantara Kranggan. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(1), 262–273. https://doi.org/10.56799/jceki.v3i1.1916

Risanti, A. M., & Sulaeman, E. (2023). Analisa Pengaruh Marketing Mix 7p Terhadap Keputusan Pembelian Produk Dan Jasa (Studi Kasus Pada Bunda Collection Karawang). INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research 3, no. 3: 6987-7001. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i3.2941.

Rumajar, M. D., Tumbel, A. L., & Djemly, W. (2022). Pengaruh Lokasi Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warkop Kemang Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 266. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.41960

Sahak, S. Z., Yusof, A. W. M., Mudri, E. Y., & Saidin, S. (2018). The Effect of Retail Mix on Passengers’ Motivation to Shop at Airport Terminal Outlets. Journal of International Business, Economics and Entrepreneurship. https://doi.org/10.24191/jibe.v3i1.14438

Sanusi, M., Ridwan, A., & Khairiyah, Z. (2023). Pengorganisasian Personil Kepengurusan Pondok Pesantren Fathul Ulum Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran dan Ilmu Sosial 1, no. 3: 253-266. https://doi.org/10.61132/sadewa.v1i3.85.

Sinambela, E. A., Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2021). Pengaruh Citra Toko, Suasana Toko dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tambusai 5, no. 3: 10234-10241. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2607.

Siregar, A. H. (2020). Pengaruh Harga, Brand Image Dan Personal Branding Terhadap Keputusan Membeli Secara Online Di Toko Medan Top Galeri. Jurnal Ilmiah Smart 4, no. 2: 98-106..

Uceng, A., & Mustanir, A. (2019). Partisipasi Masyarakat Dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Di Desa Betao Riase Kecamatan Pitu Riawa Kabupaten Sidenreng Rappang. Jurnal MODERAT 5, no. 2: 18-32. http://dx.doi.org/10.25147/moderat.v5i2.2126.

Ulfah, A. K. (2021). Kinerja Personil Pemakai Sistem Informasi Akuntansi Setelah Pelatihan Sistem Informasi Akuntansi Pada Polda Aceh. Bis-a, 10(01), 1–7. https://doi.org/10.55445/bisa.v10i01.19

Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Pt. Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal EMBA 6, no. 4: 2058-2067. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20935.

Wibisono, S., Ilyas, A., & Bahri, K. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemi Covid-19 di @Adakopi Parung Bogor. Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen (JUPIMAN) 2, no. 4: 246-265. https://doi.org/10.55606/jupiman.v2i4.2758.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v9i1.1737

Article Metrics

Abstract views: 119 | PDF views: 49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats