Peran Mediasi Kepercayaan Merek Terhadap Niat Pembelian Kembali Oppo Di Solo Raya Dilihat Dari Aspek Social Influence Dan Salesperson Service)
(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui, menguji dan menganalisis peran mediasi kepercayaan merek terhadap niat pembelian kembali Oppo Di Solo Raya dilihat dari aspek social influence dan salesperson service. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan kuesioner. Sampel 100 responden. Analisis data dengan uji instrumen, uji linearitas, uji hipotesis, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji hipotesis Pengaruh sosial berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan merk. Servis tenaga penjual berpengaruh tidak signifikan terhadap kepercayaan merk. Pengaruh sosial berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian kembali. Servis tenaga penjual berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian kembali. Kepercayaan merk berpengaruh signifikan terhadap Niat pembelian kembali. Hasil uji F pada persamaan kedua diketahui besarnya nilai F = 45,815 signifikansi 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap niat pembelian kembali Pengguna handphone Oppo di Solo Raya. Hasil nilai R2 total sebesar 0,653 atau 65,3%. Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa: Pengaruh langsung pengaruh sosial terhadap niat pembelian kembali lebih besar dari pengaruh tidak langsung, sehingga untuk meningkatkan niat pembelian kembali lebih efektif melalui jalur langsung dalam meningkatkan niat pembelian kembali Pengaruh langsung Servis tenaga penjual terhadap niat pembelian kembali lebih besar dari pengaruh tidak langsung, sehingga untuk meningkatkan niat pembelian kembali lebih efektif melalui jalur langsung dalam meningkatkan niat pembelian kembali.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, B. M. S & Kitchen, P. J. 2010. The Relationship Between Sales Skil And Salesperson Performance And The Impact Of Organizational Commitment As Amoderator: An Empirical Study In A Malaysian Tellecomunications Company. International Journal Of Economic And Management
Bitner, M.J., Booms, B.H. and Tetreault, M.S. (1990). “The service encounter: diagnosing favorable and unfavorable tncidents”. Journal of Marketing, Vol.54, January, pp.71-84
Butcher, K., Sparks, B., & O’Callaghan, F. (2002). Effect of social influence on repurchase intentions. Journal of Services Marketing, 16(6), 503–514. doi:10.1108/08876040210443382
Dalrymple, Douglas J., William L. Cron & Thomas E. Decarlo. 2001. Sales Management, 7th Edition. Jhon Wiley & Sons Inc. New York
Ferdinand, A. (2005). Structural Equation Modeling. Semarang: BP Undip.
Ferdinand. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Multivariate Dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Goodwin, C. and Smith, K.L., (1990), “Cuurtesy and friendliness: conflicting goals for the service provider”. The Journal of Service Marketing, Vol.4 No.1, pp.5-20
Hair, J. F., Black, W. C., & Babin and Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis A Global Perspective. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Homburg, C., Wieseke, J., & Kuehnl, C. (2009). Social influence on salespeople’s adoption of sales technology: a multilevel analysis. Journal of the Academy of Marketing Science, 38(2), 159–168. doi:10.1007/s11747-009-0157-x
Indriani, Farida 2005. “Analisis Program Manajemen Penjualan yang Berorientasi pada Konsultasi dalam Mempengaruhi Kinerja Tenaga Penjualan”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol. IV, No. 2, p.105-130.
Kusuma, Adi Rah. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kompetensi Tenaga Penjualan, Dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Beli Ulang (Studi pada PT. Ratna Intan Kusuma di Semarang). Tesis. Universitas Diponegoro. Semarang
Lacobucci, D. and Ostrom, A (1993), “Gender differences in the impact of core and relational aspects of services on the evaluation of service encounters”. Journal of Cunsumer Psychology, Vol.2 No.3, Pp.257-286
Liu, Annie H. dan Mark P. Leach. 2001. Developing Loyal Customers with a Value-Adding SalesForce: Examining Customer Satisfaction and the Perceived Credibility of Consultative Salespeople, Journal of Personal Selling & Sales Management, Vol.XXI, No.2
Liu, Annie H. dan Mark P. Leach. 2001. Developing Loyal Customers with a Value-Adding SalesForce: Examining Customer Satisfaction and the Perceived Credibility of Consultative Salespeople, Journal of Personal Selling & Sales Management, Vol.XXI, No.2
Oktavia, R.T, Rahayu, M & Djawahir A.H, (2019). The effect of salesperson’s expertise and salesperson’s likeability through trust mediation. Management and Economics Journal Volume 3 Number 2, August 2019E-ISSN: 2598-9537 P-ISSN: 2599-3402. DOI: 10.18860/mec-j.v3i2.5846
Saeed. R, Nisar F, Lodhi R.N & Ahmad N, (2013). Impact of Sales Promotion on the Consumer Loyalty in the Telecommunication Industry in Pakistan. Journal of Basic and Applied Scientific Research 3(5)901-907, 2013 ISSN 2090-4304
Santoso, S. (2012). Analisis SEM Menggunakan AMOS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sekaran, U., & Bougie, R. (2010). Research Methods for Business, A Skill Building Approach. West Sussex, United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Yogyakarta: Alfabeta Bandung.
Tracy Meyer, Donald C. Barnes & Scott B. Friend (2017). The role of delight in driving repurchase intentions, Journal of Personal Selling & Sales Management, DOI: 10.1080/08853134.2016.1272052
Upamannyu, Gulati, Chack & Kaur, (2015). The Effect Of Customer Trust On Customer Loyalty And Repurchase Intention: The Moderating Influence Of Perceived CSR. International Journal of Research in IT, Management and Engineering ISSN 2249-1619, Impact Factor: 5.309, Volume 5, Issue 4, April 2015
Yu, Tsu-Wei dan Feng-Cheng Tung. 2015. Antecedents and consequences of insurersalesperson relationships, Marketing Intelligence & Planning, Vol. 32 Iss 4 pp. 436 – 454
DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v9i1.1740
Article Metrics
Abstract views: 75 | PDF views: 37Refbacks
- There are currently no refbacks.
© ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan | View Probank Stats |