PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA DAN PENERAPAN E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN TINGGI

Andri Octaviani(1*) , Hanif Safika Rizky(2)


(1) 
(2) STIE AUB SURAKARTA
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi mahasiswa  terhadap  kualitas  perguruan  tinggi.  2)  Untuk  mengetahui  apakah  terdapat  pengaruh peenerapan e-learning terhadap kualitas perguruan tinggi.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa STIE AUB Surakarta. Sampel penelitian ini sebanyak 120 mahasiswa diambil dari rumus Taro Yamame dan Slovin kemudian diambil secara proposional sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linier ganda.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Persepsi mahasiswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas perguruan tinggi 0,000, 2) penerapan e-learning   memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kualitas perguruan tinggi 0,003. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dapat dikatakan bahwa 20,7% kualitas perguruan tinggi mahasiswa STIE AUB Surakarta dapat dipengaruhi oleh variabel persepsi mahasiswa, penerapan e-learning. Selanjutnya sisanya yaitu 79,3% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor sosio demografi, faktor sikap, dan faktor kontekstual.


Keywords


Persepsi mahasiswa; penerapan e-learning dan kualitas perguruan tinggi

References


Anggoro, W. B. (2005). Penerapan e-Learning sebagai Langkah Universitas Islam Indonesia Meningkatkan Kualitas dan Efektivitas Penyelenggaraan Pendidikan Konvensional. Lomba Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Anwas, O. M. (2003). Model Inovasi e- Learning dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Teknodik. Edisi No.12/VII/Oktober/2003. (sumber: http://www.pustekkom.go.id/teknodik/t12/isi.htm)

Beam, P. (1997). Breaking the Sprinter’s Wrist: Achieving Cost-Effectiveness in Online Learning. The International Symposium onDistance Education and Open Learning. Bali, Indonesia: MONE Indonesia, IDLN, SEAMOLEC, ICDE, UNDP dan UNESCO.

Bullen, M. (2001). e-Learning and the Internationalization Education. Malaysian Journal of Educational Technology. Vol. 1, No. 1, p. 37-46.

Elangovan, T. (1997). Internet Based On-line Teaching Application with Learning Space. The International Symposium on Distance Education and Open Learning. Bali, Indonesia: MONE Indonesia, IDLN, SEAMOLEC, ICDE, UNDP dan UNESCO.

Hartanto, A.A. dan Purbo, O.W. (2002). Teknologi e-Learning Berbasis PHP dan MySQL. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Hashim, Y., dan Razmah. B. M. (2001). An Overview of Instructional Design and Development Models for Electronic Instruction and Learning. Malaysian Journal of Educational Technology. Vol. 1, No. 1, p. 1-7.

Kamarga, H. (2002). Belajar Sejarah melalui e-Learning: Alternatif Mengakses Sumber Informasi Kesejarahan. Jakarta: Inti Media.

Lewis, D. E. (2002). More Companies Seeing Benefits of E-Learning. A Departure from Training by the Book. The Boston Globe, Globe Staff. (sumber: http://bostonworks.boston.com/globe /articles/052602/elearn.html) Loftus, M. (2001). But What’s It Like?. Special Report on E-Learning.

Mulvihill, R. P. (1997). Technology Application to Distance Education. The International Symposium on Distance Education and Open Learning. Bali, Indonesia: MONE Indonesia, IDLN, SEAMOLEC, ICDE, UNDP dan UNESCO.

Purbo, O. W. (2001). Masyarakat Pengguna Internet di Indonesia. (sumber: http://www.geocities.com/inrecent/ project.html).

Siahaan, S. (2001). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. (sumber: http://www.depdiknas.go.id/Jurnal/ 42/sudirman.htm)

Soekartawi. (1995). Monitoring dan Evaluasi Proyek Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Press.

Soekartawi. (2002). Prospek Pembelajaran Melalui Internet. Seminar Nasional Teknologi Kependidikan. Jakarta: UT Pustekkom dan IPTPI.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v4i1.449

Article Metrics

Abstract views: 893 | PDF (Bahasa Indonesia) views: 737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats