PENGARUH PERCEIVED VALUE, E-LIFESTYLE, DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP REPURCHASE INTENTION PADA PENGGUNA KAI ACCESS DI INDONESIA

Firly Nur Fajriani(1*) , Arlin Ferlina Mochamad Trenggana(2)


(1) Telkom University
(2) Telkom University
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Perkembangan teknologi membuat para pelaku bisnis melakukan inovasi, salah satunya mobile ticketing yang merupakan pemesanan tiket secara online. Di era digital ini, konsumen mengutamakan nilai kepraktisan dengan pemanfaatan teknologi. Tujuan penelitian yaitu  mengetahui dan menganalisis pengaruh dan hubungan perceived value, e-lifestyle, online promotion,dan  repurchase intention pada pengguna KAI Access di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian dekriptif dan kausal dengan pendekatan kuantitatif. Kriteria populasi dalam penelitian ini yaitu berusia minimal 17 tahun, pengguna aplikasi KAI Access dengan minimal 1 kali transaksi, berdomisili di Jabodetabek dan Bandung. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan purposive sampling dan pengumpulan data dengan kuesioner offline dan online melalui google docs yang melibatkan 400 responden. Teknik analisis data yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perceived value, e-lifestyle, online promotion, berpengaruh secara positif terhadap repurchase intention dengan hasil skor sebesar 91,6%.

Kata Kunci: perceived value, e-lifestyle, online promotion, repurchase intention


Full Text:

Untitled

References


DAFTAR PUSTAKA

Abou., Al-Abdallah, Gaith M. (2013). The Effect of Promotional Mix on Internet Adoption in Jordanian Small and Medium Enterprise. The European Journal. Volume 8, Nomor 12

Adelia, S (2018). Pengaruh Online Promotion Terhadap Repurchase Intention dengan Consumer Perception sebagai Mediasi pada Travel Online, Jurnal Pemasaran, Vol 12, No 2 .

Aggi Panigoro, A. R. (2018, Maret ). Analisis E-lifestyle dan E-Word Of Mouth terhadap Repurchase Intention Secara Online. Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis , Vol 9 No 1, 1-9.

Alvara, Research. (2019 Desember 29). Traveloka Lebih Banyak Digunakan Milenial. Dipetik April 22, 2019, dari Aplikasi pembelian Tiket Online: https://tirto.id/traveloka-lebih-banyak-digunakan-milenial-ketimbang-tiketcom-edXE

Andik Kurniawan, A. R. (2018). Pengaruh Online Pomotion Terhadap Repurchase Intention. Jurnal Riset Manajemen, 1-17.

(BPS), (2018, Desember 30). Transportasi - Badan Pusat Statistik. Retrieved September 25, 2019, from Jumlah Penumpang Jarak Jauh: https://www.bps.go.id

(BPS), (2018, Desember 30). Transportasi - Badan Pusat Statistik. Retrieved Desember, 2019, from Jumlah Penumpang Kereta Api: https://www.bps.go.id/linkTableDinamis/view/id/815

Christine R. Pardede, S. J. (2018). The Influence Of Perceived Value And Trust On Repurchase Intention In SHOPEE Online Shopping. Vol 6, No 1, 1-27.

Hapsari, R Clemes, M. D. & Dean, D. (2017). The impact of service quality, customer engagement and selected marketing constructs on airline passenger loyalty. International Journal of Quality and Service Sciences, 9(1), 21-40.

Huang, C., Yen., & Chang, T (2015), The Relationship Among Brand Equity, Customers Satisfaction, and Brand Resonance to Repurchase Intention of Cultural and Creative Industries in Taiwan. International Journal of Organizational Innovation, Vol 6, Nomor 3, 106-120

Katadata. (2017, Desember 30). Apa Moda Transportasi Favorit Masyarakat. Dipetik Desember 8, 2019, dari Jumlah Penumpang KAI: https://databoks.katadata.co.id › datapublish › 2017/03/03

Kotler, P. &. (2014). “Principles of Marketing” (14thEdition). New Jersey: Pearson.

Li, Y. (2016).). Empirical Study of Influential Factors of Online Customers on Repurchase Intention. iBusiness journal, 48–60.

Moslehi, H, & Haeri, F. (2016). Effects of Promotion on Perceived Quality and Repurchase Intention, Volume 4, Nomor 12, 457-461

Nurayni D, Widiartono (2019). E-service quality, E-satisfaction, E-trust pada Costumer Aplikasi Mobile KAI Access di Semarang. Jurnal Marketing , Vol 16

Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Priyatno, D. (2012.). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Edisi Kesatu. Yogyakarta: ANDI.

Ponte, E.B. (2015). Influence of trust and perceived value on the intention to purchase travel online : Integrating the effects of assurance on trust antecedents. Tourism Management, Vol 47, 286-30 .

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT, Edisi Duapuluh Dua, Cetakan Keduapuluh Dua. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sumarwan, U. (2014). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta: PT Ghalia.

Sulianta, F. (2014). Web marketing. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tamasek, Google. (2018, November). E-Conomy SEA 2018: Dipetik Desember 8, 2019, dari Southeast Asia’s internet economy hits an inflection point https://www.thinkwithgoogle.com/intl/en-apac/tools-resources/research-studies/e-conomy-sea 2018-southeast-asias-internet-economy-hits-inflection-point/

Tjiptono, S. (2014). Riset Pemasaran Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Tontini Gerson, (2016, July). Identifying Opportunities for Improvement in Online Shopping site. Journal of Retailing and Consumer Services, Volume 31, 228-238 .

Widjaja. (2013). Lifestyle Marketing. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v5i1.569

Article Metrics

Abstract views: 1583 | Untitled views: 1291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 
©  ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
View Probank Stats