STRATEGI MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI PADA PELANGGAN SMARTHPHONE SAMSUNG
(1) STIE-AUB Surakarta
(2) STIE-AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi terhadap Kepuasan
Pelanggan Smarthphone Samsung di Surakarta, menganalisis pengaruh Citra merek, Kualitas Produk, Promosi,
dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Smarthphone Samsung Smarthphone Samsung di
Surakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah Pelanggan Smarthphone Samsung yang melakukan pembelian
lebih dari satu kali di Surakarta. Data berupa data primer melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan
Smarthphone Samsung di Surakarta. Data diuji menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisa jalur, uji t, uji F,
uji R2, Uji Korelasi. Secara parsial (uji t) : 1) .Variabel Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, berpengaruh
signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Smarthphone Samsung di Surakarta, 2).Variabel Citra Merek , Kualitas
Produk berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, sedangkan Promosi dan Kepuasan
Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Smarthphone Samsung di Surakarta. Variabel
Citra merek, Kualitas Produk, Promosi, dan Kepuasan Pelanggan secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap Loyalitas Pelanggan Smarthphone Samsung di Surakarta. Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, dan
Kepuasan Pelanggan mampu menjelaskan Loyalitas Pelanggan sebesar 60,42 % sisanya sebesar 39,58 %
dijelaskan oleh variable lain di luar model seperti : Harga, tempat, ikatan emosi, Kepercayaan, Kemudahan
transaksi, Pelayanan. Hasil Penelitian menunjukkan Kepuasan Pelanggan dapat dijadikan sebagai variable
intervening pada hubungan Citra Merek,Kualitas Produk terhadap Loyalitas pelanggan. Variabel Kepuasan
Pelanggan tidak dapat dijadikan sebagai variable intervening pada hubungan Promosi terhadap Loyalitas
pelanggan.
Kata Kunci : Citra Merek, Kualitas Produk, Promosi, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi. Cetakan Kelima.
CV. Alfabeta. Bandung.
Akbar, Muhammad Fadhli Dzil, Nawazirul Lubis dan Sari Listyorini. 2016. Pengaruh Citra Merek dan
Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian PadaPemilik Iphone. Universitas
Diponegoro. Skripsi.
Dwi Yana (2015). Pengaruh Cita Merek terhadap Kepasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal
Administrasi Bisnis (JAB), Vol21 No.1 April 2015.
Herawati dan Qomariyah (2017), Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan dengan
Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening, Bhirawa, Journal of Marketing and
Commerce, Vol.4 No.1 , 2017.
irawan, Andi. 2004. “10 Perinsi Kepuasan Pelanggan”, cetakan ke 6, PT. Elex media komputindo,
Jakarta.
Juhari. 2018. Perspektif Produk, Harga, Promosi, Dan Merek Dalam Keputusan Pembelian
Smarthphone Samsung. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pertiba Pangkalpinang. Skripsi.
Kafi Firmansyah dan Yohan Wismantoro, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro,
Pengaruh bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Sport Merek Yamaha
V-Ixion di Jepara, 2015.
Kotler, Philip dan Amstrong. 2001. Prinsip Manajemen. Jilid 1 Edisi Kedelapan. Alih bahasa oleh
Damas Sihombing. MBA. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi ke Sebelas jilid 1.Jakarta : PT indeks Kelompok
Gramedia
Kotler, P. & Keller, K.L. 2007.Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Jakarta : Penerbit PT Indeks
Kotler, P. & Keller, K.L. 2012.Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Jakarta : Penerbit PT Indeks
Kotler, Philip & Keller, Kevin L. 2009.Manajemen Pemasaran, edisi 13 Jilid I. Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip and Armstrong, G. 2010. Principles of Marketing, Thirteen Edition. Prentice Hall. New
Jersey.
Kotler, Phipip & Amstrong, Gary. 2013. Principles Of Marketing, Tenth Edition, New Jersey : Pearson
Prentice Hall
Lovelock, Christopher H. dan Lauren K. Wright. 2007. Manajemen Pemasaran Jasa.Cetakan II.
Indeks. Jakarta
Lyonita, Telly., Dyah Budiastuti. (2012). Analisis Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Pembelian yang Berdampak pada Loyalitas KonsumenPada PT. Telkom
Jakarta Selatan ( Produk Speedy ). Disertasi Doktor Bina Nusantara, Jakarta
Muhammed T. Nuseir dan Hilda Madanat, International Journal of Marketing Studies, Vol.7
No.4;2015. 4 Ps: A Strtegy to Secure Customers’ Loyalty via costomer Satisfaction
.Nela dan Hakim (2015), Analisis Pengaruh Harga, Citra Merek, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas
pengguna Smartphone Samsung di STIE Totalwin Semarang., Among Makarti,Vol.7 No.13, Juli
Pramudyo, Anung (2012), Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas melalui Kepuasan sebagai
Intervening, JBMA Vol 1 No.1 Agustus 2012.
Putra, Adhitya Wibawa. 2019. Ini Dia Pengusaha Smarthphone Di Indonesia Di Kuartal Pertama
Di ambil dari : https://gadgetren.com/2019/07/09/ini-dia-penguasa-smartphone-diindonesia-
di-kuartal-pertama-2019/. (09 Juli 2019).
Putra, Tri Hutomo dan Dahmiri. 2018. Pengaruh Iklan Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen Pada Produk Smarthphone Xiomi. Universitas Jambi. Skripsi
Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan plus Analisis kasus PLN-JP. Jakarta : Gramedia Pustaka
Utama.
Sherlin, Intan. 2017. Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merk Terhadap Keputusan Pembelian
Smarthphone Samsung. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sakti Alam, Kerinci, Indonesia. Skripsi.
Simamora, Bilson. 2003. Aura Merek. Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi.
Suciningtyas, Wulan. 2012. Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication
Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analycis Journal. Vol. 1 No 1 Agustus 2012.
Sumpu, Nofita dan Altje L.Tumbel. 2018. Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Pembelian Smarthphone Samsung. Universitas Sam Ratulangi Manado.
Skripsi.
Susanto, AB dan Himawan Widjanarto. 2004. Power Branding. Jakarta: Quantum Bisnis &
Manajemen.
Tandjung, Jenu Widjaja. 2004.Marketing Management: Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan. Edisi
Kedua. Cetakan Kedua. Bsyumedia Publishing Malang.
Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andy Offset
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran Edisi ke tiga.Andi Offset, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi ke tiga.Andi Offset, Yogyakarta.
Wijaya dan Thio. 2008. Analisa Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan di
Laundry 5 ASEC. Surabaya.
Wijayanto, Bebet, Apriatni Endang P.dan Sari Listyorini. ”Pengaruh Bauran Ritel Terhadap
Loyalitas Konsumen Di Supermarket SriRatu Peterongan”. Diponegoro
Journal of Social and Politic. Tahun 2013. Hal.1–10. UNDIP. Semarang.
Wijoyo, Andrian. Pengaruh variable Marketing Mixt terhadap Customer Loyalty Honda-Ramayana
Basuki Rachmad Surabaya dengan Customer Satisfaction sebagai variable intervening, , Jurnal
Manajemen Pemasaran Petra Vol.2,No.1,(2014)1-13.
DOI: https://doi.org/10.36587/probank.v5i2.727
Article Metrics
Abstract views: 1583 | Untitled views: 1583Refbacks
- There are currently no refbacks.
© ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan | View Probank Stats |