Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Pada Purchase Decisions Smartphone Produk Samsung
(1) Universitas Darma Persada
(*) Corresponding Author
Abstract
Pengalaman masyarakat dalam membeli suatu produk akan sangat mempengaruhi pada suatu merek untuk melihat seberapa bagus atau berkualitas atau tidaknya suatu merek yang akan dibeli nantinya serta juga inovasi produk yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji faktor-faktor yang berpengaruh pada purchase decisions Smartphone produk Samsung. Tipe penelitian kausal digunakan pada penelitian ini dengan pendekatan analisis kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna produk smartphone merek Samsung yang berdomisili di wilayah Jakarta Timur yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti sehingga ditetapkan sebanyak 60 responden menjadi sampel akhir. Metode analisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh pada purchase decisions smartphone produk Samsung yaitu terdapat pengaruh atas brand image dan inovasi produk secara positif dan signifikan baik secara parsial maupun simultan dengan kontribusi besarnya pengaruh yang kuat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A., Budiarto, W., & Indrawati, M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepercayaan Pelanggan Pada PT PAL Indonesia (Persero) Surabaya Melalui Keputusan Pembelian. Jurnal Manajerial Bisnis, 1(2), 112-124. doi:10.37504/mb.v1i02.48
Amraeni, A. (2019). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Laptop Asus Pada Mahasiswa Progran Studi Manajemen Universitas Negeri Makassar. Fakultas Ekonomi, Manajemen. Makassar: UNM.
Ardiantika, D. C., & Rachmi, A. (2017). Pengaruh Inovasi Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Olivia Cake And Bakery Mojokerto. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis, 3(1), 86-92.
Arifai, A. A., & Trihandayani, Z. (2018). Harga, Kualitas Produk dan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tas KW Cartier di Kalangan Mahasiswi Sebagai Penunjang Penampilan Kuliah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(03), 16-22. doi:10.36982/jiegmk.v8i3.364
Canalys. (2021, January). Worldwide Smartphone Shipments Q4 2020 and Full Year 2020. Dipetik 2021, dari https://www.canalys.com/newsroom/global-smartphone-shipment-Q4-2020
Da Silva, A. R. (2015, October). Model-Driven Engineering: A Survey Supported by the Unified Conceptual Model. Computer Languages, Systems & Structures, 43, 139-155. doi:10.1016/j.cl.2015.06.001
Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.
Husain, T. (2019). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.
Kadafi B, M. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pompa Merek Grundfos Pada PT. Raja Indo Di Makassar. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Manajemen. Makassar: Universitas Hasanuddin.
Khuong, M., & Tran, N. H. (2018). The Impacts of Product Packaging Elements on Brand Image and Purchase Intention—An Empirical Study of Phuc Long's Packaged Tea Products. International Journal of Trade, Economics and Finance, 9(1), 8-13. doi:10.18178/ijtef.2018.9.1.580
Kotler, P., & Keller, K. (2018). Marketing Management (15th Ed.). England: Pearson Education.
Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17th Ed.). United Kingdom: Pearson.
Liputan6.com. (2019, November 20). 9 Alasan Produk Komunikasi Ini Jadi Favorit Banyak Orang. (by Taboola) Dipetik Oktober 2020, dari Lifestyle: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4107473/9-alasan-produk-komunikasi-ini-jadi-favorit-banyak-orang
Mackenzie, J., & Smith, D. W. (2020). COVID-19: A novel zoonotic disease caused by a coronavirus from China: What we know and what we don't. Microbiology Australia, 41(1).
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.
Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran (1st Ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.
Pasupati, B., & Husain, T. (2020). COVID-19 Pandemic: Audit Delay and Reporting in Indonesian. Research Inventy: International Journal of Engineering And Science, 10(11), 08-11.
Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Motor. KINERJA, 14(1), 16-23. doi:10.29264/jkin.v14i1.2445
Pranoto, M. Y. (2018). Pengaruh Inovasi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Handphone Samsung (Studi Kasus pada Mahasiswa/i Universitas Sanata Dharma). Yogyakarta: Sanata Dharma University.
Prasetya, A. (2019, November 17). 5 Smartphone Samsung dengan Konektivitas Jaringan 5G, Koneksi Cepat! Dipetik Oktober 2020, dari IDN Times: https://www.idntimes.com/tech/gadget/agung-prasetya/smartphone-samsung-dengan-konektivitas-jaringan-5g-c1c2
Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Quintania, M., & Sasmitha. (2020). Pengaruh Desain dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Lipstik Wardah Kosmetik Jabodetabek). Media Ekonomi, 20(1), 26-38. doi:10.30595/medek.v0i0.9491
Rasyid, H. A., & Indah, A. T. (2018). Pengaruh Inovasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Perspektif, 16(1), 39-49. doi:10.31294/jp.v16i1.3031
Rita. (2019, Februari 26). INOVASI PRODUK. Dipetik Oktober 2020, dari Global Business Marketing: https://bbs.binus.ac.id/gbm/2019/02/26/inovasi-produk/
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of Innovations (5th Ed.). New York: Free Press.
Sagala, M. H., & Mulyaningsih, H. (2017). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Oppo Smartphone di Kota Bandung. E-Proceeding of Management, 4, hal. 702-709.
Samsung. (2020, Oktober). Produk & Layanan: Smartphone. Dipetik Desember 2020, dari https://www.samsung.com/id/smartphones/?product1=sm-a326bzkhxid&product2=sm-g996bzvdxid&product3=sm-a325fzkixid
Sani, A., Husain, T., Budiyantara, A., & Wiliani, N. (2020). Influences of the Environmental Context on the IT Adoption and Technology Acceptance Model (TAM) among SMEs.
Santoso, B., Sani, A., Husain, T., & Hendri, N. (2021). VPN Site To Site Implementation Using Protocol L2TP And IPSec. TEKNOKOM: Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sistem Komputer, 4(1), 30-36. doi:10.31943/teknokom.v4i1.59
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior (10th Ed.). USA: Pearson Education.
Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.
Sterie, W. G., Massie, J., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado). Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 3139-3148. doi:10.35794/emba.v7i3.24200
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Supriyadi, Wiyani, W., & Nugraha, G. I. (2016, Januari). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1), 135-144. doi:10.26905/jbm.v4i1.1714
Umar, H. (2019). Metode Riset Manajemen Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia.
Article Metrics
Abstract views: 195 | PDF views: 78Refbacks
- There are currently no refbacks.
© Journal of Marketing and Commerce |