PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS PELANGGAN SEPEDA MOTOR MATIC HONDA DI SURAKARTA)

Nunuk Herawati(1*) , Nur Qomariyah(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


This research aims to know and analyze empirically the influence of Product, Price, Promotion, Place to Customer Satisfaction Motorcycle Matic Honda in Surakarta, to know and analyze empirically influence Product, Price, Promotion, Place Honda in Surakarta, Customer Satisfaction to Customer Loyalty Motor Matic Honda in Surakarta. Population in this research is consumer matic Honda motorcycle that make purchasing more than one time in Surakarta region. Data used primary data collected through the distribution of questionnaires to customers. The data obtained were tested by using validity test, reliability, path analysis, t test, F test, R2 test, Correlation Test. The result of t test shows that Product Variable, Price, Promotion, Place have a significant effect to Customer Satisfaction of Motorcycle Matic Honda in Surakarta, Product Variable, Price, Promotion, Place, Customer Satisfaction have significant influence to Customer Loyalty Motor Matic Honda in Surakarta . The result of F test shows that together the variable of Product, Price, Promotion, Place, Customer Satisfaction have a significant effect to Customer Loyalty of Motorcycle Matic Honda in Surakarta. Test result R2 shows total R2 equal to 0,583 or 58,34%, meaning model with this equation variable independent (Product, Price, Promotion, Place, Customer Satisfaction) able to explain dependent variable (Customer Loyalty) equal to 58,3% rest 41,7% explained by other variable outside model like: emotional bond, Trust, Ease of transaction, Service. The result of path analysis shows that Customer Satisfaction can be used as intervening variable on Price relationship to Customer Loyalty. While Customer Satisfaction can not be made as intervening variable on the relationship of Product, Promotion, Place to Customer Loyalty.

Keywords: Product, Price, Promotion, Place, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

 

Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara empiris pengaruhProduk, Harga, Promosi, Tempat terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda di Surakarta, untuk mengetahui dan menganalisis secara empiris pengaruhProduk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda di Surakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sepeda motor matic Honda yang melakukan pembelian lebih dari satu kali di wilayah Surakarta. Data yang digunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan .Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisa jalur, uji t, uji F, uji R2, Uji Korelasi.Hasil uji t menunjukkan bahwa Variabel Produk, Harga, Promosi, Tempatberpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda di Surakarta,Variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda di Surakarta.Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda di Surakarta.Hasil uji R2 menunjukkan  total R2 sebesar  0,583 atau 5834%, artinya model dengan persamaan ini variable independen (Produk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan ) mampu menjelaskan variable dependen (Loyalitas Pelanggan) sebesar 58,3% sisanya sebesar 41,7% dijelaskan oleh variable lain di luar model seperti : ikatan emosi, Kepercayaan, Kemudahan transaksi, Pelayanan.Hasil analisa jalur menunjukkan  bahwa Kepuasan Pelanggan dapat dijadikan sebagai variable intervening pada hubungan Harga terhadap Loyalitas pelanggan. Sedangkan Kepuasan Pelanggan tidak dapat dijadikan sebagai variable intervening pada hubungan Produk,Promosi, Tempat terhadap Loyalitas pelanggan.

Kata kunci :Produk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Alfred, Owusu. 2013. Influence of Price and Quality On Consumer Purchase of Mobile Phone In The Kumasi Metropolis In Ghana A comparative Study. Marketing department, Kumasi Pholitechnic, Ghana.europan Journal of Business And Management.

Arikunto, Suharsini. 2011. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Assael, Henry. 2001. Consumer Behavior 6th Edition. New York: ThomsonLearning.

Azwar MA, Saifuddin. 2004. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Broyles, S.A., Ross, R.H., and Leingpibul, T. (Duke). 2009. Exmination of Satisfaction inCross-Product Group Settings. JournalofProductandBrand

Buchori Alma. 2007. Manajemen Pemasaran dan Manajemen Jasa. Edisi Revisi. Bandung : Alfabeta

Burhanudin. Pengaruh marketing mixterhadaployalitas konnsumenpastagigi pepsodentdi kecamatan kretek, kabupaten bantul,, EfEktif Jurnal Bisnis dan Ekonomi Vol. 2, No. 1, Juni 2011, 68 – 81

Cahyasari, Arum .Pengaruh Faktor-faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Sepeda Motor Honda (Studi Kasus Konsumen Sepeda Motor Honda di Kecamatan Laweyan Surakarta, Skripsi UNS

Cannon, Joseph P., William D. Perreault, and E. Jerome. McCarthy. 2008. Pemasaran Dasar-pendekatan manajemen global. Jakarta: Salemba empat.

Dea Irana Putri, wahyu Widayat dan Reni Shinta Dewi, Pengaruh Kualitas produk dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan sebagai variabel intervening, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Dholakia,Ruby Roy,andZhao,Miao.2010.EffectsofOnlineStoreAttributeson Customer Satisfactionand Repurchase Intentions. International Journalof RetailandDistributionManagement,Vol.38,No.7,pp:482-496.

Djarwanto Ps. &Subagyo, P. (2000). Statistik Induktif. (ed. IV). Yogyakarta : BPFE.

Endah K, Rayi, “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Warung Taman Singosari Semarang”,Semarang, 2008

Engel, J; Blackwell,R. 2004.ConsumerBehavior.DrydenPressChicago ndi,Yogyakarta.

Eric Kusnadi Kartika ,Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Niat Beli Ulang Sepeda Motor Honda Kategori Sport Mid, ,E-JournalGraduateUnpar, Vol.1,No.2(2014), ISSN: 2355-4304, 162-175

Faine Phoebby Ruusen, Kualitas Pelayanan, Promosi, dan After Sales Service Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Honda PT Nusantara Surya Sakti di Murang, Jurnal EMBA, Vol.2No.3September2014,Hal.1603-1613, ISSN 2303-1174

Feigenbaum, A.V. 2000. Kendali Mutu Terpadu, Jilid 1, Edisi Ketiga, Erlangga, Jakarta.

Ghozali, Imam, 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS.Semarang : Badan Penerbit UNDIP Semarang.

Gregorius Candra. 2002, Strategi dan Program Pemasaran, Edisi Kesatu, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi.

Gujarati, Damodar. 2013. Basic Econometrics, Fourth Edition. Mc grow Hill. Singapore

Hadi. 2011. Metodologi Reserch. Jilid 1.Yogyakarta : Andi Offset

Haris Hermawan, Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 1 No.2 Desember 2015, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan, Kepuasan dan Loyalitas Konsumen dalam Pembelian Roti Ceria di Jember, FE Universitas Muhammadiyah Jember.

Hume,Margee,andMort,GillianSullivan.2010.TheConsequence ofAppraisal Emotion,Service Quality,PerceivedValueand CustomerSatisfactionon RepurchaseIntentinthePerformingArts.JournalofServiceMarketing,Vol.

,No.2,pp:170-182.

Hurriyati,Ratih.(2008).BauranPemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : CV.Alfabeta.

Irawan,Andi.2004. “10PerinsiKepuasanPelanggan”,cetakanke6,PT.Elexmedia komputindo, Jakarta.

JessicaNadiadanMariaIstiningsih,”PengaruhProduk,Layanan,Hargadan Lokasi terhadapKepuasantamudihotelJWMarriotsurabaya,fakultas ekonomi”, Vol 2 No 1, universitas katolik darmacendika, surabaya, 2010

Kafi Firmansyah dan Yohan Wismantoro, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dian Nuswantoro, Pengaruh bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Konsumen Sepeda Motor Sport Merek Yamaha V-Ixion di Jepara, 2015.

Kartajaya,Hermawan,“HermawanKertajayaonMarketing”,EdisiPertama,PT.

GramediaPustakaUtama, Jakarta, 2002.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Benjamin Molan Dan Hendra Teguh, Edisi Milenium, Jakarta, 2000.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 1996. Principles Of Marketing, Seventh Edition, International Editrion, Prentice Hall, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management, The millennium ed. New jersey: Phipe Prantice Hall

Koter, Phillip dan Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control. Edisi Kesembilan. Jilid 1 dan jilid 2.Jakarta : Prehalindo. alih bahasa oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E.

Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran Edisi 6 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip. 2003. Edisi Indonesia, Drs. Benyamin Molan, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi ke Sebelas jilid 1.Jakarta : PT indeks Kelompok Gramedia

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1.Jakrta : Erlangga

Kotler, Philip & Keller, Kevin L. 2009.Manajemen Pemasaran, edisi 13 Jilid I. Erlangga, Jakarta.

Kotler, Phipip & Amstrong, Gary. 2004. Principles Of Marketing, Tenth Edition, New Jersey : Pearson Prentice Hall

Kotler, P. & Keller, K.L. 2007.Manajemen Pemasaran, Ed12. Jilid 2. Jakarta : Penerbit PT Indeks

Kotler, Philips & Gary Amstrong.2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga

Kuncoro. 2003. Metode Kuantitatif. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMPYKPN.

Lasander, Cristian.2013. Citramerek, kualitas produk dan promosi pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen pada makanan tradisional. http://ejournal.unsrat.ac.id/index. php/emba/article/view/2024. Jurnal EMBA. ISSN2303-1174.

Lovelock,ChristopherH. danLaurenK.Wright.2007.ManajemenPemasaranJasa.

CetakanII.Indeks. Jakarta

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa ( Teori dan Praktik ). Jakarta : PT salemba Emban Patria

Machfoedz, Mahmud.2005.Pengantar Pemasaran Modern. Yogyakarta : Upp Amp Ykpn.

Mc. Daniel, Pemasaran, Edisi I, Salemba Empat, Jakarta, 2001.

Moekijat, 2000, Kamus Manajemen, Bandung, Penerbit CV. Mandar Maju.

Muhammed T. Nuseir dan Hilda Madanat, International Journal of Marketing Studies, Vol.7 No.4;2015. 4 Ps: A Strtegy to Secure Customers’ Loyalty via costomer Satisfaction

Oladepo, Onigbinde Isaac. 2015. The Influence of Brand Image and Promotional Mix On consumer Buying Decision- A Study Of beverage Consumers in lagos State, Nigeria.Southwestern University Nigeria. British Journal Of marketing Studies.

Rangkuti, Freddy. 2003. Measuring Customer SatisfactionTeknik Mengukur dan StrategiMeningkatkan Kepuasan Pelangganplus Analisiskasus PLN-JP. Jakarta:Gramedia PustakaUtama.

Rosa Rachmaningrum, Drs. H. Mudiantono, M.Sc. Analisis Pengaruh Produk, Merek, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Beat. Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Diponegoro. Diponegoro Journal Of Social And Politic.

Roscoe, 1975, dikutip dari Uma Sekaran, 2006, Metode Penelitian Bisnis, Salemba Empat, Jakarta.

Santoso, Singgili. 2011. Buku Latihan SPSS Statistik parametik. Edisi Pertama. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Santoso, Singgih. 2001. Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sekaran, Uma. 1992. Research Methods For Business: A Skill Building Approach, Secon Edition, John Willey & Sons, Inc. New York.

Selang, Christian A.D, Bauran Pemasaran (MarketingMix )Pengaruhnya Terhadap LoyalitasKonsumenPadaFreshMartBahuMallManado, Jurnal EMBA Vol.1 No.3 tahun 2013, isnn 2303-1174, Hal. 71-80.

Semuel,Hatane.2006.EkspektasiPelanggandan AplikasiBauranPemasaran TerhadapLoyalitasTokoModern denganKepuasanPelangganSebagai Intervening.JurnalManajemenPemasaran,Vol.1,No.2,hal:53-64.

Setiadi, Nugroho. 2008. Perilaku Konsumen. Jakarta : Kencana

Sigit, Suhardi. 2007. Marketing Praktis. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Penerbit Liberty.

Soekresno, 2000. Manajemen Foodand Beverage Service Hotel.Jakarta : PT.Gramedia PustakaUtama

Sri Wahyuni , 2008. Analisis Pengaruh Hargadan Kualitas Produkterhadap Loyalitas

Pelanggan padaPT YamahaMotor KencanaIndonesia Semarang

Stanton, W.J.1996.Prinsip Pemasaran.Jilid II.Edisi VII.Diterjemahkan Oleh :Drs. Sadu Sanduru. Jakarta ; Penerbit Erlangga

Sugiyono. 2001. Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung

Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, Hedi .Analisis Pengaruh Harga, Produk dan Promosi terhadap Kepuasan Pengguna Sepeda Motor Matic Vario pada CV. Semoga Jaya di Tenggarong, JEMI, Vol.8/No.3/Desember/2008, Hal.54-80.

Suwarni,danMayasari,S.D. 2011.PengaruhKualitasProdukdanHargaTerhadap LoyalitasmelaluiKepuasanKonsumen.JurnalEkonomiBisnis,Th.16,No.1, hal:76-84.

Swasra, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi II. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran Edisi ke tiga.Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andy Offset

Tri Wahyudi, Yopa Eka Prawatya. Analisis Pengaruh Marketing Mix terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor. Jurnal ELKHA Vol.4,No2,Oktober2012.

Uma Sekaran dan Bougie, R. 2010.Research Methods for Business. West Sussex : Wiley

Owomoyela SK, InvestigatingTheImpact Of MarketingMix ElementsOn Consumer Loyalty:AnEmpricalStudy On NigerianBreweriesPlc.,InterdisciplinaryJournal OfContemporaryResearchIn Business,march 2013, V0l.4, No.13,page 485-502

Widiana, M.E., Supit, H.,danHartini, S.2012. Penggunaan Teknologi Internet dalamSistemPenjualanOnlineuntukMeningkatkanKepuasandan Pembelian ulangProduk BatikpadaUsaha KecildanMenengah diJawa Timur.Jurnal ManajemendanKewirausahaan,Vol.14,No.1,hal:72-82.

WijayadanThio.2008.AnalisaPengaruhKualitasLayananTerhadapLoyalitasPelanggandi Laundry 5 ASEC. Surabaya.

Wijayanti,RatnaYulia dan Kertati Sumekar.2009. ”Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Loyalitas Anggota Pada KJK SBMT Bina Ummat Sejahtera Lasem Cabang Kudus”. Analisis Manajemen Vol3. No.2. Juli2009. Hal.129–147. Universitas Muria. Kudus.

Wijayanto, Bebet, Apriatni Endang P.dan Sari Listyorini. ”Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Loyalitas Konsumen Di Supermarket Sri Ratu Peterongan”. Diponegoro Journal of Social and Politic. Tahun 2013. Hal.1–10. UNDIP. Semarang.

Wijoyo, Andrian. Pengaruh variable MarketingMixt terhadap Customer Loyalty Honda-Ramayana Basuki Rachmad Surabaya dengan Customer Satisfaction sebagai variable intervening, , Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.2,No.1,(2014)1-13.

Yonaldi, Sepris. 2011.”Analisis Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Minuman Teh Botol Sosro Frestea (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Andalas Padang)”. Jurnal Manajemendan Kewirausahaan.Volume2.Nomor1.Januari2011.Hal.79–114.Universitas Andalas. Padang.

Internet :

https://enoanderson.com/tag/sejarah-motor-matik/

https://id.wikipedia.org/wiki/Jebres,_Surakarta

www.google.com : Data Aisi Penjualan Motor Bulan Januari – Februari 2016

www.google.com : Data Aisi Motor Terlaris Bulan Februari 2016

www.otomaniac.com : Daftar Harga Motor Matic Honda Bulan April 2016

www.otomaniac.com : Daftar Harga Motor Matic Yamaha Bulan April 2016

www.astra-honda.com/index.php/sejarah-astra-honda-motor/

https://unm-digilib-unm-myusufanga-39-1-jurnalm-s

https://jbptunikompp-gdl-zelasarahm-19830-6-babii

http://vinspirations.blogspot.co.id/2009/11/personal selling.html#sthash.fxnRuUUf.dpuf


Article Metrics

Abstract views: 2069 | PDF views: 1110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
©  Journal of Marketing and Commerce