Analisis Brand Awareness Iklan Mie Sedaap dengan Choi Siwon Sebagai Celebrity Endorser

Muhammad Khoiruman(1*) , Ambar Wariati(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa, Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa, Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pertimbangan yang harus dilakukan oleh pemasar dalam memilih endoser suatu produk produk lain menjadi dasar dari penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut (kinerja) endorser terhadap kesadaran merek Choi Siwon dalam iklan Mie Sedaap. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan jumlah sampel keseluruhan sebanyak 132 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner dan alat analisis yang digunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi Credibility Celebrity, Celebrity dan Celebrity Suitability Attractivenes secara simultan terhadap Brand awareness masyarakat yang melihat iklan Iklan Mie Sedaap versi Choi Siwon. Kredibilitas dimensil selebriti memiliki pengaruh paling besar terhadap kesadaran merek masyarakat.
Kata Kunci: Kredibilitas Selebriti, Kesesuaian Daya Tarik Selebriti dan Selebriti, dan Kesadaran Merek

Full Text:

PDF

References


Durianto, Darmadi, et al (2004). Brand Equity Ten Strategi Memimpin Pasar. Cetakan pertama. PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Erdogan, B.Z. 1999. Celebrity Endorsement: A Literature Review. Journal of Marketing Management. 15(3). pp. 291–314.

Kamins, MA and Gupta, A (1994) Congruence Between Spokesperson And Product Type : A Matchup Hypothesis Perspective. Psychology And Marketing, 11 (6). 569-586.

Keller, K. L., Parameswaran, M. G., & Jacob, I. (2011). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. Pearson Education India.

Mowen, John, C., dan Minor, M., (2002), Perilaku Konsumen Jilid 1, Edisi Kelima (terjemahan), Erlangga, Jakarta

Ohanian, Roobina. (1990). “Construction and Validation of Scale to Measure Celebrity Endorsers Perceived Expertise, Trustworthiness, and Attractiveness”. Journal of Advertising. ABI/INFORM Research. 19(3);39-52.

Pitta, Dennis A.,& Lea Prevel Katsanis, (1995). Understanding Brand Equity for Succesful Brand Extension. Journal of Cunsomers Marketing. Vol.12. ISS:4 pp.51-64

Shimp, Terence A, 2003. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terjemahan oleh Revyani Sjahrial dan Dyah Anikasari Edisi Kelima Jilid 1. Erlangga, Jakarta.

Simamora, Henry,2000, Manajemen Pemasaran Internasional, Pustaka Utama, Surabaya.

Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen. 2004, Ghalia Indonesia, Bogor.


Article Metrics

Abstract views: 1689 | PDF views: 936

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
©  Journal of Marketing and Commerce