E-Image, Service Quality, Relationship Marketing Effect On Company Reputation And Its Impact On Business Performance On Wedding Organizers In Bogor

Arie Nurul Huda(1*) , Derriawan Derriawan(2) , Supriadi Thalib(3)


(1) Universitas Pancasila
(2) Universitas Pancasila
(3) Universitas Pancasila
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sisi pengaruh e-Image, Service Quality, Relationship Marketing terhadap Reputasi Perusahaan serta dampaknya terhadap kinerja bisnis Pada Wedding Organizer di Bogor. Penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling terhadap 200 responden yang dilakukan pada 5 Wedding Organizer yang telah terdaftar dalam Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Equation Modeling dengan bantuan program SPSS dan AMOS. Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-Image, Service Quality, Relationship Marketing berpengaruh langsung terhadap Reputasi Perusahaan. Untuk pengaruh tidak langsung menghasilkan temuan bahwa E-Image, Service Quality, Relationship Marketing berpengaruh terhadap Kinerja Bisnis melalui Reputasi Perusahaan.


Keywords


E-Image, Service Quality, Relationship Marketing, Reputasi Perusahaan dan Kinerja Bisnis

Full Text:

Untitled

References


Afandi, A. A. (2019). Pengaruh Kinerja Perusahaan Dan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) Terhadap Reputasi Perusahaan (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Pada Otoritas Jasa Keuangan Periode 2014-2017). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Lampung: UIN Raden Intan.

Almeida, M. d., & Coelho, A. F. (2018). The Antecedents of Corporate Reputation and Image and Their Impacts on Employee Commitment and Performance: The Moderating Role of CSR. Corporate Reputation Review, 22, 10–25. https://doi.org/10.1057/s41299-018-0053-8

Amperawati, E. D., Astuti, W., & Triatmanto, B. (2020). The role of service performance mediating the effect of management commitment to service quality structure on the reputation of hospitality industry companies in West Java. Management Science Letters, 10(12), 2869-2874. http://dx.doi.org/10.5267/j.msl.2020.4.021

Ardyan, E., & Putri, O. T. (2016). Dampak Positif Seorang Wirausaha Yang Memiliki Kompetensi Kewirausahaan Pada Kesuksesan Inovasi Produk dan Kinerja Bisnis. Jurnal Kewirausahaan dan Usaha Kecil Menengah, 1(1), 11-19.

Cassidy, A. (2019). Pengaruh Service Quality Terhadap Buyback Intention dengan Variabel Mediasi Customer Satisfaction pada Starbucks Square Surabaya. AGORA, 7(1).

E T, M., & Vaal, C. E. (2016). Modeling the Influence of Relationship Marketing, Green Marketing and Innovative Marketing on the Business Performance of Small, Medium and Micro Enterprises (SMMES). Journal of Economics and Behavioral Studies, 8(3, J), 127-139. https://doi.org/10.22610/jebs.v8i3(J).1294

Esenyel, V., & Emeagwali, O. L. (2019). The relationship between perceived corporate reputation and employee’s positive word of mouth. Management Science Letters, 9(5), 673–686. http://dx.doi.org/10.5267/j.msl.2019.2.004

Hair, J. F., Black, W., Babin, B., & Anderson, R. (2010). Multivariate Data Analysis (7 ed.). New Jersey: Prentice Hall.

Handiyono, M. Y. (2017). Pengaruh Brand Image Terhadap Kinerja Perusahaan Dengan Customer Loyalty Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Penelitian Teori & Terapan Akuntansi (PETA), 2(1), 1-18. http://dx.doi.org/10.5267/j.msl.2019.2.004

Haryono, S., & Wardoyo, P. (2013). Structural Equetion Modeling Untuk Penelitian Manajemen Menggunakan AMOS 18. Bekasi: PT Intermedia Personalia Utama.

Hidayat, T., Derriawan, & Supriyadi, E. (2019). Pengaruh Online Store Atribut Dan E-Service Quality Terhadap Corporate Image Dan Dampaknya Terhadap Business Performance Perusahaan Busana Muslim. EKOBISMAN, 4(1), 52-62. https://doi.org/10.35814/jeko.v4i1.869

Hindarto, P. D. (2013). Hubungan Relationship Marketing Dengan Loyalitas Pelanggan. Jurnal JIBEKA, 7(3), 41-46.

Husain, T. (2019). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.

Husain, T. (2017). Analisis Determinan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Penggunaan Software Audit. Jurnal Ilmiah Matrik, 19(2), 131-150. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v19i2.381

Husain, T. (2019). Analisis Layanan Google Scholar Sebagai Bahan Referensi Terhadap Kepuasan Mahasiswa. ULTIMA InfoSys, X(1), 69-75. https://doi.org/10.31937/si.v10i1.1086

Kaptein, M. C., Nass, C., & Markopoulos, P. (2010). Powerful and consistent analysis of likert-type rating scales. Dalam E. Mynatt (Penyunt.), CHI '10: Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems (pp2391–2394). Atlanta Georgia USA: SIGCHI. https://doi.org/10.1145/1753326.1753686

Khristiana, Y., & Octaviani, A. (2019). Pengaruh Keputusan Pembelian Melalui Online Shopping Pada Mahasiswa STIE AUB Surakarta. EXCELLENT, 6(1), 29-36. https://doi.org/10.36587/exc.v6i1.468

Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17th Ed.). United Kingdom: Pearson.

Kusumawardani, D. A., & Ferdinand, A. T. (2011). Studi Mengenai Keputusan Pembelian Jasa Wedding dan Event Organizer (Studi Kasus di Mahkota Wedding and Event Organizer Semarang). Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Semarang: Universitas Diponegoro.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif (7th Ed.). Jakarta: Erlangga.

Masitah. (2019). Pengaruh Pelatihan, Skill, Manajemen Terhadap Kinerja Bisnis Melalui Kinerja Karyawan pada Butiq Yanaz Moslem Gallery. S2 - Ekonomi Syariah. Medan: UIN Sumatera Utara.

Monicha, D., & Kusumawardhani, A. (2019). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Dan Celebrity Endorser Terhadap Electronic Word Of Mouth Engagement Pada Minat Beli (Studi Pada Kosmetik Wardah Di Semarang). Diponegoro Journal of Management, 8(3), 138-148.

Noor, A. (2013). Manajemen Event. Bandung: Alfabeta.

Pangkey, Y. D. (2018). Pengaruh Persepsi Manajer tentang Stakeholder terhadap Hubungan antara Tanggung Jawab Sosial Perusahaan, Reputasi Perusahaan dan Kinerja Bisnis Perusahaan Di Jawa Tengah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Semarang: Unika Soegijapranata.

Pratama, A. H. (2017). Perkembangan Pengguna Internet di Indonesia Tahun 2016 Terbesar di Dunia. Dipetik Mei 2020, dari https://id.techinasia.com/pertumbuhan-pengguna-internet-di-indonesia-tahun-2016

Purba, R. P., & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus PT. Bintang Utara Perwakilan Dolok Sanggul). JOM FISIP, 4(1).

Pusparini, N. N., & Sani, A. (2020). Mengukur Keberhasilan Penerapan Sistem Informasi Akademik Dengan Model Kesuksesan Delon And McLean. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 4(2), 149-155. https://doi.org/10.46880/jmika.v4i2.164

Putri, B. D. (2018). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Wedding Organizer “Adena Griya Manten” Pagutan Mataram Terhadap Kepuasan Pelanggan. Fakultas Syariah dan Bisnis Islam. Mataram: Universitas Islam Negeri (UIN).

Rahmawati, Militina, T., & Suroso, A. (2016). Pengaruh Faktor-Faktor Citra Merek (Brand Image) terhadap Loyalitas Pelanggan Kangoroo Premiere di Samarinda. Ekonomia, 5(1).

Rahmidani, R. (2015). Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan. Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (SNEMA) 2015 (pp344-352). Padang: Universitas Negeri Padang.

Sani, A., & Wiliani, N. (2019). Faktor Kesiapan dan Adopsi Teknologi Informasi dalam Konteks Teknologi serta Lingkungan pada UMKM di Jakarta. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 49-56. https://doi.org/10.33480/jitk.v5i1.616

Sani, A., Pusparini, N. N., Rizal, R., Khristiana, Y., Zailani, A. U., & Husain, T. (2020). E-Business Adoption Models in Organizational Contexts on The TAM Extended Model: A Preliminary Assessment. 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM 2020). Pangkalpinang: UIN Syarif Hidayatullah. https://doi.org/10.1109/CITSM50537.2020.9268869

Sani, A., Wiliani, N., & Husain, T. (2019). Spreadsheet Usability Testing in Nielsen’s Model among Users of ITSMEs to Improve Company Performance. European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.

Saragih, H., & Husain, T. (2012). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.

Sofian, J., & Solihin, H. H. (2018). Pembangunan Aplikasi M-Wedding sebagai Solusi Usaha Wedding Organizer. Jurnal Teknologi dan Informasi (JATI), 8(2), 93-99. https://doi.org/10.34010/jati.v8i2.1038

Sohail, M. S. (2012). The Antecedents of Relationship Marketing and Customer Loyalty: A Conceptual Framework to Determine Outcomes. International Conference on Economics, Business Innovation IPEDR. 38, pp236-240. Singapore: IACSIT Press.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Supranto, J., & Limakrisna, N. (2019). Petunjuk Praktis Penelitian Ilmiah untuk Menyusun Skripsi, Tesis dan Disertasi (5 ed.). Bogor: Penerbit Mitra Wacana Media.

Tiefani, & Saputra, A. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Konsumen Pada Pt Anugerah Avavacemerlang Batamanalysis Of Factors Influence Consumer Re-Buying Interest In PT Anugerah Avava Cemerlang Batam. Jurnal EMBA, 8(1), 2095-2105. https://doi.org/10.35794/emba.v8i1.28062

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (II Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tugiso, I., Haryono, A. T., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh Relationship Marketing, Keamanan, Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Dan Loyalitas Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Onlineshop “NUMIRA” Semarang). Journal Of Management, 2(2), 1-18.

Warta, W. (2017). Manajemen Reputasi. Bandung: Simbiosa Rekatma Media.

Widy, D. S. (2018). Pengaruh E-Trust, E-Image Terhadap Re-Buying, E-Satisfaction Dan Dampaknya Pada Reputasi Perusahaan E-Commerce. Sekolah Pascasarjana. Jakarta: Universitas Pancasila.

Widyasari, K. (2020). Analisis Permintaan Komoditi Ekonomi Kreatif Kota Malang Kasus pada Usaha Muslim Wedding. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 9(1).

Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu: Solusi Menembus Hati Pelanggan. (I. Hadi, Penyunt.) Jakarta: FEB Universitas Pancasila Press.

Wijaya, E. E., & Novita, D. Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Administrasi PT. LG Electronics Indonesia Cabang Palembang Terhadap Kinerja Karyawan. Jurusan Sistem Informasi. Palembang: STMIK Global Informatika MDP.

Zuliyati, Budiman, N. A., & Delima, Z. M. (2017). Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Kabupaten Kudus). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 6(2), 181–200.

Zulkifli. (2012). Relationship Marketing terhadap Customer Retention dan Customer Loyalty pada Nasabah Bank Mega, Tbk. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 1(1), 55-68.


Article Metrics

Abstract views: 626 | Untitled views: 625

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
©  Journal of Marketing and Commerce