Pengaruh Persepsi, Perilaku, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Bakpia Tugu Jogja Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening
(1) STIE-AUB Surakarta
(2) STIE-AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris Pengaruh Persepsi, Perilaku dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Bakpia Tugu Jogja dengan Kepercayaan sebagai variabel Intervening.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Bakpia Tugu Jogja di tahun 2019 yang telah melakukan pembelian ulang. Adapun jumlah sampel yaitu sejumlah 131 responden yang diambil secara random. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji instrument yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji linieritas, analisis regresi, Uji t, Uji F, Uji koefisien determinasi, analisis korelasi dan analisis jalur. Hasil penelitian membuktikan bahwa Persepsi dan Perilaku konsumen tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan, sedangkan Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Persepsi, Perilaku konsumen, Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan. Hasil Uji R2 total sebesar 0,907 dapat diartikan bahwa keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel persepsi, perilaku konsumen, kepuasan konsumen dan kepercayaan sebesar 90,7% . Kepuasan merupakan variabel paling dominan dalam peningkatan keputusan pembelian. Pengaruh langsung persepsi, perilaku konsumen, kepuasan konsumen terhadap keputusan pembelian lebih besar dibandingkan pengaruh tidak langsung, sehingga untuk meningkatkan keputusan pembelian lebih efektif melalui jalur langsung. Artinya variabel kepercayaan terbukti tidak mampu atau bukan variabel mediasi.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Anoraga, Pandji. 2012. Manajemen Bisnis. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Assauri, S. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Augusty, Ferdinand. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
C. Mowen, John and Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.
Chintya. 2019. Peran Motivasi Dalam Memediasi Pengaruh Persepsi, Sikap Konsumen, Gaya Hidup Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Surakarta. Diakses 18 Agustus 2020 dari e-journal.stie-aub.ac.id
Dewi, Nency Silviana. 2019. Peran Kepercayaan Merek Memediasi Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Diakses 26 September 2020 dari http://ojs.unud.ac.id/
Durianto, Darmadi. 2010. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, cetakan 20. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ebert dan Griffin. 1995. Consumer Behaviour. International Edition.
Fadila, Dewi dan Ridho, Sari Lestari Zainal. 2013. Perilaku Konsumen. Palembang: Penerbit Citrabooks Indonesia.
Ferrinadewi, Erna, 2008. Merek dan Psikologi Konsumen. Yogyakarta: Garaha Ilmu.
Ghozali, Imam. 2017. Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi Dengan Progam AMOS 24 Update Bayesian SEM, edisi ke 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Hoffman dan Bateson. 2011. Service Marketing, International, edition 4e. Colorado State University: Cengage Learning.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran, edisi 1.
Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran 1, edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran, edisi 13 Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta: Erlangga.
Liu, Tsung-Chi dan Li Wei Wu. 2016. Customer retention and cross-buying in the organization industry : An Integration of service attributes, satisfaction and tryst. Journal of financial Service Marketing, Vol. 12 No.2 Page 132-145.
Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. 2011.. Pemasaran Jasa, edisi ke 7 . Jakarta: Erlangga.
Mangkunegara, Anwar Prabu. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan, cetakan ke 12. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ma’ruf, Handri. 2005. Pemasaran Ritel. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Morgan, R.M. and Hunt, S.D. 1994. The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, Vol. 58 No. 3, pp. 20-38.
Mowen, John C dan Minor, Micheal. 2012. Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga
Nazir, M. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Noor Asiah Omar, Et. Al. 2009. Parents Perceived Service Quality, Satisfaction And Trust Of A Childcare Centre : Implication On Loyalty
Peter, J. Paul & Jerry C. Olson. 2014. Consumer Behavior, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.Jilid kedua, edisi ke 4. Terjemahan Damos Sihombing dan Peter Remy Yossi Pasla. Jakarta: Erlangga.
Putri, Cokorde Istri Dharma dan Ida Bagus Sudiksa. 2018. Peran Kepercayaan dalam Memediasi Pengaruh Persepsi Resiko terhadap Niat Beli Online pada Situs Lazada. Vol.7 . Diakses 1 September 2020 dari http://ojs.unud.ac.id
Prawirohardjo, Sarwono. 2008. Ilmu Kebidanan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka.
Rahim, Hamidah. 2017. Analisis Pengaruh Persepsi Resiko, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Paytren Pada PT Veritra Sentosa Internasional. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi LPPM UPI YPTK Padang. ISSN 2301-5268. Diakses 24 Oktober 2020 dari http://lppm.upiyptk.ac.id
Rakhmat, Jalaludin. 2007. Psikologi komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Riana, Gede. 2008. Pengaruh Trust in a Brand terhadap Brand Loyalty pada Konsumen Air Minum AQUA di Kota Denpasar. Jurnal Manajemen Universitas Udayana Denpasar. ISSN 1410-4628. Diakses 1 September 2020 dari http://media.neliti.com
Riomas. 2020. Pengaruh Perilaku Konsumen dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Sedap di Desa Medan Estate. Di akses 10 Oktober 2019 dari http://media.neliti.com
Rofiq, A. 2007. Pengaruh Dimensi Kepercayaan (trust) Terhadap Partisipasi Pelanggan e-commerce (Studi Pada Pelanggan E-Commerce Di Indonesia). Tesis (dipublikasikan). Malang: Universitas Brawijaya,
Rosdiana, Riski. Akhmad Haris, Iyus dan Kadek Rai Suwena. 2019. Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Vol.11. Diakses 19 September 2020 dari http://ejurnal.undhiksa.ac.id
Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen, edisi ke 7. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Setiadi, J. Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media.
Shaleh, Abdul Rahman. 2009. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Suci, Afred. 2017. Analisis Kepercayaan Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Pembelian Online Pada Website OLX Di Pekanbaru. Vol. 3. Diakses tanggal 19 September 2020 dari www.researchget.net
Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia.
Suharman. 2018. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Aplikasi Online Start-Up di Kota Medan. Vol.7 . Diakses 10 Oktober 2020 dari http://unsrat.ac.id
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup
Swastha, Basu. 2008. Asas-asas Marketing, edisi ke 11. Yogyakarta : Liberty.
Sobur, Alex.2013. Filasafat Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Solvang, B.K. 2007, Satisfaction, Loyalty, and Repurchase. A Study of Norwegian Customer of Furniture and Grocery Stores. Journal of Customer Satisfaction, Dissatisfaction and Complaining Behavior.Vol.20, 110-122.
Tjahjaning, Endang. 2018. Pengaruh Citra Perusahaan Dan Kepuasan Terhadap Kepercayaan Dan Dampak Pada Loyalitas. Vol. 07. Diakses 10 Oktober 2020 dari www.unisbank.ac.id/
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, edisi ke 3. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Yogyakarta: Andi.
Toha, Miftah. 2010. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Wardiana, Uswah .2014. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Bina Ilmu.
Winahyuningsih, Panca. 2019. Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Griptha Kudus. Diakses 26 September 2020 dari www.sematicscholar.org
Wira Atma, Faiz dan Suci Rahma. 2017. Hubungan Antara Kepuasan Konsumen Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen Lazada. Vol. 11. Diakses 10 Oktober 2020 dari http:// ejurnal.unp.ac.id/
Yulianto, Gatot dan Purwanto Waluyo. 2004. Pengaruh Keefektifan Komunikasi, Kualitas Teknikal, Kualitas Fungsional dan Kepercayaan Pada Komitmen Keterhubungan Bandara Ahmad Yani Semarang, Jurnal Manajemen STIE Stikubank Semarang, Vol.1 Edisi 3.
Zeithaml, Valarie A. and Bitner, Mary Jo. 2008. Service Marketing. McGraw Hill Inc, Int’l Edition. New York.
Pustaka Laman
Indira Rezkisari. 2016. Kontribusi Oleh-oleh dalam Dunia Pariwisata dalam www.republika.co.id
https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/16/09/09/od7j28328-kontribusi-oleholeh-dalam-dunia-pariwisata. Diakses pada hari Sabtu, 16 Mei 2020. 11.20.
Badan Pusat Statistik. 1997. Badan Pusat Statistik Pariwisata Indonesia dalam www.bps.go.id
https://www.bps.go.id/subject/16/pariwisata.html. Diakses pada hari Sabtu, 16 Mei 2020. 14.
Article Metrics
Abstract views: 1611 | Untitled views: 1006Refbacks
- There are currently no refbacks.
© Journal of Marketing and Commerce |