Dampak Fintech Syariah Dalam Meningkatkan Keuangan Inklusif Pada UMKM Di Indonesia

Ika Swasti Putri(1*) , Siti Hayati Efi Friantin(2)


(1) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa
(2) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa
(*) Corresponding Author

Abstract


Fintech muncul sebagai salah satu dampak dari perkembangan teknologi yang semakin modern, terutama dalam hal keuangan. Fintech hadir untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan pentingnya kemudahan dalam setiap proses ekonomi yang melibatkan keuangan. Fintech juga berdampak pada peningkatan UMKM karena UMKM merupakan salah satu upaya masyarakat untuk memperoleh pendapatan melalui pemberdayaan sumber daya dan keterampilan yang dimilikinya. Fintech berbasis syariah akan semakin meningkatkan inklusi keuangan pada UMKM karena pengelolaan keuangan yang dikelola syariah sesuai dengan tuntunan agama, sehingga akan berdampak baik pada pengelolaan keuangan UMKM. Pengelolaan yang baik juga akan berdampak baik bagi peningkatan UMKM sehingga akan meningkatkan stabilitas perekonomian di Indonesia.


Keywords


Fintech syariah, UMKM, keuangan

Full Text:

Untitled

References


Akifa P. Nayla, (2014). Komplet Akuntansi untuk UKM dan Waralaba. Yogyakarta: Laksana.

Chrismastianto, Imanuel Adhitya Wulanata. (2017). “Analisis SWOT Implementasi Teknologi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Di Indonesia”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Vol 20 No.1 Hal 134-136

Hadad, Muliaman D. (2017). Financial Technology (FinTech) di Indonesia. Kuliah Umum FinTech, IBS, Jakarta

Hubeman dan Miles. (1992). Analisa Data Kualitatif, Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Meilisa Salim et.al, (2014). Analisis Implementasi Program Financial Inclusion Di Wilayah Jakarta Barat Dan Jakarta Selatan (Studi pada Pedagang Golongan Mikro, Instansi Perbankan, Otoritas Jasa Keuangan dan Bank Indonesia), [Skripsi], Universitas Bina Nusantara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract views: 3770 | Untitled views: 2350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
©  Journal of Marketing and Commerce