Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Perorangan (Studi Pada Pembayaran Online Pajak Solo Destination)

Octa Putri Ayuningtyas(1*) , Irwan Christanto Edy(2) , Shandi Marsono(3)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(3) STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efisiensi, pemenuhan, ketersediaan sistem, dan privasi terhadap kepuasan wajib pajak. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak PBB yang terdaftar pada BPPKAD Kota Surakarta dengan dengan jumlah 147.327 wajib pajak. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis terdiri dari Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Multikolinearitas, Uji Autokorelasi, Uji Heteroskedastisitas, Uji Normalitas, Analisis Linier Berganda, Uji t, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil Uji Hipotesis membuktikan bahwa : 1) Efisiensi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. 2) Pemenuhan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. 3) Ketersediaan sistem berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. 4) Privasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. 5) Efisiensi, pemenuhan, ketersediaan sistem, dan privasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajib pajak. 6) Pengaruh yang diberikan oleh variabel independen terhadap variabel dependen adalah sebesar 20,3%

Keywords


;Efisiensi; Pemenuhan; Ketersediaan Sistem; Privasi; Kepuasan Wajib Pajak

Full Text:

PDF

References


Handayana, S. (2014). Efektifitas Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1).

Hanifah, D. N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak dan Sistem Administrasi Perpajakan Modern Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Universitas Komputer Indonesia.

https://jatengprov.go.id. (2020). jatengprov. Https://jatengprov.go.id/beritadaerah/eppson-Permudah-Dan-Percepat-Pelayanan-Pajak-Di-Surakarta/.

Kurniasari, T. P. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah Internet Banking Bank BRI di Surabaya. STIE Perbanas Surabaya.

Namieroch, R. P. D. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia. Fakultas Bisnis President University.

Parasuraman, A., Zeithal, V., dan Malhotra, A. (2005). E-S-QUAL, A Multiple-Item Scale for Assessing Electronic Service Quality. Journal of Service Research, 7(3), 213–233.

Sokeh, P. R., Novika, W., dan Prastiyo, D. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen E-commerce. In Seminar Nasional KeIndonesiaan IV Tahun 2017.

Teofilus, dan Trisya, R. (2016). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Elektronik terhadap Nilai Jasa yang Diterima dan Kepuasan Konsumen (Studi Empiris: Aplikasi GO-JEK). Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1).

Tjiptono, F. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan. Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Trisnawati, Mimin, O., dan Fahmi, S. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E- Servqual) terhadap Kepuasan Nasabah Pengguna Mobile Banking (Studi Pada Pengguna Mobile Banking Bank Sinarmas Cabang Malang). Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(2).

Internet

https://jatengprov.go.id/beritadaerah/eppson-permudah-dan-percepat-pelayanan-pajak-di-surakarta/ (9 Juli 2020)

Undang-undang

Republik Indonesia. 2009. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. 2009. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i2.1095

Article Metrics

Abstract views: 383 | PDF views: 330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics