Pengaruh Nilai Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Kopi Janji Jiwa Melalui Aplikasi Ojek Online di Wilayah Jabodetabek

Aisyah Nureva Rahmasari(1*) , Melani Quintania(2) , Rohani Lestari Napitupulu(3)


(1) Universitas Darma Persada
(2) Universitas Darma Persada
(3) Universitas Bina Sarana Informatika
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk menguji pengaruh nilai belanja hedonis terhadap pembelian impulsif konsumen Kopi Janji Jiwa yang pembeliannya menggunakan aplikasi ojek online di wilayah Jabodetabek. Jenis penelitian ini adalah explanatory dengan pendekatan analisis kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menentukan sampel yaitu purposive dengan pertimbangan masyarakat berusia di atas 15 tahun yang pernah membeli produk Kopi Janji Jiwa 1-2 kali selama masa pandemi COVID-19 (6 bulan terakhir) melalui aplikasi ojek online di wilayah Jabodetabek serta dapat memahami dan mengisi kuesioner yang diberikan. Sampel akhir diperoleh dari sebanyak 200 responden. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai belanja hedonis terhadap pembelian impulsif pada studi kasus konsumen Kopi Janji Jiwa yang melakukan pembelian menggunakan aplikasi ojek online di wilayah Jabodetabek terbukti memberikan pengaruh yang signifikan dengan kontribusi sebesar 35,3 persen

Keywords


Nilai Belanja Hedonis, Pembelian Impulsif

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran (Cetakan ke-1). Depok: Rajawali Pers.

Barantum. (2019, Juli 21). Industri Food & Beverage Paling Siap Memasuki Industri 4.0. Dipetik 2022, dari barantum.com/blog/bisnis-food-beverage-industri-4/

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. (1994). Perilaku Konsumen (6th Ed.). (Budijanto, Penerj.) Jakarta: Binarupa Aksara.

Fauzi, L. U., Welsa, H., & Susanto. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis: Teori dan Implementasi, 10(2), 150-160. doi:10.18196/bti.102124

Hair, J. F., Babin, B., Anderson, R., & Black, W. (2018). Multivariate Data Analysis (8th, Ilustra Ed.). London: Cengage Learning EMEA.

Husain, T. (2019). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.

Juliandi, A., & Irfan, M. S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press.

Kementerian Perindustrian RI. (2017, November 24). Industri Makanan dan Minuman Masih Jadi Andalan. Dipetik 2022, dari SIARAN PERS: https://kemenperin.go.id/artikel/18465/Industri-Makanan-dan-Minuman-Masih-Jadi-Andalan

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management (15th Ed.). England: Pearson Education.

Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17th Ed.). United Kingdom: Pearson.

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran: Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung: Alfabeta.

Paramita, A. (2014). Pengaruh Nilai Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Toko Online Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Perantara (Studi Pada Mahasiswa/I Program Strata-1 Angkatan 2011/2012. Fakultas Ilmu Administrasi. Surabaya: Universitas Brawijaya.

Pasupati, B., & Husain, T. (2020). COVID-19 Pandemic: Audit Delay and Reporting in Indonesian. Research Inventy: International Journal of Engineering And Science, 10(11), 08-11.

Prasetya, A., & Rahardjo, S. T. (2016). Analisis Pengaruh Ketersediaan Uang Dan Waktu, Lingkungan Toko, Nilai Belanja Hedonis, Dan Emosi Positif Terhadap Pembelian Tak Terencana. Diponegoro Journal of Management, 5(3), 1-11.

Priansa, D. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Quintania, M., & Sasmitha. (2020). Pengaruh Desain dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen dan Dampaknya pada Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Lipstik Wardah Kosmetik Jabodetabek). Media Ekonomi, 20(1), 26-38. doi:10.30595/medek.v0i0.9491

Rahmawati, N. T. (2018). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 7(3), 315-326.

Rochman, F. N. (2016). Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-Store Display Terhadap Impulse Buying (Studi pada Giant Supermarket Yogyakarta). Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen. Jawa Tengah: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Rohmah, A., & Subari, S. (2021). Preferensi Konsumen Terhadap Produk Minuman Kopi Di Kopi Janji Jiwa Jilid 324 Surabaya. Agriscience, 1(3), 548-562. doi:10.21107/agriscience.v1i3.9129

Saragih, H., & Husain, T. (2012). Pengaruh Fitur-Fitur Blog terhadap Continuance Intention to Visit Blogs pada Toko Online Multiply. Journal of Computer Information, 1(1), 5-18.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.

Tsai, B.-Y., & Yen, Y.-R. (2009). Post-Adoption Behaviors of E-Bookstore Customers. 9th International Conference on Electronic Business. 25, hal. 209-2016. Macau: SAR China.

Utami, B. (2016). Pengaruh Nilai Belanja Hedonik Terhadap Impulse Buying dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Perantara (Studi Kasus pada Pelanggan di Ambarukmo Plaza Yogyakarta). Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen dan Wirausaha, 01(01), 360-368.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v9i1.1235

Article Metrics

Abstract views: 746 | PDF views: 669

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics