Pengaruh Bea Balik Nama, Sanksi Pajak Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kabupaten Karanganyar

Rindy Trafinda Apsari(1*) , Setyani Sri Haryanti(2) , Endah Nawangsasi(3)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(3) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Bea Balik Nama, Sanksi Pajak dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kabupaten Karanganyar. Penelitian ini menggunakan sampel dengan mengumpulkan data melalui kuesioner. Metode ini menggunakan populasi wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Samsat Kabupaten Karanganyar dengan sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh bea balik nama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Sanksi pajak berpengaruh negatif tetapi signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan. Sedangkan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Dalam uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh dari kontribusi suatu variabel independen terhadap dependen sebesar 70,3% dan sisanya 29,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya.


Keywords


Bea balik nama, Sanksi pajak, Kualitas pelayanan, Kepatuhan wajib pajak

Full Text:

PDF

References


Ade Harlia, Hisnol Djamali, and Annas Lalo. 2022. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sanksi Pajak Kendaraan Bermotor Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor.” Akuntansi 1(4): 276–90.

Agustin, Nila Sari, and Rizki Eka Putra. 2019. “Pengaruh Kesadaran Masyarakat, Sanksi Perpajakan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Pada Samsat Kota Batam.” Measurement : Jurnal Akuntansi 13(1): 55.

Dewi, I Gusti Ayu Mas Rosita, and Kadek Wulandari Laksmi P. 2019. “Efektivitas E-Samsat, Pajak Progresif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.” 4(1): 12.

Dewi, I Gusti Ayu Mas Rosita, and Kadek Wulandari Laksmi P. 2019. “Efektivitas E-Samsat, Pajak Progresif Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis 4(1): 50.

Dwi Rachmad, Kurniawan, S.E.,M.Bus.Adv. 2019. Pahami Ketentuannya, Hindari Sanksinya : Kupas Tuntas Sanksi Perpajakan.

Galih Wicaksono, dkk. 2022. Perpajakan. https://www.google.co.id/books/edition/Perpajakan/kJGhEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pajak+kendaraan+bermotor+galih+wicaksono&pg=PA214&printsec=frontcover.

Ilhamsyah, Randi, Maria G Wi Endang, and Rizky Yudhi Dewantara. “Pengaruh Pemahaman Dan Pengetahuan Wajib Pajak Tentang Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Samsat Kota Malang).”

Irwansyah, Lubis, SE., M.Si. 2019. Menggali Potensi Pajak Perusahaan Dan Bisnis Dengan Pelaksanaan Hukum. https://www.google.co.id/books/edition/Menggali_Potensi_Pajak_Perusahaan_dan_Bi/Tn5cDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=bea+balik+nama+kendaraan+bermotor&pg=PA96&printsec=frontcover.

Isnaini, Putri, and Abdul Karim. 2021. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor (Studi Kasus pada Kantor SAMSAT Kabupaten Gowa).” 3(1).

Juliantari, Ni Komang Ayu, and I Made Sudiartana. 2021. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Kewajiban Moral, Sanksi Pajak, Dan Sosialisasi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Gianyar.” 3(1).

Leni, Sarlina, Kurniawan Asep, and Umiyati Indah. 2019. “Pengaruh Akses Pajak, Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Adanya Reward Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.” 1.

Malau, Yois Nelsari, Theresia Lumban Gaol, Ehtri Novelia Giawa, and Chesya Juwita. 2021. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pengetahuan Pajak, Sanksi Pajak Dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Medan.” Ekonomis: Journal of Economics and Business 5(2): 551.

Mojo, Floriana Selunu. 2021. “Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Akuntabilitas, Dan Bbnk Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan.” 10.

Nabila, Savira Isnaini, and Mia Ika Rahmawati. 2021. “Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.” 10.

Saputra, Deni, Rindy Citra Dewi, and Geatasha Putri Erant. 2022. “Pengaruh Program Pemutihan Pajak, Pembebasan Bea Balik Nama, Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3(1): 56–67.

Setiawati, Desi, Andri Widianto, and Dewi Sulistyowati. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dalam Membayar Pajak Kendaraan Bermotor (Pkb) Studi Kasus Pada Desa Tegalandong Kabupaten.”

Yulitiawati, and Meliya Putri Okta. 2021. “Pengaruh Program Pemutihan Pajak, Pembebasan Bea Balik Nama, Dan Sosialisasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Uptb Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Oku.” 14.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v10i1.1483

Article Metrics

Abstract views: 729 | PDF views: 241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics