Perilaku Investasi Generasi Z Di Pasar Saham: Kajian Semi Sistematic Literatur Review Dengan Perspektif Experiental
(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Paper ini bertujuan untuk mensintesakan hasil penelitian dengan topik perilaku Generasi Z dalam pengambilan keputusan berinvestasi di pasar modal dengan menggunakan database Scopus dan Science Direct. Metode yang digunakan adalah Semi Systematic Literature Review (SSLR). Hasil dari Analisis semi sistematik menunjukkan terdapat tiga tema utama yaitu identifikasi jurnal ilmiah yang memuat artikel dengan topic perilaku Investasi yang membahas perilaku konsumen dari perspektif experiental. Subjek penelitian dalam paper ini adalah Generasi Z dimana karakter generasi muda yang digital savvy dan menyukai tantangan baru, membuat Generasi Z lebih berani mengambil risiko berinvestasi di instrumen berisiko tinggi yang didukung kecanggihan teknologi seperti saham atau reksadana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker , D. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on The Value of a Brand. New York The Free Press.
Akyun. (2014). Analisis Value Chain Sebagai Alat Strategic Cost Manajement Untuk Menciptakan Keunggulan Bersaing Dalam Upaya Meningkatkan Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Unit Usaha Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) ASA Perum Jasa Tirta 1 Malang). Universitas Brawijaya Malang.
Al Azizah, U. S., & Mulyono, H. (2020). Dataset on determinants of intention and investment behaviour amongst young Indonesian millennials. Data in Brief.
Bakar, S., & Yi, A. N. (2016). The Impact of Psychological Factors on Investors’ Decision Making in Malaysian Stock Market: A Case of Klang Valley and Pahang. Procedia Economics and Finance, 319-328.
Bhaduri, S. N., & Mahapatra, S. D. (2013). Applying an alternative test of herding behavior: A case study of the Indian stock market. Journal of Asian Economics, 43-52.
Darden, B. B., & M., G. (1994). Work and/or Fun: Measuring Hedonic and Utilitarian Shopping Value. Journal of Consumer Research, 644-656.
Demirer, R., Kutan, A. M., & Chen, C. D. (2010). Do investors herd in emerging stock markets?: Evidence from the Taiwanese market. Journal of Economic Behavior & Organization, 283-295.
Filip, A., Pochea, M., & Pece, A. (2015). The herding behaviour of investors in the CEE stocks markets. Procedia Economics and Finance, 307-315.
Frijns, B., & Huynh , T. (2018). Herding in analysts’ recommendations: The role of media.
Journal of Banking & Finance, 1-18.
Hasan, A. (2014). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS Yogyakarta. Hendri. (2019). Analisis Value Chain Di Industri Otomotif. Jurnal PASTI, 55-65.
Hirschman , E., & Holbrook, , M. (1982). The Experiental Aspect of Consumption : Consumer Fantasies, Feelings, and Fun. . Journal of Consumer Research, 132-140.
Liu , Y., Li , H., & Hu, F. (2013). An empirical investigation on consumer perceptions. “Decision Support". Website attributes in urging daring impulse, 829- 837.
M.E, P. (2000). Strategi Bersaing Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing, Terjemahan Agus Maulana. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Nofsinger , J., & Sias, R. (1999). Herding and feedback trading by institutional and individual investors. The Journal of Finance, 2263-2295.
Parveen , S., Satti, Z. W., Subhan, Q. A., & Jamil, S. (2020). Exploring market overreaction, investor"s sentiments and investment, decisions in an emerging stock market. Borsa Istanbul Review, 224-235.
Philip, K. (2002). Marketing Management, Millenium Edition North Western University . New Jersey: Prentuce Hall Inc.
Prasetyani, D., Destiningsih, R., & Tia Rosalia, A. C. (2022). Pemberdayaan Berbasis Masyarakat: Semi SistematisTinjauan Pustaka (SSLR). OPTIMUM: Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 213-222.
Ricciardi , V., & Simon, H. (2020). What is Behavioral Finance? Business, Education and Technology Journal Fall 2000.
Sakinah, T., Purwanto, B., & Ermawati, W. J. (2021). ANALISIS PENGHINDARAN RISIKO PADA KEPUTUSAN INVESTASI . Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, 66-74.
Solomon, M. (2011). Consumer Behavior : Buying, Having and Being. Pearson Addison Wesley.
Strobl, R. (2022). Background risk, insurance and investment behaviour:. Journal of Economic Behavior and Organization, 34-68.
Vieira, E. F., & Pereira, M. S. (2015). Herding behaviour and sentiment: Evidence in a small European market. Revista de Contabilidad-Spanish Accounting Review, 78-86.
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v11i1.1732
Article Metrics
Abstract views: 66 | PDF views: 68Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
©  Excellent | View Statistics |