Kualitas Pelayanan, Harga, Dan Promosi Sebagai Faktor Penentu Keputusan Pembelian Online Go-Food Makanan Pada Aplikasi Go-Jek Di Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen

Sofiyatun Anisah(1*) , Basuki Sri Rahayu(2)


(1) Universitas Dharma AUB Surakarta
(2) Universitas Dharma AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui, menganalisa, dan memberikan bukti empiris bahwa Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Sebagai Faktor Penentu Keputusan Pembelian Online Go-food Makanan Pada Aplikasi Gojek di Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebar kuesioner, populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Go-food pada Aplikasi Go-jek di Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisa yang digunakan antara lain uji instrumen : uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh item pertanyaan yang diajukan semua valid dan reliabel. Hasil persamaan regresi linier berganda variabel kualitas pelayanan, harga, dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel harga dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji F menunjukkan kualitas pelayanan, harga, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,591 yang berarti bahwa kualitas pelayanan, harga, dan promosi mampu mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 59,1% dan 40,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak tidak diteliti dalam penelitian ini. Seperti: lokasi, budaya, teknologi, citra merek, kualitas produk, kepercayaan, gaya hidup dan lain-lain.

Keywords


: Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. Abubakar, Rusydi. 2017. Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi, ALFABETA, Bandung. Amstrong,

Gary & Philip, Kotler.(2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro Dan

Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Antonius, Devinno, and Ahmad Rudini. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan

Mebel Smk Santo Yosef Sampit.” Profit: Jurnal Penerapan Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, vol. 5,

no. 1, 2020, pp. 50–64.

Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, Dan Strategi. 1987.

Chandra, Dody Salden. “Pengaruh Debt To Asset Ratio, Return On Asset Earning Per Share Terhadap Harga

Saham Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesiaperiode 2015-2019.” Jurnal

Akuntansi Dan Keuangan Kontemporer (JAKK), vol. 4, no. 1, 2021, pp. 99–108.

Christoper, Nathanael, and Joan Yuliana Hutapea. “Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating,

Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Layanan Go Food Dalam Aplikasi Gojek (Studi Kasus

Pada Mahasiswa Universitas Advent Indonesia).” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), vol. 4, no. 6,

, pp. 6484–92.

Fitriani, Dessy, and Muhammad Awal Satrio Nugroho. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk,

Harga Dan Nilai Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Platfrom Go-Food. STIE Widya

Wiwaha, 2021.

Iqbal, Muhammad, and Abdul Kadir. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian Pada Merchant Go Food Festival Duta Mall Banjarmasin.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, vol. 6,

no. 2, 2020, pp. 227–37.

Jdaitawi, Malek, et al. “International Journal of Information ,.” JOurnal of Information Warfare (JIW), vol. 26,

no. 4, 2018, pp. 179–80.

Kotler, Philip, and Gary Amstrong. “Pemasaran.” Jakarta: Erlangga, 2010.

Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. 2014.

Nitiswati, Sri, et al. In Service Inspection to Assure the Safety and Long Term Operation of Batan Research

Reactors. 2010.

Rumagit, Meiny Febiola, et al. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap

Keputusan Pembelian Menggunakan Layanan Go-Food Di Kota Manado: Pengaruh Kemudahan

Penggunaan, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Layanan GoFood Di Kota Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, vol. 10,

no. 4, 2022.

Santosa, Budi, and Apipudin Apipudin. “Dampak Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan

(Studi Empiris Pt. Bank Central Asia, Kcp Permata Ujung Menteng Jl. Raya Bekasi).” Jemba: Jurnal

Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, vol. 1, no. 2, 2022, pp. 137–46.

Schiffman, Leon G., et al. “Consumer.” Marketing, 1951.

Sudaryono, Sudaryono, et al. “E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid 19 Sebagai

Entrepreneur Modern Dan Pengaruhnya Terhadap Bisnis Offline.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis, vol. 2,

no. 02, 2020, pp. 110–24.

Winasis, Caroline Lystia Rut, et al. “Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk

(Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, vol. 3, no. 4, 2022, pp. 399–




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v11i1.1767

Article Metrics

Abstract views: 65 | PDF views: 47

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics