Analisis Strategi Public Relation Coffeeshop Dom Social Hub dalam Membangun Brand Awareness
(1) Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta
(2) Institut Komunikasi dan Bisnis LSPR, Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Saat ini minat masyarakat Indonesia terhadap minuman kopi sedang tinggi, hal ini membuat bisnis kedai kopi semakin menjamur dan menciptakan persaingan yang kompetitif. Untuk itu, setiap kedai kopi berusaha mencari strategi untuk meningkatkan kesadaran dan minat masyarakat dalam menikmati kopi di kedai kopi mereka agar bisnis kopi mereka tetap berjalan. Termasuk Coffee Shop Dom Social Hub Tangerang. Sebagai kedai kopi yang baru berdiri di tengah persaingan kedai kopi di Tangerang, Dom Social Hub harus mampu membangun brand awareness di kalangan konsumennya di Kota Tangerang sebagai kota industri dan metropolitan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan mengandalkan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dom Social Hub telah berhasil menerapkan strategi Public Relations yang efektif, seperti publikasi, event, dan community engagement, untuk membangun brand awareness dan reputasi yang positif. Strategi yang mereka lakukan antara lain dengan berkolaborasi dengan komunitas lokal dan tanggap terhadap masukan konsumen. Namun, masih ada ruang untuk meningkatkan exposure media nasional dan mengatasi dampak negatif dari beberapa event. Temuan ini menekankan pentingnya strategi public relations yang terstruktur dan spesifik dalam mencapai tujuan komunikasi dan membangun kepercayaan konsumen dalam mengembangkan strategi komunikasi mereka untuk bersaing di pasar yang kompetitif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (Cetakan 1). (P. Rapanna, Ed.) Makassar: Syakir Media Press.
Adawiyah, D. R., & Arif, M. C. (2021, September). Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Sampang dalam Merukunkan Penganut Sunni-Syiah. Jurnal Komunikasi, 15(2), 131-144. doi:10.21107/ilkom.v15i2.11477
Aisya, S., & Najmi, F. (2023, Juni). Perilaku Konsumen Halal: Peluang Usaha Generasi Milenial Pasca Pandemi di Kota Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 39-50. doi:10.24239/jiebi.v5i1.137.39-50
Blakeman, R. (2018). Integrated Marketing Communication: Creative Strategy From Idea to Implementation (3rd Ed.). US: Rowman & Littlefield Publishers.
Elvinaro, A. (2009). Komunikasi Massa, Suatu Pengantar (Edisi Revisi). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Harris, T. L., & Whalen, P. T. (2006). The Marketer's Guide to Public Relations in the 21st Century (1st Ed.). US: Thomson Higher Education.
Kotler, P., & Keller, K. (2018). Marketing Management (15th Ed.). England: Pearson Education.
Martin, B., & Stephens, E. (2019). Strategic Brand Management (1st Ed., Vol. 1). London: ED-Tech Press.
Wibowo, R. M., Alie, A., & Elanda, Y. (2021). Café dan Identitas Sosial Generasi Milineal di Surabaya. Jurnal Entitas Sosiologi, 11(2), 106–119. doi:10.19184/jes.v11i2.33789
Wijaya, L., & Rizka, L. A. (2021, Maret). Studi Brand Positioning Toko Kopi Kekinian di Indonesia. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 8(1), 78–85. doi:10.34308/eqien.v8i1.177
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v11i2.1869
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
©  Excellent |