Membangun Customer Relationship Management Pada Konsumen Sepeda Motor Honda ( Studi Pada Konsumen SkuterMatic, Honda di Sukoharjo )

Linda Nur Susila(1*) , Setyani Sri Haryanti(2)


(1) 
(2) STIE AUB SURAKARTA
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris Membangun Customer Relationship management Pada Konsumen Sepeda Motor Honda (Studi Pada Konsumen SkuterMatic, Honda di Sukoharjo ). Data yang digunakan adalah data primer yang diambil dengan daftar pertanyaan yang diberikan kepada konsumen sepeda motor SkuterMatic, Honda di dealer Honda Grogol Sukoharjo, sebanyak 88 orang sebagai sampel. Alat teknik  analisis data dalam penelitian ini akan menggunakan model Regresi intervening. Hasil uji instrumen menunjukkan data valid dan reliabel. Dari hasil uji t : Kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek. Customer relationship management mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek. Kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Customer relationship management mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Citra Merek mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil uji secara serempak (Uji F) pada persamaan kedua diketahui besarnya nilai F = 22,232 signifikansi 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan secara bersama-sama variable bebas mempengaruhi keputusan pembelian Nilai determinasi total sebesar 0341, berarti variasi keputusan pembelian dijelaskan oleh kualitas produk dan  customer relationship management  dengan citra merek sebagai variable intervening sebesar 34,1%, sisanya 65,9% dijelaskan variabel di luar model, misalnya harga dan lokasi. Jalur langsung yaitu kualitas produk dan customer relationship management terhadap keputusan pembelian lebih besar dari pada jalur tidak langsung. Citra merek tidak efektif sebagai variabel mediasi. Customer relationship management lebih efektif dalam meningkatkan keputusan pembelian.

Kata kunci :kualitas produk, customer relationship management, citra merek dan keputusan pembelian.

References


Alfred, Owusu. 2013. Influence of Price and Quality On Consumer Purchase of Mobile Phone In The Kumasi Metropolis In Ghana A comparative Study. Marketing department, Kumasi Pholitechnic, Ghana.europan Journal of Business And Management.

Arikunto, Suharsini. 2011. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta Asri, Marwan. 2003. Marketing. Jakarta: Erlangga.

Buchari Alma, 2000, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan keempat, Alfabeta, Bandung.

Durianto, Darmadi, dkk. 2001. Startegi menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan PerilakuMerek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi, dkk. 2001. Startegi menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan PerilakuMerek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Evelina, Nela. 2012. Pengaruh citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomfexi. Diponegoro Journal of Social and Politic. Universitas Diponegoro. Semarang

Gujarati, Damodar. 2013. Basic Econometrics, Fourth Edition. Mc grow Hill. Singapore Hadi. 2011. Metodologi Reserch. Jilid 1.Yogyakarta : Andi Offset

http://pertamax7.com/2015/07/15/honda-juara- motor-matic-dan-bebek-ms-66-yamaha- juaranya-motor-sport-aisi-semester-1- 2015/. diakses Kamis, 8 oktober 2015.

Kotler, Philip. 2000. Marketing Management, The millennium ed. New jersey: Phipe Prantice Hall. Kotler, Phillip dan Gary Amstrong. 2001.

Prinsip-Prinsip Pemasaran, jilid 2, edisi ke-8, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control. Edisi Kesembilan. Jilid 1 dan jilid 2.Jakarta : Prehalindo. alih bahasa oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E.

Kotler, Philip, 2003, Edisi Indonesia, Drs. Benyamin Molan, Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi ke Sebelas jilid 1.Jakarta : PT indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip dan Garry Amstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1.Jakrta : Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin L. 2009.Manajemen Pemasaran, edisi 13 Jilid I. Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, Hamdani, A.2004. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi.Edisi 1.Yogyakarta ; AM YKPN.

Martin, E.W., Brown, C.V., DeHayes, D.W., Hoffer, J.A., Perkins, W.C., 2005, Customer Relationship Management”, Managing Information Technology (5th ed.), Pearson Prentice Hall, pp. 194-196

Mursid, M. 2008. Manajemen Pemasaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Oladepo, Onigbinde Isaac. 2015. The Influence of Brand Image and Promotional Mix On consumer Buying Decision- A Study Of beverage Consumers in lagos State, Nigeria.Southwestern University Nigeria. British Journal Of marketing Studies.

Prasetyo, Olvie Okta. 2012. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Mio, (Studi Kasus Pada PT. Harpindo Jaya Majapahit Semarang). Universitas Diponegoro Semarang. Diponegoro Journal of Social and Politic.

Rangkuti, Fredy. 2002. The Power of Brand: Teknik mengelola brand dan Startegi pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, Krestiawan Wibowo. 2013. Pengaruh harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin di Semarang. Univesritas Diponegoro. Diponegoro Journal of Social and Politic.

Santoso, Singgili. 2011. Buku Latihan SPSS Statistik parametik. Edisi Pertama. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Setiadi, Nugroho, 2010. Perilaku Konsumen :Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen.Jakarta : Kencana Prenada Media

Sugiyono. 2011. Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Swastha, Basu. 2000. Azas-azas Marketing. Yogyakarta : Liberty.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran Edisi ke tiga.Andi Offset, Yogyakarta.

Yuli ana, 2015.http://hargamotor.co.id/review- motor/10-sepeda-motor-matic-terbaik-di- indonesia. diakses tanggal 24 oktober 2015

Umar, Husain. 2005. Studi Kelayakan Bisnis, edisi Tiga. Jakarta: PT gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v6i1.465

Article Metrics

Abstract views: 519 | PDF (Bahasa Indonesia) views: 388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics