PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MEMODERASI ROA, EPS, DAN SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Yenni khristiana(1*) , Yosephien Angelina YPE(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris pengaruh Return On Asset (ROA), Erning per share (EPS), Size (ukuran perusahaan) terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai variabel moderasi pada perusahaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa efek Indonesia selama periode tahun 2015-2017.   

Teknik analisis data  yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis (MRA), dimana akan diuji dengan uji t, uji F dan uji adjusted R2, Regresi Moderating. Pemilihan sampel dilakukan berdasarkan metode Purposive Sampling, yaitu pemilihan sampel saham perusahaan selama periode penelitian berdasarkan kriteria tertentu, peneliti mengambil sampel dalam penelitian ini yang terdaftar di Bursa efek Indonesia periode pengamatan tahun 2015 – 2017 sejumlah 43 perusahaan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh yang diberikan variabel independen yaitu Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), Ukuran perusahaan, dan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap variabel dependen yaitu Nilai Perusahaan adalah sebesar 74,2%, sedangkan sisanya 25,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diteliti. Hasil uji secara serempak (Uji F) pada persamaan diketahui besarnya nilai F = 54,091 signifikansi 0,000<0,05. Sehingga dapat disimpulkan secara bersama-sama variabel independen yaitu Return On Asset (ROA), Earning Per Share (EPS), Ukuran perusahaan (Size), dan Corporate Social Responsibility (CSR) ada pengaruh terhadap variabel dependen yaitu Nilai Perusahaan. Dari analisis Moderated Regression Analysis diketahui Corporate Social Responsibility (CSR) tidak memoderasi Return On Asset (ROA), Erning per share (EPS) dan Size (ukuran perusahaan) terhadap Nilai Perusahaan

 

Kata Kunci :Return On Asset (ROA), Erning per share (EPS), Size (ukuran perusahaan), Corporate Social Responsibility (CSR) dan Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agung Prasetyo dan Wahyu Meiranto. (2017). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI Tahun 2013 – 2015.Diponegoro Journal of Accounting. Volume 6. Nomor 3. Halaman 1.

Arikunto, S. (2016). Prosedur peneitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bambang riyanto. (1999). Dasar-dasar pembelanjaan. BPFE. Yogyakarta.

Brigham dan Houston. (2006). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Penerjemah: Ali Akbar Yulianto. Edisi 10. Buku 1. Jakarta: salemba Empat.

Brigham dan Houston. (2010). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. Buku 1 Edisi

Kesebelas. Jakarta: salemba Empat.

Darsono. (2008). Akuntansi Manajemen Edisi 2. Jakarta:Mitra.

Fahmi, Irham. (2012). Analisis Kinerja Keuangan, Bandung: Alfabeta

Fahmi, Irham. (2013). Analisis Kinerja Keuangan, Cetakan Ketiga. Bandung: Alfabeta

Ghozali, Imam. (2001). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS

Edisi Kedelapan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Deponogoro.

Ghozali, Imam, (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, BP UNDIP. Semarang.

Gujarati, Amodar N. (1995). Basic Econometrics. Third Edition. New York: McGraw-Hill.p.809.

Harahap, M. Yahya. (2007). tentang Perseroan Terbatas. Makalah Seminar disampaikan di Gedung Manggala Wanabakti. Jakarta. dikutip dari MC Oliver EA Marshal. Company LawHandbook Series. 1991. Sinopsis UU No.40

Harahap, Sofyan Syafitri. (2004). Akuntansi Aktiva Tetap, Edisi ketiga, Jakarta: penerbit PT. Raja Grafindo.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kelima. Jakarta: PT raja Grafindo Persada.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Pertama. Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Lais Khafa dan Herry Laksito. (2015). Pengsruh CSR, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepuusan Investasi dan Nilai Perusahaan.Diponegoro Journal of Accounting Volume 4. Nomor 4. Halaman 1.

Nur Kholis. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Sektor Manufaktur. Yogyakarta.

Prastowo, Joko dan Miftachul Huda. (2011). Corporate Social Responsibility Kunci

Meraih Kemuliaan Bisnis. Yogyakarta: Samudra Biru.

Rilla Gantino. (2016). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008 – 2014. Jakarta. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis.

Rustiarini, Ni Wayan. (2010). “Pengaruh corvorate governaca pada hubungan corporate sosial responsebeliti dan nilai perusahaan”. Simposium nasional akuntasi XIII. Purwokerto.

Santoso, Singgih. (2004). Buku Latihan SPSS Atatistik Parametrik, PT. Elex Media Kompuntindo. Jakarta.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Siti Purwaningsih. (2014). Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v6i2.594

Article Metrics

Abstract views: 315 | PDF views: 381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics