PERAN ORIENTASI PASAR DAN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA USAHA
(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAKSI
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) peran orientasi pasar dalam meningkatkan kinerja usaha. 2) peran pengembangan kewirausahaan dalam meningkatkan kinerja usaha. 3) peran orientasi pasar dan pengembangan kewirausahaan secara bersama-sama dalam meningkatkan kinerja usaha.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini umkm di wilayah alun-alun kidul kota Surakarta. Sampel penelitian ini sebanyak 30 responden dengan menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda.
Hasil penelitian sebagai berikut: (1) orientasi pasar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja usaha 0,000, 2) pengembangan kewirausahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja usaha 0,003. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi dapat dikatakan bahwa 20,7% kinerja usaha dapat dipengaruhi oleh variabel orientasi pasar dan pengembangan kewirausahaan. Selanjutnya sisanya yaitu 79,3% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu faktor sosio demografi, faktor sikap, dan faktor kontekstual.
Kata Kunci: Orientasi Pasar, Pengembangan Kewirausahaan, Meningkatkan Kinerja Usaha
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Anggoro, W. B. (2005). Penerapan e-Learning sebagai Langkah Universitas Islam Indonesia Meningkatkan Kualitas dan Efektivitas Penyelenggaraan Pendidikan Konvensional. Lomba Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Bangun, Wilson, 2008, Budaya Organisasi, Dampaknya Pada Peningkatan Daya Saing Perusahaan, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Maranatha, Bandung
Fandy Tjiptono dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, Andi
Gumirlang Wicaksono. 2012. Meningkatkan Kinerja UMKM industri kreatif melalui pengembangan Kewirausahaan dan Orientasi Pasar, Jurnal Ekonomi dan Manajemen.
Hery Setiawan Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya Vol.11 No.3 September 2013
I Gede Riana (2011) Jurnal Teknik Industri, Vol. 13, No. 1, Juni 2011, 37-44
Kohli, Ajay K., Bernard J. Jaworski. 1990. Market Orientation : The Construct, Research Proposition, and Managerial Implications. Journal of Marketing, 54(1):1-18.
Kotler Philip, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, and Chi tiong tan, 2004, Marketing management: An asian perspective. Third edition, Alih Bahasa Zein isa, New Jersey, Pearson Education. Inc.
Kumalaningrum, Maria Pampa. 2011. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan terhadap Profitabilitas UKM dengan Orientasi Pasar sebagai Variabel Pemediasi, Jurnal Ekonomi, 6(2):99-112.
Lamb, Charles W, Joseph F. Hair, Carl McDanniel, 2001,”Pemasaran” Buku Satu (Alih Bahasa David Octarevia), Jakarta, Penerbit Salemba Empat.
Li, S., Ragu-Nathan,B., Ragu-Nathan, T.S. & Subba Rao, S. 2006. “The Impact of Supply Chain Management Practise on Competitive Advantage and Organizational Performance,” Omega, 34(1). 107 – 124
Lestari. 2010. Pengaruh Orientasi Wirausahaa Terhadap Kinerja UKM Eksportir Kerajinan Keramik di Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Skripsi dipublikasikan. Fakultas Ekonomi, Universitas Gunadarma.
Matsuno, Ken; Mentzer, John T.; Ozmoser, Aysegul. 2002 “The Effect of Entrepreneurial Proclivity and Market Orientation on Business Performance”. Journal of Marketing, vol 66, isuue 3, p 18-32.
Mega Usvita, 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap kinerja perusahaan melalui keunggulan bersaing sebagai variabel interving, Jurnal Ilmu Ekonomi
Miles,Morgan, Joe Giglierano, Rob Vitale, 2003 “Entreprenurial Orientation, Market Orientation, and Performance In Established And Startup Firm, www.cob.sjsu.edu/facstaff/giglie_i/Research/Sympap2003
Miller, D. 1983. The Correlates of Entrepreneurship in Three Types of Firms. Managemen Science, 29(1):770-791
Naman, J. L., & Slevin, D. P. 1993. Entrepreneurship and the concept of fit: A model and empirical tests. Strategic Management Journal, 14, 137-153.
Narver, Jhon C., & Stanley F. Slatter.1990. The Effect of Market Orientation on Business Profitability. Journal of Marketing, 54(4):20 – 35
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v6i2.595
Article Metrics
Abstract views: 364 | PDF views: 327Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© Excellent | View Statistics |