ANALISIS PENGARUH PERSPEKTIF-PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KARANGANYAR
(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan untuk memberikan bukti bahwa perspektif-perspektif dalam balanced scorecard secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kinerja perusahaan pada Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Penelitian ini dilakukan dengan responden karyawan perusahaan dalam menilai kinerja perusahaan yang beralamatkan di Komplek Perkantoran Cangakan Karanganyar 57712. Populasi dalam penelitian ini 95 responden, tetapi hanya 88 sampel yang sempurna. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang dikirimkan pada responden penelitian dan data sekunder, yang diperoleh dari literature-literatur atau data yang mendukung.Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, reliabilitas, analisis regrisi linier berganda, ujiasumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan perspektif keuangan berpengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan, perspektif pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Uji F yang dilakukan menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan secara simultan terhadap kinerja perusahaan pada PDAM Karanganyar. Hasil Uji t menunjukan perspektif keuangan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Perspektif pelanggan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Perspektif proses bisnis internal berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan dapat menjelaskan kinerja perusahaan sebesar 26,4% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Kinerja Perusahaan,Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal Serta Perspektif,Pembelajaran Dan Pertumbuhan.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Bandung: Renika Cipta
Asmaryani, Esi (2006) Balanced Scorecard: Penilaian Kinerja Dengan PendekatanBalanced Scorecard; Skripsi, Fakultas Ekonomi UNS Surakarta.
Ferdinan, Efraim (1998). Balanced Scorecard: Suatu Sistem Pengukuran Kinerja Strategik. Kajian Bisnis, Noor 13 Januari-April
Garisson&Norren, 2000. Akuntansi Manajemen. Salemba Empat
Ghozali, Imam, 2003, Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Gujarati, Damodar dan ZainSumarno, 1995, EnkometrikaDasar. Erlangga, Yakarta
Gunawan, Barbara (2000) BalancedScorecard: PerspektifBaruDalamMenilaiKinerjaOrganisasi. JurnalAkuntansi dan Investasi
Handoko, Hani dkk,2005, StrategiOrganisasi, Amara Books, Yogyakarta.
Helfert, Erich. A, 1996, TeknikAnalisisKeuangan (PetunjukPraktisUntukMengelola dan MengukurKinerjaPerusahaan), Edisi 8, Jakarta: Erlangga
Indriyati (2008). AnalisisPengaruhPerspektif-PerspektifBalancedScorecardTerhadapKinerjaperusahaan, Skripsi, JurusanAkuntansi STIE AUB Surakarta
Kaplan, RS& Norton, D.P (1996).The Balanced Scorecard: Translating Strategy Intoaction. Boston: Harvard Business School Press
Kuncoro, MudjaratPh.D (2002). Metode Riser UntukBisnisdanEkonomi. Jakarta: Erlangga
MulyadidanJohnySetyawan, 1999, SistemperencanaandanPengendalianManajemen, Yogyakarta: Aditya Media
Mulyadi, 1999, Strategic Manajement System DenganPendekatan Balanced Scorecard. (Bagianpertamadariduatulisan), Usahawan
Santoso, Singgih, 2002, SPSS Versi 10; Mengolah Data StatistikSecaraProfesional, Jakarta: Elex Media Komputindo
Setiono (2004).AnalisisPengukuranKinerja Perusahaan DenganKonsep Balanced Scorecard, Skripsi, FakultasEkonomi UNS Surakarta
Soetjipto, Budi W, 1997, MengukurKinerjaBisnisDengan Balanced Scorecard, Usahawan
Subagyo, PangestudanDjarwanto Ps, 2005, StaistikaInduktif, Edisi 5, Yogyakarta: BPFE-UGM
Suharyadi dan Purwanto S.K (2006). Statistika Untuk Ekonomi dan Keangan Modern.Salemba Empat
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.623
Article Metrics
Abstract views: 724 | PDF views: 869Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© Excellent | View Statistics |