ANALISIS PENGARUH PERSPEKTIF-PERSPEKTIF BALANCED SCORECARD TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM KARANGANYAR

Endang Saryanti(1*) , Erna Tiningrum(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan untuk memberikan bukti bahwa perspektif-perspektif dalam balanced scorecard secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap kinerja perusahaan pada Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Penelitian ini dilakukan dengan responden karyawan perusahaan dalam menilai kinerja perusahaan yang beralamatkan di Komplek Perkantoran Cangakan Karanganyar 57712. Populasi dalam penelitian ini 95 responden, tetapi hanya 88 sampel yang sempurna. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui kuesioner yang dikirimkan pada responden penelitian dan data sekunder, yang diperoleh dari literature-literatur atau data yang mendukung.Teknik analisis data yang digunakan uji validitas, reliabilitas, analisis regrisi linier berganda, ujiasumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan perspektif keuangan berpengaruh negatif terhadap kinerja perusahaan, perspektif pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Uji F yang dilakukan menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan secara simultan terhadap kinerja perusahaan pada PDAM Karanganyar. Hasil Uji t menunjukan perspektif keuangan berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Perspektif pelanggan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Perspektif proses bisnis internal berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja Perusahaan Daerah Air Minum Karanganyar. Hasil koefisien determinasi menunjukan bahwa perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, pembelajaran dan pertumbuhan dapat menjelaskan kinerja perusahaan sebesar 26,4% dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

 

Kata Kunci: Kinerja Perusahaan,Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal Serta Perspektif,Pembelajaran Dan Pertumbuhan.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, 2006, Prosedur penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Bandung: Renika Cipta

Asmaryani, Esi (2006) Balanced Scorecard: Penilaian Kinerja Dengan PendekatanBalanced Scorecard; Skripsi, Fakultas Ekonomi UNS Surakarta.

Ferdinan, Efraim (1998). Balanced Scorecard: Suatu Sistem Pengukuran Kinerja Strategik. Kajian Bisnis, Noor 13 Januari-April

Garisson&Norren, 2000. Akuntansi Manajemen. Salemba Empat

Ghozali, Imam, 2003, Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gujarati, Damodar dan ZainSumarno, 1995, EnkometrikaDasar. Erlangga, Yakarta

Gunawan, Barbara (2000) BalancedScorecard: PerspektifBaruDalamMenilaiKinerjaOrganisasi. JurnalAkuntansi dan Investasi

Handoko, Hani dkk,2005, StrategiOrganisasi, Amara Books, Yogyakarta.

Helfert, Erich. A, 1996, TeknikAnalisisKeuangan (PetunjukPraktisUntukMengelola dan MengukurKinerjaPerusahaan), Edisi 8, Jakarta: Erlangga

Indriyati (2008). AnalisisPengaruhPerspektif-PerspektifBalancedScorecardTerhadapKinerjaperusahaan, Skripsi, JurusanAkuntansi STIE AUB Surakarta

Kaplan, RS& Norton, D.P (1996).The Balanced Scorecard: Translating Strategy Intoaction. Boston: Harvard Business School Press

Kuncoro, MudjaratPh.D (2002). Metode Riser UntukBisnisdanEkonomi. Jakarta: Erlangga

MulyadidanJohnySetyawan, 1999, SistemperencanaandanPengendalianManajemen, Yogyakarta: Aditya Media

Mulyadi, 1999, Strategic Manajement System DenganPendekatan Balanced Scorecard. (Bagianpertamadariduatulisan), Usahawan

Santoso, Singgih, 2002, SPSS Versi 10; Mengolah Data StatistikSecaraProfesional, Jakarta: Elex Media Komputindo

Setiono (2004).AnalisisPengukuranKinerja Perusahaan DenganKonsep Balanced Scorecard, Skripsi, FakultasEkonomi UNS Surakarta

Soetjipto, Budi W, 1997, MengukurKinerjaBisnisDengan Balanced Scorecard, Usahawan

Subagyo, PangestudanDjarwanto Ps, 2005, StaistikaInduktif, Edisi 5, Yogyakarta: BPFE-UGM

Suharyadi dan Purwanto S.K (2006). Statistika Untuk Ekonomi dan Keangan Modern.Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.623

Article Metrics

Abstract views: 724 | PDF views: 869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics