STRATEGI PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN AYAM SEGAR PADA RUMAH PEMOTONGAN AYAM (RPA) “AMANY CHICKEN” KLODRAN COLOMADU KARANGANYAR

Leny Arta Rez(1*) , Yosephine Angelina Yulia(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi kualitas produk, harga, promosi dan saluran distribusi
terhadap volume penjualan ayam segar pada Rumah Pemotongan Ayam (RPA) Amany Chicken Klodran Colomadu
Karanganyar. Lokasi penelitian ini adalah Rumah Pemotongan Ayam di Desa Klodran. Populasi dalam penelitian ini
adalah pelanggan ayam segar pada Rumah Pemotongan Ayam (RPA) Amany Chicken Klodran Colomadu
Karanganyar sejumlah 86 orang, sampel yang diambil sejumlah 100% dari populasi yaitu sebesar 86 orang. Metode
analisis dalam penelitian ini terdiri dari, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear
berganda, uji t, uji F dan uji R2. Hasil persamaan regresi linear berganda menunjukkan, artinya bahwa kualitas
produk, harga, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan ayam segar pada Rumah
Pemotongan Ayam (RPA) Amany Chicken Klodran Colomadu Karanganyar, sedangkan saluran distribusi
berpengaruh positif dan tidak signifikan. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga,
promosi, dan saluran distribusi secara simultan berpengaruh terhadap volume penjualan ayam segar di Rumah
Pemotongan Ayam (RPA) Amany Chicken Klodran Colomadu. Hasil uji R2 menunjukkan bahwa variabel kualitas
produk, harga, promosi, dan saluran distribusi mampu mempengaruhi volume penjualan sebesar 76,8% dan sisanya
23,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.


Keywords


volume penjualan, kualitas produk, harga, promosi, saluran distribusi

Full Text:

Untitled

References


Abdullah, T. Dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada .

Agustina, L., Lia, S., & Firmansyah, K. Pengaruh Saluran Distribusi, Kualitas Produk, dan Harga

Promosi Terhadap Volume Penjualan Kue Bangkit di Home Industri Ummi Nurul 88 Kota

Tanjungpinang.

Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arisa, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika

Bisnis Islam (Study Pada Rahmat Batik Lampung, Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, IAIN

Raden Intan Lampung).

Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Basu, Swastha, & Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta.

Boon, Kurtz (2008). Contemporary Marketing ., New York: Sount-West Cengage Learning.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan

Penerbit Universitas Diponegoro.

Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-dasar Marketing) Cara Mudah Memahami Ilmu

Pemasaran. Yogyakarta : Gosyeng Publishing

Karim, D., Sepang, J. L., & Lumanauw, B. (2014). Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume

Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi,

Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1).

Kotler, Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga

Kotler, dan keller. (2012). Manajemen pemasaran. Edisi-12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. (2002). Jakarta: PT.Prehalindo.

Kotler dan Amstrong.2005. Manajemen Pemasaran. Perhalindo. Jakarta Selatan

Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta :

Erlangga.

Kurtz. 2008. Principles Of Canteporary Marketing. International Student Ed. Thomson Higher

Education: Manson

Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat:

Jakarta

Mulyadi. (2005). Akuntansi Biaya Edisi 5. Cetakan ketujuh Jogjakarta: Aditya Media.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Philip Kotler and Keith Cox. 1984. Manajemen dan Strategi Pemasaran, Edisi Revisi, Diterjemahkan

Taufik Salim. Jakarta : Erlangga.

Rompas, D., Tumbuan, W. J., & Sumarauw, J. S. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume

Penjualan Pada PT. Tridjaya Mulia Sukses. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,

Bisnis dan Akuntansi, 5(3).

Sari, K. M. P., & Kusumadewi, N. M. W. (2016). Analisis Pengaruh Bauran pemasaran Terhadap

Volume Penjualan Pada PT. Hatten Bali di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5(5).

Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lufti. 2012. Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis.

Edisi 2. Medan: USU Press

Suddin, A. F. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Ayam Pedaging

Di Kota Makassar. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan, 1(1).

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di

PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,

Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Umar, Husein. 2002. Metodologi Penelitian Aplikasi dalam pemasaran. edisi II, Jakarta: PT. Gramedia

Pustaka Utama.

Widyawan, Y. (2016). Pengaruh Biaya Promosi dan Distribusi terhadap Peningkatan Volume Penjualan

pada Perusahaan Bakery Laras di Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah

Surakarta).

Yulia, Yosephine. A., Sari, Cahyani, T. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Elektronik Pada Layanan.

Vol 6 (2019) ; p.23-28




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.882

Article Metrics

Abstract views: 484 | Untitled views: 318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics