STRATEGI PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN AYAM SEGAR PADA RUMAH PEMOTONGAN AYAM (RPA) “AMANY CHICKEN” KLODRAN COLOMADU KARANGANYAR
(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
terhadap volume penjualan ayam segar pada Rumah Pemotongan Ayam (RPA) Amany Chicken Klodran Colomadu
Karanganyar. Lokasi penelitian ini adalah Rumah Pemotongan Ayam di Desa Klodran. Populasi dalam penelitian ini
adalah pelanggan ayam segar pada Rumah Pemotongan Ayam (RPA) Amany Chicken Klodran Colomadu
Karanganyar sejumlah 86 orang, sampel yang diambil sejumlah 100% dari populasi yaitu sebesar 86 orang. Metode
analisis dalam penelitian ini terdiri dari, uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear
berganda, uji t, uji F dan uji R2. Hasil persamaan regresi linear berganda menunjukkan, artinya bahwa kualitas
produk, harga, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan ayam segar pada Rumah
Pemotongan Ayam (RPA) Amany Chicken Klodran Colomadu Karanganyar, sedangkan saluran distribusi
berpengaruh positif dan tidak signifikan. Hasil analisis uji F menunjukkan bahwa variabel kualitas produk, harga,
promosi, dan saluran distribusi secara simultan berpengaruh terhadap volume penjualan ayam segar di Rumah
Pemotongan Ayam (RPA) Amany Chicken Klodran Colomadu. Hasil uji R2 menunjukkan bahwa variabel kualitas
produk, harga, promosi, dan saluran distribusi mampu mempengaruhi volume penjualan sebesar 76,8% dan sisanya
23,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.
Keywords
Full Text:
UntitledReferences
Abdullah, T. Dan Francis Tantri. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada .
Agustina, L., Lia, S., & Firmansyah, K. Pengaruh Saluran Distribusi, Kualitas Produk, dan Harga
Promosi Terhadap Volume Penjualan Kue Bangkit di Home Industri Ummi Nurul 88 Kota
Tanjungpinang.
Anoraga, Pandji. 2004. Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arisa, N. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Dalam Perspektif Etika
Bisnis Islam (Study Pada Rahmat Batik Lampung, Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, IAIN
Raden Intan Lampung).
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Basu, Swastha, & Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty. Yogyakarta.
Boon, Kurtz (2008). Contemporary Marketing ., New York: Sount-West Cengage Learning.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan
Penerbit Universitas Diponegoro.
Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-dasar Marketing) Cara Mudah Memahami Ilmu
Pemasaran. Yogyakarta : Gosyeng Publishing
Karim, D., Sepang, J. L., & Lumanauw, B. (2014). Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume
Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi,
Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1).
Kotler, Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kotler, dan keller. (2012). Manajemen pemasaran. Edisi-12. Jakarta : Erlangga.
Kotler, P. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. (2002). Jakarta: PT.Prehalindo.
Kotler dan Amstrong.2005. Manajemen Pemasaran. Perhalindo. Jakarta Selatan
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta :
Erlangga.
Kurtz. 2008. Principles Of Canteporary Marketing. International Student Ed. Thomson Higher
Education: Manson
Lupiyoadi dan Hamdani, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa Edisi kedua. Penerbit Salemba Empat:
Jakarta
Mulyadi. (2005). Akuntansi Biaya Edisi 5. Cetakan ketujuh Jogjakarta: Aditya Media.
Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta
Philip Kotler and Keith Cox. 1984. Manajemen dan Strategi Pemasaran, Edisi Revisi, Diterjemahkan
Taufik Salim. Jakarta : Erlangga.
Rompas, D., Tumbuan, W. J., & Sumarauw, J. S. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume
Penjualan Pada PT. Tridjaya Mulia Sukses. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,
Bisnis dan Akuntansi, 5(3).
Sari, K. M. P., & Kusumadewi, N. M. W. (2016). Analisis Pengaruh Bauran pemasaran Terhadap
Volume Penjualan Pada PT. Hatten Bali di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 5(5).
Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lufti. 2012. Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis.
Edisi 2. Medan: USU Press
Suddin, A. F. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Produk Ayam Pedaging
Di Kota Makassar. Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan, 1(1).
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alfabeta.
Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di
PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen,
Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Umar, Husein. 2002. Metodologi Penelitian Aplikasi dalam pemasaran. edisi II, Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Utama.
Widyawan, Y. (2016). Pengaruh Biaya Promosi dan Distribusi terhadap Peningkatan Volume Penjualan
pada Perusahaan Bakery Laras di Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah
Surakarta).
Yulia, Yosephine. A., Sari, Cahyani, T. (2019). Pengukuran Kualitas Layanan Elektronik Pada Layanan.
Vol 6 (2019) ; p.23-28
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.882
Article Metrics
Abstract views: 484 | Untitled views: 319Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© Excellent | View Statistics |