PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PESAN ANTAR MAKANAN GOFOOD DI KOTA SOLO

Hafidh Okta Wibowo(1*) , Saptani Rahayu(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) STIE AUB Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh Kualitas Pelayanan,
Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif.
Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner yang
disebarkan secara online kepada responden yang terdaftar sebagai pengguna layanan Gofood di Surakarta
dengan jumlah sampel sebanyak 100. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda untuk
pengujian hipotesis dan asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaaruh positif signifikan terhadap keputusan
pembelian, dan promosi berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil
uji F secara simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, harga, dan promosi berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian. Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa penelitian ini memiliki
pengaruh sebesar 54.1% sedangkan sisanya 45.9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.


Keywords


Keputusan Pembelian, Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi.

Full Text:

Untitled

References


Achidah, Nur. 2016. Pengaruh promosi, harga, dan desain terhadap keputusan pembelian sepeda motor

mio gt (study empiris pada produk yamaha mio gt di weleri-kendal),Journal Of Management,

Volume 2 No.2.

Algifari. 2016. Mengukur Kualitas Layanan. Cetakan ke 1. Yogyakarta: BPFE

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Assauri, Sofjan . (2009). Strategic Marketing Sustaining Life Time Customer Value . Depok: PT Raja

Grafindo Persada .

Chriswardana Bayu Dewa. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, Penjualan Jasa GrabCar

Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Perspektif vol.16 ed.1 pp 1-6.

Deisy, Malonda, Joyce Lapian dan Yunita Mandagie. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk

dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian handphone Samsung pada seluruh gerai - gerai

seluler di IT Manado. Jurnal EMBA, Vol. 6 No.4, pp 2288- 2297.

Dewa Gede Adi Adnyana Ni Wayan Sri Suprapti. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Persepsi Harga

Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Gojek Di Kota Denpasar. Jurnal E- Manajemen

Vol. 7, No. 11

Jasfar, Farida (2012). Teori dan Aplikasi 9 Kunci Keberhasilan Bisnis Jasa. Jakarta Selatan: Salemba

Empat .

Ketmi Novrin Surianto dan Ety Istriani (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga

dan Promosi Terhadapa Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grab-Cardi

Yogyakarta. Artikel.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen. (15th Edition).London

:Pearson Education,Inc.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba

Empat.

Nugroho, Rizma and -, Sri Murwanti, S.E., M.M. (2018) Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Pelayanan,

Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Taksi Online Go-Car di Kota

Solo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tjiptono, Fandy., 2013, Pemasaran Jasa. Jogjakarta: Penerbit Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i1.888

Article Metrics

Abstract views: 3267 | Untitled views: 8260

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics