PENGARUH PENGALAMAN KONSUMEN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK IPHONE DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI SURAKARTA

Yosephine Angelina Yulia(1*) , Endang Saryanti(2)


(1) STIE AUB Surakarta
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK-Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memberikan bukti empiris bahwa Pengalaman Konsumen yang terdiri dari Product Experience, Outcome Focus, Moment of Truth, dan Peace of Mind berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen pengguna produk iPhone. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kuantitatif. Ruang Lingkup penelitian di Surakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling memilih sampel dengan tujuan tertentu secara subyektif peneliti sesuai kriteria-kriteria yang ditetapkan dan harus dipenuhi oleh sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 145 reponden pengguna produk iPhone yang ada di Surakarta. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik uji statistik deskriptif, uji linieritas, uji hipotesis). Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian hipotesis penelitian ini menunjukan bahwa variabel Outcome Focus dan Moment of Truth berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan konsumen, variabel Outcome Focus dan Moment of Truth berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, variabel Product Experience berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, variabel Product Experience dan Peace of Mind tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, variabel Peace of Mind dan Kepuasan konsumen tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Loyalitas konsumen.
Kata kunci: Pengalaman Konsumen, Konsumsi Barang Mewah, Produk iPhone, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen

Full Text:

PDF

References


Andjani, Erna. (2015), Understanding Customer Experience Management in Retailing. Procedia-Social and Behavioral Science 211 (2015) 629 – 633.

Azwar, Saifuddin. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Babin, B. J., Darden, W. R., & Griffin, M. (1994). Work and/or Fun: Measuring Hedonic and Utilitarian Shopping Value. The Journal of Consumer Research, 20(4) (p.644-656).

Caru` , A. & Cova, B. (2003). Revisiting consumptionexperience: A more humble but complete view of the concept. Marketing Theory 3(2) (p.267–286).

Chen. F.; P.J. Curran; K.A. Bollen; J. Kirby; & P. Paxton. 2008. An Empirical Evaluation of The Use of Fixed Cutoff Point in RMSEA Test Statistic in Structural Equation Models Sociological Metods Research. 36: 462-494.

Engel, J. F., et. al. (1994). Perilaku Konsumen. Jakarta: Binarupa.

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian Untuk Penulisan

Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F., et. Al. (2000). Multivariate Data Analysis. 6th ed. USA: Prentice Hall

Pine, J. & Gilmore, J.H. (1999). The Experience Economy: Work is Theatre and Every Business a Stage.

Harvard Business School Press, Boston

Schmitt, B.H. (2003). Customer Experience Management: A evolutionary Approach to Connecting with Your Customer. Wiley and Sons, New Jersey.

Sekaran, U. 2006. Research Methods For Business. Edisi 4, Buku 1, Jakarta: Salemba Empat.


Article Metrics

Abstract views: 618 | PDF views: 1950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
©  Journal of Marketing and CommerceÂ