Peningkatan Keputusan Membeli Kartu Prabayar Indosat Melalui Kualitas Produk, Harga dan Promosi

Andreyan Kyky Himawan(1*) , Linda Nur Susila(2)


(1) STIE Adi Unggul Bhirawa, Surakarta
(2) STIE Adi Unggul Bhirawa, Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara empiris pengaruh kualitas produk , harga dan promosi terhadap keputusan memebeli kartu prabayar Indosat. Tehnik pengumpulan data dengan  kuesioner terhadap 100 orang responden pembeli kartu prabayar Indosat di Kecamatan Mojogedang dengan menggunakan teknik sampel accidental sampling. Analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, uji t, uji F dan uji koefisien determinasi (R2)
Hasil analisis linier berganda  menunjukkan bahwa kualitas produk, harga dan promosi berpengaruh positif terhadap keputusan membeli kartu prabayar Indosat di Kecamatan Mojogedang. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli kartu prabayar Indosat di Kecamatan Mojogedang sedangkan harga berpengaruh tidak signifikan. Hasil uji F diperoleh kesimpulan bahwa produk, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli kartu prabayar Indosat di Kecamatan Mojogedang. Angka adjusted R Square sebesar 0,715 yang artinya bahwa variabel kualitas produk, harga dan promosi mampu mempengaruhi keputusan membeli sebesar 71,5%, sedangkan sisanya sebesar 28,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Misalnya: citra merek, lokasi dan pelayanan
Kata Kunci : Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Keputusan Membeli

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Buchari, Alma. 2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Evelina, Nela dan Handoyo. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (Studi kasus pada konsumen TelkomFlexi di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler & Keller. 2012. Marketing Management, 14th, Person Education.

Molan, Benyamin. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Kelompok Media.

Mongi, Lidya dan Mananeke, Lisbeth. 2013. Kualitas produk, Strategi, Promosi dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Simpati Telkomsel di Kota Manado. Manado: Fakultas Ekonomi Universitas Sam Ratulangi.

Priyanto, Eko. 2018. Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Membeli Sepeda Motor Yamaha di PT. Sumber Baru Rejeki Surakarta. Surakarta: STIE AUB.

Rahman, Arif. 2010. Strategi Dahsyat Marketing Mix for Small Business Cara Jitu Merontokan Pesaing. Cetakan Pertama Jakarta : Trans Media Pustaka.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Saladin, Djaslim. 2003. Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Setiadi, Nugroho J. 2010. Perilaku Konsumen. Cetakan 4. Edisi revisi. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta: CAPS, Cetakan 1.

Swasta, Basu dan Handoko, Hani. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. BPFE. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran, Edisi ke dua. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Jasa, Edisi Pertama. Malang: Penerbit Banyumedia Publishing.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran. Andi. Yogyakarta.

Wibowo, Krestiawan. 2013. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Permen Tolak Angin di Semarang. Semarang: Universitas Diponegoro.


Article Metrics

Abstract views: 217 | PDF views: 239

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
©  Journal of Marketing and Commerce