Efektivitas Dari Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Pada Konsumen Di Wilayah DKI Jakarta)

Ellena Nurfazria Handayani(1*) , Melani Quintania(2) , Firsan Nova(3) , Resa Nurlaela Anwar(4) , Haddad Alif Dafa Tiswoyo(5)


(1) Universitas Darma Persada
(2) Universitas Darma Persada
(3) Universitas Darma Persada
(4) Universitas Darma Persada
(5) Universitas Darma Persada
(*) Corresponding Author

Abstract


Dengan melihat banyaknya persaingan antar merek Smartphone yang bermunculan seperti Oppo, Xiaomi, Vivo, Samsung, Realme yang menyebabkan persaingan yang kompetitif dalam hal penciptaan dan pengenalan seluruh produk-produk mereka ke konsumen. Penelitian ini secara spesifik bertujuan untuk menguji efektivitas dari keputusan pembelian Smartphone Xiaomi studi pada konsumen di wilayah DKI Jakarta. Jenis pienielitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif Subjek dalam pienielitian ini adalah konsumien yang miengietahui dan miengunjungi Instagram Xiaomi sierta miembieli Smartphonie Xiaomi dalam jangka waktu maksimal 3 bulan tierakhir sierta bierdomisili di wilayah DKI Jakarta. Analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa Social Media Marketing secara efektif berpengaruh atas keputusan pembelian dan Brand Identity juga secara efektif berpengaruh atas keputusan pembelian secara parsial. Kedua faktor di atas memberikan kontribusi efektivitasnya keputusan pembelian smartphone Xiaomi studi pada konsumen di wilayah DKI Jakarta sangat tinggi yaitu 89,2 persen.


Keywords


keputusan pembelian, social media marketing brand identity.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Adlan, H., & Indahingwati, A. (2020). Analisis Model AISAS terhadap Keputusan Pembelian dalam Penggunaan SEO (Kajian Empiris Konsumen Di Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 9(1).

Aziz, A. N., Martini, N., & Siregar, S. (2022). Pengaruh Fitur dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi (Studi Kasus pada Komunitas Facebook Mi Fans Karawang). Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(2), 53-60. doi:10.34308/eqien.v9i2.347

Cyntia, F., & Muhammad, S. (2016, Oktober). Pengaruh Brand Identity terhadap Keputusan Pembelian Produk di Rabbani Bunker Rawa Mangun Jakarta Timur. Jurnal Utilitas, 2(2), 130-139. doi:10.22236/utilitas.v2i2.4703

Davis, J. J. (2021, October 18). AIDA Model in Copywriting. Retrieved January 2024, from MEDIUM: https://jamesjdavis.medium.com/aida-model-in-copywriting-ed3f15e15ba7

Elyawati, E. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Social Media Marketing, dan Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Scarlett Whitening di Platform Tiktok. Manajemen Pemasaran dan Periklanan. Yogyakarta: STIE YKPN.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM Statistik SPSS 25 (9th Ed.). Semarang: BPFE.

Gultom, N. W. (2014). Analisis Proses Pembentukan Corporate Brand, Brand Identity dan Brand Awarness melalui Online Branding (Studi Kasus Jakarta Post Travel). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Jakarta: Universitas Indonesia.

Gunelius, S. (2011). Minute Social Media Marketing. United States: McGraw Hill.

Husain, T., Sani, A., Ardhiansyah, M., & Wiliani, N. (2020, March). Online Shop as an interactive media information society based on search engine optimization (SEO). International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT), 68(3), 53-57. doi:10.14445/22312803/IJCTT-V68I3P110

Kambali, I., & Masitoh, S. (2021, Maret). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Jasa Pengiriman Barang di Kantor Pos Pati 59100. Pro Mark: Jurnal Bisnis dan Pemasaran, 11(1).

Kotler, P., & Keller, K. (2018). Marketing Management (15th Ed.). England: Pearson Education.

Kotler, P., Armstrong, G. M., & Opresnik, M. O. (2017). Principles of Marketing (17th Ed.). United Kingdom: Pearson.

Lestari, R. Y., Ratnanto, S., & Purnomo, H. (2021). Analisis Store Atmosphere, Lokasi Usaha, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Homely Koffee Kota Kediri. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi. 6, pp. 347-359. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Misbahuddin, & Hasan, I. (2022). Analisis Data Penelitian dengan Statistik (2nd Ed.). Jakarta: PT Bumi Askara.

Narottama, N., & Moniaga, N. E. (2022, Januari). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Destinasi Wisata Kuliner di Kota Denpasar. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 08(02), 741-773. doi:10.24843/JUMPA.2022.v08.i02.p19

Neumeier, M. (2013). The Dictionary of Brand. USA: Almaden Press.

Pramezwary, A., Juliana, Winata, J., Tanesha, R., & Armando, T. (2021). Brand Trust dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Produk di Masa Covid-19. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika, 19(1), 24-31. doi:10.31294/jp.v19i1.9376

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.

Radito, T. A., Lourensius, N., & Lapu, Y. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Xiaomi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 161-175. doi:10.51277/keb.v14i2.61

Raharjo, D. S., & Santosa, A. D. (2020). Stata 14 untuk Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Kepel Press.

Rajabi, M. F., & Handayani, C. S. (2021, Maret). Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Smartphone VIVO pada Siswa SMKN 1 Sooko Mojokerto. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 2(1), 461-471. doi:10.36456/jsbr.v2i1.3416

Shareef, M. A., Mukerji, B., Dwivedi, Y. K., Rana, N. P., & Islam, R. (2019, January). Social Media Marketing: Comparative Effect of Advertisement Sources. Journal of Retailing and Consumer Services, 46, 58-69. doi:10.1016/j.jretconser.2017.11.001

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Cetakan Kedua. 3rd Ed.). Bandung: CV. Alfabeta.

Tim Redaksi Kompas. (2023, Pebruari 20). 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia pada 2022, Oppo-Samsung Mendominasi. (G. P. Riyanto, & Y. Pratomo, Editors) Retrieved Januari 2024, from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2023/02/20/09030057/5-besar-vendor-smartphone-di-indonesia-pada-2022-oppo-samsung-mendominasi

Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa: Prinsip, Penerapan, dan Penelitian (Cetakan 1) (II Ed.). Yogyakarta: Penerbit Andi.

Wheeler, A. (2018). Designing Brand Identity Hoboken (5th Ed.). New Jersey: John Wiley & Sons.

Yusuf, R., Hendrayati, H., & Wibowo, L. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), 506-515. doi:10.38035/jmpis.v1i2.289




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v11i1.1726

Article Metrics

Abstract views: 156 | PDF views: 101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics