ANALISIS PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATANPENDAPATAN UMKM KULINER KECAMATAN SAWANGAN - DEPOK
(1) Universitas Pamulang, Tangerang
(2) Universitas Pamulang, Tangerang
(3) Universitas Pamulang, Tangerang
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan E-commerce terhadap peningkatan pendapatan UMKM kuliner Kecamatan Sawangan-Depok yang ditinjau dari segi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Teknik Analisa data yang digunakan adalah Analisa SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats). Analisis digunakan untuk mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal UMKM kuliner Kecamatan Sawangan Depok. Analisis SWOT yang digunakan adalah pendekatan secara kualitatif penelitian yang dipadukan dengan analisis deskriptif. Pendekatan kualitatif merupakan suatu analisis yang digunakan tanpa perhitungan angka-angka, tetapi berdasarkan penilaian atau pendapat serta dasar-dasar yang dapat menunjang dalam pengambilan keputusan yang bersifat subyektif. Sedangkan penggunaan analisis deskriptif bertujuan untuk penggalian tentang penggambaran obyek yang diteliti secara empiris. Sehingga, bisa diinformasikan fenomena real dari obyek yang diteliti. Metode pengumpulan data dari informan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta melakukan triangulasi data dari hasil temuan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce dapat memberikan kontribusi pada UMKM kuliner. Penjualan secara online ini seharusnya didukung dengan sistem e-commerce mulai dari pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman kuliner. Sistem e-commerce dapat memaksimalkan berbagai bentuk penjualan, pemasaran, dan kualitas pelayanan. Sistem e-commerce juga dapat menjadi media informasi yang memudahkan masyarakat sebagai calon konsumen, untuk memperoleh informasi dalam melakukan pembelian. Berdasarkan kelebihan yang diperoleh dari sistem e-commerce. Saran penelitian kepada UMKM kuliner agar dapat memanfaatkan kinerja aplikasi e-commerce dalam rangka pengembangan usaha kuliner yang lebih bervariatif yang ditawarkan melalui aplikasi online hingga mampu menciptakan kepuasan pelanggan yang berimbas pada peningkatan pendapatan UMKM kuliner Sawangan-Depok.
Â
Kata Kunci: Penggunaan E-commerce, peningkatan pendapatan UMKM kuliner.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Asosiasi UMKM Kota Depok. (2020). Susunan Pengurus Asosiasi UMKM Kota Depok Periode: 2014 – 2016. Dipetik Maret 2020, dari https://asosiasiumkmdepok.wordpress.com/keanggotaan/susunan-pengurus/
Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran: Dasar Konsep dan Strategi (Cetakan 16). Jakarta: Rajawali Pers.
Defrina, D., & Lestari, D. P. (2017). Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman Online Berbasis Mobile Browser pada Restoran Tiga Saudara. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 22(3), 158-170.
Hanny, R. (2017). Analisis Pengaruh Strategi, Komunikasi dan Kepercayaan terhadap Pengambilan Keputusan dalam Menjalankan E-Commerce Networking Bussiness (Pada Grup Facebook E-Commerce Nerworking Business Indonesia). Jurnal Ilmiah Manajemen FORKAMMA, 1(1), 90-111.
Hanny, R., & Azis, A. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Matahari Department Store Cileungsi. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(1), 93-110.
Hermawan, A. (2013). Promosi dalam Prioritas Kegiatan Pemasaran. Jakarta: PT. Buku Seru.
Husain, T. (2019). An Analysis of Modeling Audit Quality Measurement Based on Decision Support Systems (DSS). European Journal of Scientific Exploration, 2(6), 1-9.
Husain, T., Sani, A., Ardhiansyah, M., & Wiliani, N. (2020). Online Shop as an interactive media information society based on search engine optimization (SEO). International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT), 68(3), 53-57.
Isnanto, R. F., & Putra, A. (2014). Rancang Bangun Aplikasi M-Commerce Berbasis Android Sebagai Media Pemesanan Pada Distro Online. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Kasmi, W. S., Sari, N. Y., & Muslihudin, M. (2015). Pengembangan Electronic Commerce Dalam Proses Meningkatkan UKM Pada Dekranasda Kabupaten Pringsewu. EXPERT, 5(2), 42-47.
Khristiana, Y., & Octaviani, A. (2019). Pengaruh Keputusan Pembelian Melalui Online Shopping Pada Mahasiswa STIE AUB Surakarta. EXCELLENT: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan, 6(1), 29-36.
Kotler, Philip T., Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management (15 ed.). New Jersey: Pearson Prentice Hall Inc.
Lumenta, D. J., Mandey, S. L., & J., R. J. (2014). Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen PT. Pos Indonesia (Persero) Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi (EMBA), 2(3), 1550-1562.
Manseni, A. T. (2016). Implementasi Framework Codeigniter pada E-Commerce Studi Kasus Toko Kain Batik Arfak Mandiri Papua Manokwari. Teknik Informatika. Yogyakarta: STMIK AKAKOM.
Muslihudin, M., Wulandari, & Listiarini, M. (2017). Perancangan Aplikasi Business Berbasis Business to Consumer (B2C) Pada Wisata Kuliner Khas Lampung. Jurnal Keuangan dan Bisnis, 15(1), 54-69.
Octaviani, A., Khristiana, Y., & Saryanti, E. (2017). Strategi Pengembangan Program Kerja dalam Pembiayaan Usaha Kecil Mikro pada Koperasi Serba Usaha “Keluarga Sumber Bahagia 210†Kecamatan Nusukan Kota Surakarta. Wasana Nyata: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(3), 12-15.
Rangkuti, F. (2008). The Power Of Brands. Jakarta: Penerbit Gramedia.
Sani, A., & Wiliani, N. (2019). Faktor kesiapan dan adopsi teknologi informasi dalam konteks teknologi serta lingkungan pada UMKM di Jakarta. JITK (Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Komputer), 5(1), 49-56.
Sani, A., Rahman, T., Budiyantara, A., & Doharma, R. (2019). Measurement of Readiness in IT Adoption Among SMEs Manufacturing Industry in Jakarta. Journal of Theoretical and Applied Information Technology (JATIT).
Sugiono. (2015). Analisis Penyediaan dan Penggunaan Modal Kerja UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dalam Meningkatkan Laba Usaha pada KUB (Kelompok Usaha Bersama) Alam Lestari Depok. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis.1. FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung: CV. Alfabeta.
Suparyanto, & Rosad. (2015). Manajemen Pemasaran. Bogor: IN MEDIA.
Surahman, Rachmat, M., & Supardi, S. (2017, Agustus). Metodologi Penelitian: Modul Cetak Ajar Bahan Farmasi. Dipetik 2019, dari Pusdik SDM Kesehatan: http://bppsdmk.kemkes.go.id/pusdiksdmk/wp-content/uploads/2017/08/Metodologi-Penelitian-Komprehensif.pdf
Syah, R., Iqbal, M., & Elveny, M. (2014). Pembangunan Aplikasi E-Commerce dalam Menunjang Penjualan Produk pada CV.Riztech. TECHSI: Jurnal Penelitian Teknik Informatika, 4(1), 63-80.
Terry, G., & Rue, L. W. (2016). Dasar-Dasar Manajemen (17 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Tjiptono, F. (2015). Pemasaran Jasa- Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v7i1.626
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
©  Excellent |