Strategi Meningkatkan Kepuasan Dalam Membentuk Perilaku Nasabah Pada Lembaga Keuangan Perbankan Di Jawa Tengah

Siti Fatonah(1*) , Yuniatin Trisnawati Dwi Kusuma Wardani(2)


(1) 
(2) STIE “AUB” Surakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, citra  dan relationship marketing terhadap kepuasan dan dampaknya pada perilaku nasabah dalam membentuk loyalitas pada Lembaga keuangan di Jawa Tengah. Pengambilan sampel dalam  penelitian ini dengan menggunakan teknik Random sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam  penelitian  ini  adalah  sebanyak  100 responden  yang  merupakan nasabah Lembaga Keuangan Perbankan di Jawa Tengah. Alat analisis yang dipakai adalah uji instrumen penelitian, uji linearitas, analisis jalur dan regresi dengan uji t, uji F dan Uji R2.  Hasil Uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, citra dan relationship marketing berpengaruh positif  terhadap kepuasan nasabah. Dan kualitas pelayanan, relationship marketing dan kepuasan berpengaruh positif terhadap perilaku nasabah.  Sedangkan citra berpengaruh negatif  terhadap perilaku nasabah. Hasil pengaruh langsung dan tidak langsung dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasan sebagai variabel intervening kualitas pelayanan dan relationship marketing adalah tidak efektif, dan lebih efektif kualitas pelayanan dan relationship marketing berpengaruh secara langsung terhadap Perilaku nasabah  dalam membentuk loyalitas pada Lembaga Keuangan Wilayah Jawa Tengah. Dan sedangkan variabel Citra lebih efektif berpengaruh  terhadap perilaku nasabah apabila melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Sedangkan untuk Jalur langsung Relationship Marketing terhadap perilaku merupakan jalur yang paling dominan dan paling efektif dalam meningkatkan perilaku nasabah untuk loyal pada lembaga Keuangan Perbankan, karena mempunyai nilai koefisien regresi yang paling tinggi.

Kata  kunci  :            kualitas  pelayanan, citra,  relationship  marketing,  kepuasan  dan  perilaku nasabah

References


Albert, Weldison, 2007. Nasabah Bank Dalam Likuidasi. Hasil Survei. Econit Advisory Group dalam Swasembada. Desember. Jakarta.

Alma, Buchari, 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.

Anderson, James C., D.C. Jain, and Pradeep K. Chintagunta, 2007. Customer Value

Assessment In Business To Business Markets: A State of Practice Study. Journal Of Business To Business Marketing, Vol. 1, US

Arief, Sritua, 2003. Metodologi Penelitian Ekonomi, Cetakan Pertama. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.

Arikunto, Suharsimo, 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Assael, Henry, 2002. Customer Behaviour and Marketing. Gourth Edition. PWS-Kent Publishing company. Boston-USA.

Astuti, 2002, Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Relationship, Produk terhadap kepuasan dan Transaksi bank di Bank Indonesia wilayah kerja Malang, thesis, Unair.

Azwar, Saifudin, 2005. Basic Econometrics, 3rd ed. McGraw-Hill International. New York.

Bitner, Mary Jo, 2000. Building Service Relationship: It’s All About Promises. Journal Of The Academy Of Marketing Science. Vol. 23, No. 4, Miami.

Cronin, J. Joseph dan Steven A. Taylor, 2002, Measuring Service Quality: A Reexamination and Extention, Journal of Marketing, Vol. 56, 55-68.

Measurement of Service Quality, Journal of Marketing, Vol. 58, 125-131

Elliott, 2003, three customer values are key to market success, The Journal of Retail Banking Service

Ferdinand, Augusty, (2000), Struktural Equation Modeling, BP Undip Semarang

Fornell, C., 2006, A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience, Journal of Marketing, 56, 6-21

Frieder, Larry A., Gregor, William T., 2006. Bank Valuations : Meeting Customer and

Investor Needs (Part I). Bankers Magazine. Vol. 179. July/August. UMI-US.

. 2006. Bank Valuations : Meeting Customer and

Investor Needs (Part II). bankers Magazine. Vol. 179. July/August. UMI-US.

Garvin ,2007, Competing on quality, Harvard Business Review,65

Gale, Bradley T., 2004. Managing Customer value. Fress Press. New York.

Gronroos, Christina, 2000. Service Management and Marketing. Managing The Moment

Of Truth In Service Competition. Lexington Books. New York.

Ghozali, Imam, 2004, Analisis Multivariat, Badan Penerbit Undip, Semarang

Gujarati, Damodar, 2005. Basic Econometris, 3rd edition. McGraw Hill International. New York.

Hadi, Sutrisno, 2000. Analisis Butir. Ganesha. Bandung.

Hair et al., 2005. Multivariate Data Analysis Witrh Reading, 4th edition. Prentice-Hall International. New Jersey.

Humphreys, Michael A., Williams, Michael R., 2008. Exploring The Relative effect Of Salesperson Interpersonel Process Atributes and Technical product Attributes On Customer Satisfaction, Journal Of Personal Selleling and Sales Management. Vol. XVI. No. 3. US.

Kadi, ismail, 2000. Perilaku Konsumen Dalam Menabung Pada bank Persero Surabaya.

Thesis. Universitas Airlangga, Surabaya.

Kerlinger, Fred N., 2000. Foundation Of Behavioral Research. Third Edition. Holth.

Rinehart and Winston Inc. Oregon.

Kotler, Philip, 2002. Marketing Management : Analysis, Planning, Implementation and

Control. Tenth Edition. Prentice Hall Inc. New Jersey.

……………….., 2000. Marketing Management ; The Millenium Edition. Internasional

Edition. Pretince Hall Inc. New Jersey.

Kuncoro, M, 2001, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi : Bagaimana Meneliti &

Menulis Tesis?”, Erlangga, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Marso, 2003. Analisis Kepuasan Penabung Terhadap Atribut-Atribut Bank Pemerintah

(Study Kodya Tarakan). Thesis. Univ. Airlangga. Surabaya.

Moorman, Christine, Rohit Deshpande, and Gerald Zaltman. 2003. Relationship Between Providers and Users Of Market Research: The Role f Personal Trust. Marketing Science Institute. Cambrige

Nauman, Earl. 2005. Creating Customer Value : The Path To Sustainable Competitive. Thomas Executive Press. Cincinnati-Ohio.

Parasuraman, A.,V.A Zeithaml, and L.L Berry. 2003,2008,2000 “A Conceptual Model Of Service Quality And Implication For Future Research”, Journal Of Marketing, Vol.49, P. 40 – 50

Peter, J Paul and Olson, Jerry C., 2000. Consumer Behaviour And Marketing Strategy, Fourth Edition. Irwin. Boston.

Ridaryanto, Petrus, 2003. Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Tabungan Antara Bank Pemerintah dan Bank Swasta di Surabaya. Thesis. Universitas Airlangga. Surabaya.

Shaw, Arthur V., 2008. Creates Customer Value By Leveraging The Web and Other

Channels. Journal Retail Bangking Service. Vol. XX. US.

Singarimbun, Masri dan Soryan Effendi, 2002. Metode Penelitian Survei. PPSK-UGM. Jogyakarta.

Sinungan, Muchdarsyah. 2002 Manajemen Dana Bank. Rineka Cipta. Jakarta.

Statistik Perbankan RI, 2006. Ekonomi dan Keuangan. Jakarta.

Sugiyono, 2001, Statistik, . Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo.

Supranto , 2004, Statistik induktif, BPFE, Yogyakarta

Tjiptono, Fandi. 2002, Prinsip-Prinsip Total Quality Service, Yogyakarta : Penerbit Andi

Undang-Undang Republik Indonesia No. 10, 2008. Perubahan Undang-Undang No. 7 Tahun 2002 Tentang Perbankan. Jakarta.

Zeithaml, Valerie A.; Bitner, Mary Jo; 2006, Service Marketing, McGraw-Hill (International Editions)




DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v6i1.471

Article Metrics

Abstract views: 226 | PDF (Bahasa Indonesia) views: 241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


International Standard Serial Number
 

ISSN PRINT: 1979-2700 ISSN ONLINE: 2747-2833

Journal Excellent
 

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Article Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
 
©  ExcellentWeb Analytics ExcellentView Statistics