Strategi Meningkatkan Kepuasan Dalam Membentuk Perilaku Nasabah Pada Lembaga Keuangan Perbankan Di Jawa Tengah
(1) 
(2) STIE “AUB†Surakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, citra  dan relationship marketing terhadap kepuasan dan dampaknya pada perilaku nasabah dalam membentuk loyalitas pada Lembaga keuangan di Jawa Tengah. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Random sampling. Jumlah sampel yang diambil dalam  penelitian ini adalah sebanyak 100 responden yang merupakan nasabah Lembaga Keuangan Perbankan di Jawa Tengah. Alat analisis yang dipakai adalah uji instrumen penelitian, uji linearitas, analisis jalur dan regresi dengan uji t, uji F dan Uji R2.  Hasil Uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, citra dan relationship marketing berpengaruh positif  terhadap kepuasan nasabah. Dan kualitas pelayanan, relationship marketing dan kepuasan berpengaruh positif terhadap perilaku nasabah.  Sedangkan citra berpengaruh negatif  terhadap perilaku nasabah. Hasil pengaruh langsung dan tidak langsung dapat disimpulkan bahwa variabel kepuasan sebagai variabel intervening kualitas pelayanan dan relationship marketing adalah tidak efektif, dan lebih efektif kualitas pelayanan dan relationship marketing berpengaruh secara langsung terhadap Perilaku nasabah  dalam membentuk loyalitas pada Lembaga Keuangan Wilayah Jawa Tengah. Dan sedangkan variabel Citra lebih efektif berpengaruh  terhadap perilaku nasabah apabila melalui kepuasan sebagai variabel intervening. Sedangkan untuk Jalur langsung Relationship Marketing terhadap perilaku merupakan jalur yang paling dominan dan paling efektif dalam meningkatkan perilaku nasabah untuk loyal pada lembaga Keuangan Perbankan, karena mempunyai nilai koefisien regresi yang paling tinggi.
Kata  kunci  :           kualitas  pelayanan, citra,  relationship  marketing,  kepuasan  dan  perilaku nasabahFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Albert, Weldison, 2007. Nasabah Bank Dalam Likuidasi. Hasil Survei. Econit Advisory Group dalam Swasembada. Desember. Jakarta.
Alma, Buchari, 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung.
Anderson, James C., D.C. Jain, and Pradeep K. Chintagunta, 2007. Customer Value
Assessment In Business To Business Markets: A State of Practice Study. Journal Of Business To Business Marketing, Vol. 1, US
Arief, Sritua, 2003. Metodologi Penelitian Ekonomi, Cetakan Pertama. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.
Arikunto, Suharsimo, 2003. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta
Assael, Henry, 2002. Customer Behaviour and Marketing. Gourth Edition. PWS-Kent Publishing company. Boston-USA.
Astuti, 2002, Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Relationship, Produk terhadap kepuasan dan Transaksi bank di Bank Indonesia wilayah kerja Malang, thesis, Unair.
Azwar, Saifudin, 2005. Basic Econometrics, 3rd ed. McGraw-Hill International. New York.
Bitner, Mary Jo, 2000. Building Service Relationship: It’s All About Promises. Journal Of The Academy Of Marketing Science. Vol. 23, No. 4, Miami.
Cronin, J. Joseph dan Steven A. Taylor, 2002, Measuring Service Quality: A Reexamination and Extention, Journal of Marketing, Vol. 56, 55-68.
Measurement of Service Quality, Journal of Marketing, Vol. 58, 125-131
Elliott, 2003, three customer values are key to market success, The Journal of Retail Banking Service
Ferdinand, Augusty, (2000), Struktural Equation Modeling, BP Undip Semarang
Fornell, C., 2006, A National Customer Satisfaction Barometer: The Swedish Experience, Journal of Marketing, 56, 6-21
Frieder, Larry A., Gregor, William T., 2006. Bank Valuations : Meeting Customer and
Investor Needs (Part I). Bankers Magazine. Vol. 179. July/August. UMI-US.
. 2006. Bank Valuations : Meeting Customer and
Investor Needs (Part II). bankers Magazine. Vol. 179. July/August. UMI-US.
Garvin ,2007, Competing on quality, Harvard Business Review,65
Gale, Bradley T., 2004. Managing Customer value. Fress Press. New York.
Gronroos, Christina, 2000. Service Management and Marketing. Managing The Moment
Of Truth In Service Competition. Lexington Books. New York.
Ghozali, Imam, 2004, Analisis Multivariat, Badan Penerbit Undip, Semarang
Gujarati, Damodar, 2005. Basic Econometris, 3rd edition. McGraw Hill International. New York.
Hadi, Sutrisno, 2000. Analisis Butir. Ganesha. Bandung.
Hair et al., 2005. Multivariate Data Analysis Witrh Reading, 4th edition. Prentice-Hall International. New Jersey.
Humphreys, Michael A., Williams, Michael R., 2008. Exploring The Relative effect Of Salesperson Interpersonel Process Atributes and Technical product Attributes On Customer Satisfaction, Journal Of Personal Selleling and Sales Management. Vol. XVI. No. 3. US.
Kadi, ismail, 2000. Perilaku Konsumen Dalam Menabung Pada bank Persero Surabaya.
Thesis. Universitas Airlangga, Surabaya.
Kerlinger, Fred N., 2000. Foundation Of Behavioral Research. Third Edition. Holth.
Rinehart and Winston Inc. Oregon.
Kotler, Philip, 2002. Marketing Management : Analysis, Planning, Implementation and
Control. Tenth Edition. Prentice Hall Inc. New Jersey.
……………….., 2000. Marketing Management ; The Millenium Edition. Internasional
Edition. Pretince Hall Inc. New Jersey.
Kuncoro, M, 2001, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi : Bagaimana Meneliti &
Menulis Tesis?â€, Erlangga, Jakarta
Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Marso, 2003. Analisis Kepuasan Penabung Terhadap Atribut-Atribut Bank Pemerintah
(Study Kodya Tarakan). Thesis. Univ. Airlangga. Surabaya.
Moorman, Christine, Rohit Deshpande, and Gerald Zaltman. 2003. Relationship Between Providers and Users Of Market Research: The Role f Personal Trust. Marketing Science Institute. Cambrige
Nauman, Earl. 2005. Creating Customer Value : The Path To Sustainable Competitive. Thomas Executive Press. Cincinnati-Ohio.
Parasuraman, A.,V.A Zeithaml, and L.L Berry. 2003,2008,2000 “A Conceptual Model Of Service Quality And Implication For Future Researchâ€, Journal Of Marketing, Vol.49, P. 40 – 50
Peter, J Paul and Olson, Jerry C., 2000. Consumer Behaviour And Marketing Strategy, Fourth Edition. Irwin. Boston.
Ridaryanto, Petrus, 2003. Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Tabungan Antara Bank Pemerintah dan Bank Swasta di Surabaya. Thesis. Universitas Airlangga. Surabaya.
Shaw, Arthur V., 2008. Creates Customer Value By Leveraging The Web and Other
Channels. Journal Retail Bangking Service. Vol. XX. US.
Singarimbun, Masri dan Soryan Effendi, 2002. Metode Penelitian Survei. PPSK-UGM. Jogyakarta.
Sinungan, Muchdarsyah. 2002 Manajemen Dana Bank. Rineka Cipta. Jakarta.
Statistik Perbankan RI, 2006. Ekonomi dan Keuangan. Jakarta.
Sugiyono, 2001, Statistik, . Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo.
Supranto , 2004, Statistik induktif, BPFE, Yogyakarta
Tjiptono, Fandi. 2002, Prinsip-Prinsip Total Quality Service, Yogyakarta : Penerbit Andi
Undang-Undang Republik Indonesia No. 10, 2008. Perubahan Undang-Undang No. 7 Tahun 2002 Tentang Perbankan. Jakarta.
Zeithaml, Valerie A.; Bitner, Mary Jo; 2006, Service Marketing, McGraw-Hill (International Editions)
DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v6i1.471
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
International Standard Serial Number |
Journal Excellent |
Excellent (print ISSN 1979-2700 and online ISSN 2747-2833) is published by the Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Adi Unggul Bhirawa, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
©  Excellent |